Comscore Tracker

Perbaiki, 5 Sikap yang Salah Ini Bikin Kamu Gak Betah pada Pekerjaanmu

Bukan salah pekerjaannya, tapi salahmu sendiri

Setiap orang pasti ingin punya pekerjaan yang tidak hanya bisa menghidupi, tapi juga menyenangkan. Bisa menikmati pekerjaan memang karunia yang sangat berharga. Namun karena satu dan lain hal, bisa jadi kita merasakan hal yang sebaliknya. Tidak ada sukacita dalam bekerja, bahkan rasanya ingin cepat-cepat ganti profesi atau pindah tempat kerja.

Jika situasi itu yang kamu alami, haruskah kamu langsung memutuskan untuk berhenti dari pekerjaanmu saat ini? Sebaiknya tidak. Bisa jadi, yang membuatmu merasa gak betah sebenarnya adalah sikapmu sendiri yang salah. Ini lima contoh sikap yang salah tersebut.

1. Selalu berfokus pada hal negatif dari pekerjaanmu

Perbaiki, 5 Sikap yang Salah Ini Bikin Kamu Gak Betah pada Pekerjaanmupexels/Moose Photos

Setiap jenis pekerjaan dan tempat kerja pasti punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Nah, kalau selama ini kamu selalu berfokus pada kekurangan dari pekerjaanmu saat ini, wajar saja kalau kamu jadi gak betah.

Jadi kenapa gak coba mengubah cara pandangmu? Berfokuslah lebih banyak pada hal-hal positif yang kamu nikmati di pekerjaanmu saat ini. Pasti itu akan membuatmu lebih bersyukur dan lebih menikmati pekerjaan.

2. Membandingkan pekerjaanmu dengan orang lain

Perbaiki, 5 Sikap yang Salah Ini Bikin Kamu Gak Betah pada Pekerjaanmufreepik/freepic.diller

Rumput tetangga selalu lebih hijau, kata sebuah pepatah terkenal. Arti pepatah tersebut adalah kita cenderung melihat apa yang dimiliki orang lain lebih baik daripada apa yang kita punya. Padahal kenyataannya belum tentu demikian.

Mungkin kamu punya teman yang pekerjaan atau tempat kerjanya tampak lebih baik daripada kamu. Tapi jangan lupa bahwa itu baru tampak luarnya saja. Kamu gak tahu persis apa tantangan atau kekurangan dari pekerjaan tersebut. Jangan-jangan pekerjaan temanmu justru punya lebih banyak kekurangan dibanding pekerjaanmu!

Maka berhentilah membandingkan pekerjaanmu dengan pekerjaan orang lain. Sekali lagi, setiap pekerjaan maupun tempat kerja punya plus minusnya masing-masing. Gak perlu merasa kalah dari orang lain supaya kebahagiaanmu gak hilang.

Baca Juga: 5 Alasan Logis Kalau Menulis Justru Bisa Kamu Jadikan Pekerjaan Utama 

3. Gak mencoba melawan kebosanan

Perbaiki, 5 Sikap yang Salah Ini Bikin Kamu Gak Betah pada Pekerjaanmupexels/mentatdgt

Mungkin kamu merasa gak betah dengan pekerjaanmu saat ini karena sudah merasa bosan. Entah bosan pada pekerjaan, tempat kerja, rekan kerja, atau atasan, yang jelas kebosanan sebenarnya adalah hal yang wajar.

Tapi ingat, kamu gak harus pasrah pada kebosanan. Kebosanan bisa dilawan kok. Misalnya dengan merenovasi workspace-mu kecil-kecilan, belajar hal baru yang berguna di pekerjaan, sharing dengan rekan kerja, dan sebagainya. Ketika kebosanan itu hilang, kamu pasti lebih betah bekerja tanpa harus mencari pekerjaan baru.

4. Gak mencoba memperbaiki situasi

Perbaiki, 5 Sikap yang Salah Ini Bikin Kamu Gak Betah pada Pekerjaanmufreepik/noxos

Perasaan gak betah juga bisa muncul kalau kamu menghadapi banyak masalah di tempat kerja. Tapi lagi-lagi, kamu gak harus pasrah. Sebisa mungkin, coba atasi masalah tersebut. Misalnya jika kamu punya masalah dengan rekan kerja, kenapa gak coba berdamai dengannya? Jika masalahmu sudah teratasi, pasti kamu akan kembali menikmati pekerjaanmu.

5. Merasa bahwa kamu gak akan bisa cocok dengan pekerjaanmu

Perbaiki, 5 Sikap yang Salah Ini Bikin Kamu Gak Betah pada Pekerjaanmufreepik/energepic.com

Bagaimana kalau kamu gak betah karena merasa bahwa pekerjaan itu gak cocok denganmu? Misalnya kamu adalah orang yang senang bepergian, tapi kamu dapat pekerjaan kantoran yang mengharuskanmu duduk di depan komputer seharian. Apakah itu alasan yang tepat untuk langsung keluar dan mencari pekerjaan baru?

Tidak. Kalau sejak awal kamu sudah berprasangka bahwa suatu jenis pekerjaan gak cocok denganmu, wajar jika kamu jadi gak menikmatinya. Itu ibarat kamu ingin berkenalan dengan seseorang, tapi sejak awal kamu sudah berprasangka bahwa kamu gak akan cocok dengannya. Akibatnya kamu pun jadi sulit akrab dengannya, bahkan meskipun sebenarnya dia sangat baik.

Begitu juga dengan pekerjaan. Jangan keburu berpikiran buruk bahwa suatu jenis pekerjaan pasti gak cocok denganmu. Itu akan menghalangimu untuk melihat sisi positif dari pekerjaan tersebut dan akhirnya gak betah. Jika kamu mau berusaha menyesuaikan diri, pasti kamu bisa betah dengan pekerjaan yang gak kamu sukai sekalipun.

Itulah lima sikap yang salah dan bisa membuatmu gak betah pada pekerjaanmu. Apa pun dan di mana pun kamu bekerja, kamu akan tetap gak betah jika punya sikap yang salah tersebut. Maka perbaiki dulu sikapmu, supaya kamu bisa lebih menikmati pekerjaanmu.

Baca Juga: 5 Tanda Seseorang Memiliki Keterikatan dalam Pekerjaan

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya