Comscore Tracker

Kalau Punya 6 Sifat Ini, Fix Kamu Orang yang Enak Diajak Kerja Sama!

Kamu punya gak?

Sebagai makhluk sosial, kita akan selalu membutuhkan orang lain dalam berbagai bidang. Termasuk di dalamnya adalah butuh bekerja sama dengan orang lain. Seringkali ada banyak tugas atau pekerjaan yang gak mungkin kita selesaikan seorang diri, maka kita harus bekerja sama dengan orang lain.

Entah dengan satu atau banyak orang sekaligus, tentu kamu senang jika bisa bahu membahu dengan orang yang enak diajak kerja sama. Tapi gimana dengan dirimu, apakah kamu sendiri orang seperti itu? Enam sifat ini akan membuat orang lain senang bekerja sama denganmu. Kamu punya?

1. Rendah hati

Kalau Punya 6 Sifat Ini, Fix Kamu Orang yang Enak Diajak Kerja Sama!pexels/Moose Photos

Untuk bisa bekerja sama dengan baik, sebuah tim pasti harus punya seorang pemimpin. Jika kamu jadi pemimpinnya, kamu harus rendah hati sehingga tidak bersikap diktator. Jangan hanya sekadar menyuruh-nyuruh saja, tapi beri teladan dan kerjakan juga tugasmu dengan baik.

Jika kamu menjadi anggota tim, kamu pun butuh kerendahan hati untuk mau mengikuti instruksi pemimpin. Namanya manusia biasa, si pemimpin pasti gak sempurna dan bisa berbuat salah, tapi kamu tetap gak boleh seenaknya sendiri. Bahkan meskipun kamu merasa lebih kompeten darinya, kamu tetap harus rendah hati supaya kerja sama bisa berjalan dengan baik.

Satu lagi, kerendahan hati juga diperlukan supaya bisa berdiskusi dengan baik. Jangan memaksakan kehendak dan bersedialah mendengarkan pendapat orang lain. Jika ide dari orang lain lebih baik, kamu harus bersedia mengakuinya demi kepentingan tim.

2. Sabar menghadapi semua situasi

Kalau Punya 6 Sifat Ini, Fix Kamu Orang yang Enak Diajak Kerja Sama!pexels/Jonathan Borba

Sebuah tim umumnya memiliki anggota yang tingkat kemampuannya berbeda-beda. Ada yang kemampuannya di atas rata-rata, ada pula yang sebaliknya. Nah, mereka yang punya kemampuan lebih daripada anggota lain harus memiliki kesabaran.

Kesabaran diperlukan karena bisa jadi anggota tim yang kemampuannya kurang butuh bantuan. Atau mungkin dia bisa mengerjakan tugasnya sendiri, tapi butuh waktu yang cukup lama. Jika kamu bersedia bersabar terhadap anggota seperti itu, konflik bisa dihindari sehingga kerja sama pun berjalan lancar.

Baca Juga: 5 Kegiatan yang Bisa Kamu Lakukan di Kantor, Dijamin Enggak Jenuh Lagi

3. Rela berkorban

Kalau Punya 6 Sifat Ini, Fix Kamu Orang yang Enak Diajak Kerja Sama!pexels/pixabay

Kerja sama juga bisa berjalan dengan baik jika seluruh anggota tim punya kerelaan untuk berkorban. Misalnya pada saat pembagian tugas, kamu mungkin gak dapat tugas yang sesuai dengan keinginanmu. Nah, kamu harus rela berkorban dan tetap menerima tugas itu meski gak menyenangkan buatmu.

Rela berkorban juga membuatmu mudah mengalah saat ada kesepakatan tim yang kurang menguntungkan dirimu. Selama sebuah kesepakatan dibuat dengan demokratis demi kepentingan tim, kamu seharusnya mau menyetujuinya meski itu menuntutmu untuk lebih banyak berkorban daripada yang lain.

4. Mau bertanggung jawab

Kalau Punya 6 Sifat Ini, Fix Kamu Orang yang Enak Diajak Kerja Sama!pexels/fauxels

Seluruh anggota juga harus bertanggung jawab terhadap semua kesepakatan yang sudah dibuat. Misalnya terhadap tugas yang sudah disepakati, setiap anggota tim harus mengerjakannya dengan penuh tanggung jawab dan gak mengeluh.

Sifat mau bertanggung jawab khususnya penting ketika tim menghadapi masalah atau bahkan gagal meraih tujuan. Ketika sebuah tim gagal, pemimpin memang punya tanggung jawab lebih besar, tapi seluruh anggota pun harus ikut bertanggung jawab. Orang yang mau cuci tangan begitu saja ketika menemui masalah adalah orang yang tidak enak diajak kerja sama.

5. Inisiatif

Kalau Punya 6 Sifat Ini, Fix Kamu Orang yang Enak Diajak Kerja Sama!pexels/Anamul Rezwan

Seorang pemimpin sudah pasti harus punya inisiatif yang tinggi untuk memastikan kerja sama berjalan lancar. Tapi setiap anggota pun harus punya inisiatif yang baik dan gak hanya menunggu saja. Misalnya inisiatif untuk memberi ide dan saran, tanpa harus ditanya dulu oleh si pemimpin.

Ketika ada anggota yang kesulitan, anggota yang punya kemampuan lebih juga perlu berinisiatif membantu. Jangan menunggu sampai dia minta bantuan, karena mungkin pada saat itu waktunya sudah terlambat.

6. Fleksibel

Kalau Punya 6 Sifat Ini, Fix Kamu Orang yang Enak Diajak Kerja Sama!pexels/mentatdgt

Orang yang kaku akan sulit diajak kerja sama, tapi orang yang fleksibel bisa jadi rekan kerja yang menyenangkan. Fleksibilitas akan membuatmu mudah beradaptasi dengan berbagai macam orang serta berbagai macam situasi, termasuk situasi yang sulit sekalipun.

Jika kamu fleksibel, kamu juga paham bahwa kerja sama gak melulu harus serius. Ada kalanya humor dan candaan diperlukan supaya lebih santai. Bekerja dengan tegang bisa membuat stres, tapi bekerja dengan rileks bisa membuat pekerjaan berjalan lancar dan hasilnya maksimal.

Itulah 6 sifat yang kamu butuhkan supaya bisa jadi orang yang asyik diajak kerja sama. Jika kamu memiliki semua sifat di atas, dijamin orang-orang di sekitarmu akan sangat senang jika bisa memilikimu di dalam timnya!

Baca Juga: 5 Langkah Jitu Hadapi Rekan Kerja yang Susah Diajak Kerja Sama

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya