Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Kerja Keras Lebih Penting daripada Bakat

Gapapa gak punya bakat, asal jangan gak kerja keras!

Untuk meraih kesuksesan dalam karier, kamu tentu setuju bahwa kerja keras itu sangat penting. Namun selain kerja keras, bakat alias kemampuan bawaan juga bisa menentukan. Kamu mungkin pernah melihat seseorang yang ahli dalam suatu bidang karena punya bakat luar biasa, meski kelihatannya dia bukan pekerja keras dalam bidang itu.

Maka apakah artinya bakat itu lebih penting daripada kerja keras? Memang, keduanya sama-sama bisa berperan dalam kesuksesan, tapi ketahuilah bahwa kerja keras itu lebih penting dari bakat. Gak percaya? Berikut ini lima alasan yang mendasarinya.

1. Bakat hanya modal awal untuk meraih kesuksesan

5 Alasan Kenapa Kerja Keras Lebih Penting daripada Bakatpexels/Burst

Bakat adalah kemampuan bawaan yang seseorang miliki sejak kecil. Maka bisa dibilang bakat adalah modal awal untuk meraih sukses. Tapi yang namanya modal tentu gak akan ada gunanya kalau gak dipakai dengan baik bukan?

Ibaratnya kamu ingin membangun rumah. Kamu punya modal awal berupa uang tunai dalam jumlah banyak. Tapi apa gunanya uang itu kalau gak digunakan? Sebaliknya, orang yang gak punya modal awal pun bisa tetap berhasil membangun rumah. Dengan kerja keras, ia bisa mencari modal lalu membeli bahan bangunan hingga sukses membangun rumah.

Begitu pula dengan bakat. Bakat yang luar biasa gak akan ada gunanya kalau gak dikembangkan. Sebaliknya, orang yang tanpa bakat pun tetap bisa meraih sesuatu walau hanya mengandalkan kerja keras.

2. Bakat bisa terpendam

5 Alasan Kenapa Kerja Keras Lebih Penting daripada Bakatpexels/Juan Pablo Serrano Are

Kamu pasti pernah mendengar istilah 'bakat terpendam' bukan? Istilah itu menunjukkan bahwa sebuah bakat bisa terpendam alias gak terdeteksi oleh siapa pun. Bahkan mungkin si empunya bakat sendiri gak sadar bahwa dia sebenarnya berbakat.

Hal itu bisa terjadi jika seseorang gak mau menggali potensi diri dan bakatnya. Bagaimana kalau bakat itu baru ketahuan ketika sudah terlambat, misalnya ketika keadaanmu gak memungkinkan lagi untuk mengembangkannya? Akhirnya bakat itu pun jadi gak berguna.

Sebaliknya, kerja keras selalu bisa membawa kesuksesan, kapan pun itu. Entah kamu masih muda atau sudah tua, kamu tetap bisa meraih keberhasilan jika bekerja keras.

Baca Juga: 5 Langkah Jitu Hadapi Rekan Kerja yang Susah Diajak Kerja Sama

3. Bakat bisa membuatmu sombong

5 Alasan Kenapa Kerja Keras Lebih Penting daripada Bakatpexels/bruce mars

Memiliki bakat adalah anugerah yang luar biasa. Tapi di sisi lain, itu juga bisa membuatmu terpancing untuk sombong. Orang yang punya bakat biasanya sudah terlihat menonjol bahkan sejak kecil. Puja-puji pun sering menghampiri, dan pada akhirnya itu bisa membuat takabur.

Kalau sudah sombong, bisa jadi kamu merasa sudah gak perlu kerja keras lagi. Perlahan tapi pasti kamu jadi tertinggal dalam persaingan dengan orang-orang lain, bahkan orang yang gak berbakat. Akhirnya yang rugi kamu sendiri kan?

4. Bakat juga bisa membuatmu tertekan

5 Alasan Kenapa Kerja Keras Lebih Penting daripada Bakatpexels/Daniel Reche

Selain itu, bakat juga bisa memberimu tekanan lho. Kalau bakatmu sudah terlihat sejak kecil, mungkin orang-orang di sekelilingmu akan mulai menaruh harapan yang tinggi bagimu. Kamu diharapkan untuk lebih baik dari orang lain yang gak berbakat. Kalau kamu gagal, mungkin kamu akan dicemooh. Hal-hal semacam itulah yang akhirnya bisa membuatmu tertekan.

5. Kesuksesanmu sebagian besar ditentukan oleh kerja keras

5 Alasan Kenapa Kerja Keras Lebih Penting daripada Bakatpexels/Pixabay

Melihat semua poin di atas, bisa disimpulkan bahwa kesuksesan seseorang lebih banyak ditentukan oleh kerja kerasnya, bukan bakatnya. Seseorang yang gak punya bakat tapi bekerja keras bisa sukses. Sedangkan seseorang yang punya bakat tapi gak bekerja keras hampir dipastikan akan gagal.

Maka pandanglah bakat dengan cara yang sepatutnya. Bagus kalau kamu punya bakat, tapi pastikan kamu melengkapinya dengan kerja keras supaya bakat dan kerja kerasmu bisa saling menyempurnakan. Akhirnya, kamu pun bisa meraih kesuksesan!

Itulah lima alasan mengapa kerja keras lebih penting daripada bakat. Jadi, entah kamu punya bakat atau tidak, yuk bekerja lebih keras supaya kita bisa sukses!

Baca Juga: 5 Perilaku yang Menunjukkan Kamu Sosok yang Egois dan Keras Kepala

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya