Comscore Tracker

Sering Dilupakan, 5 Soft Skill Ini Penting Banget di Dunia Kerja

Supaya bisa survive dan gak kalah dalam persaingan

Dalam dunia kerja, memiliki skill yang mumpuni adalah suatu kewajiban supaya bisa bertahan. Bukan hanya hard skill alias kemampuan teknis, soft skill pun mutlak diperlukan supaya tidak kalah dalam persaingan yang semakin ketat. Kemampuan komunikasi, bekerja dalam tim dan kepemimpinan adalah beberapa contoh soft skill yang sangat berguna di dunia kerja.

Namun selain itu, ada beberapa macam soft skill lain yang juga kamu butuhkan supaya bisa survive di pekerjaan. Kemampuan-kemampuan ini memang kerap dilupakan, tapi sebenarnya gak kalah penting. Entah sebagai pengusaha atau karyawan, kamu perlu memilikinya.

Apa saja softskill itu? Ini dia ulasannya.

1. Mampu beradaptasi dengan cepat

Sering Dilupakan, 5 Soft Skill Ini Penting Banget di Dunia Kerjapexels/mentatdgt

Perubahan adalah sesuatu yang niscaya selalu terjadi di dunia ini. Termasuk di dunia kerja, pasti akan selalu ada perubahan yang terjadi. Kamu harus mampu beradaptasi dengan perubahan-perubahan itu. Kalau tidak, kamu akan tertinggal dari para pesaingmu.

Misalnya, sebagai karyawan, mungkin ada pimpinan baru di kantormu atau sebagai pengusaha, mungkin selera konsumen produkmu mulai berubah. Nah, kamu harus bisa beradaptasi pada perubahan itu dengan baik dan bukan cuma sekadar adaptasi. Usahakan juga untuk melakukannya dengan cepat supaya kamu gak keburu terdepak dari persaingan.

2. Mampu berimprovisasi

Sering Dilupakan, 5 Soft Skill Ini Penting Banget di Dunia Kerjapexels/kaboompics.com

Dunia kerja gak lepas dari terjadinya masalah. Menemukan masalah saat bekerja adalah hal yang sangat wajar. Beberapa masalah mungkin bisa ditebak sehingga lebih mudah diatasi. Tapi ada pula masalah yang sama sekali gak terduga dan kamu dituntut untuk menyelesaikannya saat itu juga.

Maka kamu perlu memiliki kemampuan berimprovisasi. Misalkan kamu sedang mengerjakan tugas mengejar deadline, lalu tiba-tiba terjadi mati listrik. Bisakah kamu berimprovisasi supaya tugasmu tetap selesai tepat waktu meski ada masalah itu? Jika kamu mampu, maka atasan ataupun customer pasti akan senang dengan kinerjamu.

Baca Juga: 5 Soft Skill Ini Wajib Kamu Kuasai Jika Ingin Sukses di Tahun 2020

3. Multitasking

Sering Dilupakan, 5 Soft Skill Ini Penting Banget di Dunia Kerjafreepik/itchaznong

Multitasking juga adalah soft skill yang sangat berguna di pekerjaan. Misalnya dalam bidang customer service di mana ada tuntutan untuk bisa berbicara di telepon sambil menggunakan komputer. Contoh pekerjaan lain yang butuh kemampuan multitasking adalah koki, sekretaris, perawat, teller bank, dan lain-lain.

Dan jangan salah, meski kemampuan multitasking identik dengan wanita, pria juga bisa lho memilikinya. Yang kamu butuhkan adalah terus berlatih sehingga otakmu terbiasa mengerjakan lebih dari satu pekerjaan sekaligus.

Jika mampu melakukan multitasking, pasti kamu bisa mengerjakan beragam tugas dengan lebih cepat.

4. Mampu membuat keputusan yang baik

Sering Dilupakan, 5 Soft Skill Ini Penting Banget di Dunia Kerjapexels/fox

Gak semua orang punya kemampuan untuk membuat keputusan. Orang yang suka ragu-ragu atau plin-plan biasanya akan kesulitan untuk mengambil keputusan, apalagi keputusan penting. Maka jika kamu mampu mengambil keputusan dengan baik, itu akan jadi nilai plus buatmu di dunia kerja.

Lebih baik lagi kalau kamu bisa membuat keputusan gak hanya dengan tepat, tapi juga dengan cepat. Untuk bisa melakukannya memang dibutuhkan kemampuan menganalisa dan intuisi yang baik dan itu perlu dilatih. Jika kamu memiliki kemampuan ini, kamu punya modal bagus untuk jadi pemimpin lho.

5. Mampu menjaga fokus

Sering Dilupakan, 5 Soft Skill Ini Penting Banget di Dunia Kerjapexels/Burst

Kemampuan menjaga fokus juga sangat penting. Dalam bekerja, terkadang ada pengalih perhatian yang bisa menyimpangkan fokusmu. Apalagi dalam pekerjaan lapangan di mana situasinya sulit ditebak. Maka kalau kamu punya fokus yang baik, kamu gak akan mudah terpancing sehingga bisa tetap bekerja dengan maksimal.

Mengembangkan soft skill adalah hal yang vital supaya kamu bisa berhasil dalam pekerjaanmu. Persaingan di dunia kerja akan semakin berat, maka jangan lupa untuk terus asah kemampuanmu agar tidak tertinggal dalam persaingan.

Baca Juga: 5 Langkah Jitu Hadapi Rekan Kerja yang Susah Diajak Kerja Sama

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya