Comscore Tracker

7 Siasat Jadi Travel Blogger Terkenal yang Gak Banyak Dikuasai Orang

Pastikan kamu share di jam-jam yang tepat ya

Menjadi blogger mungkin sudah jadi hal yang biasa sekarang ini. Setiap orang bisa menggeluti bidang tersebut. Tapi, jika kamu menekuninya, bukan tidak mungkin ini jadi peluangmu untuk mendapatkan pemasukan. Meski begitu kamu harus membuat blogmu semenarik mungkin supaya bisa dikenal dan mampu bersaing dengan blog lainnya.

Ingin tahu gimana caranya? Di artikel ini, IDNtimes akan jabarkan siasat jitunya!

1. Karena blog tentang travel sudah menjamur, buat blogmu seunik mungkin dengan menyasar kalangan tertentu.

7 Siasat Jadi Travel Blogger Terkenal yang Gak Banyak Dikuasai Orangtalentculture.com

Sekarang ini tak terhitung sudah berapa banyak blog travel yang tersebar di dunia maya. Meski begitu kamu masih berpeluang untuk sukses jadi travel blogger. Caranya, buat blogmu dengan menyasar kalangan tertentu namun dengan jumlah peminat yang banyak. Hal ini bisa menjadikan blogmu terkesan unik dan beda sekaligus sukses menjaring pembaca.

Misalnya saja, blogmu khusus untuk traveller wanita atau traveller mahasiswa dengan budget pas-pasan. Dijamin artikel yang kamu tulis berpeluang menjadi viral karena jumlah pembaca yang banyak.

2. Sering jalan-jalan, entah itu wisata kuliner, event, atau explore tempat menarik di kotamu.

7 Siasat Jadi Travel Blogger Terkenal yang Gak Banyak Dikuasai Orangmaryzakheim.com

Untuk menjadi seorang travel blogger kamu memang dituntut untuk jalan-jalan. Namun, memang untuk travelling dibutuhkan dana yang tidak sedikit. Untuk mengantisipasi hal itu, kamu bisa juga mengulik mengenai sisi wisata kuliner, event, hingga mengeksplor tempat-tempat menarik di kotamu yang pastinya bisa menekan biaya. Angkat dari sisi yang berbeda supaya pembaca bisa mendapatkan "sesuatu"setelah membaca tulisanmu.

3. Buat banyak kategori di blogmu yang kira-kira bisa selalu update tanpa keluar dana untuk jalan-jalan.

7 Siasat Jadi Travel Blogger Terkenal yang Gak Banyak Dikuasai OrangCareer Girl Daily

Memiliki banyak kategori di blogmu juga bisa membantu untuk menarik jumlah pengunjung. Selain itu, kategori baru ini bisa menjadi alternatif supaya kamu tidak melulu menggelontorkan dana untuk jalan-jalan. Kamu bisa membuat kategori tips, destinasi, fakta unik, dan lainnya. Tanpa perlu mengeluarkan uang untuk jalan-jalan, kamu bisa brainstorming ide atau menjadikan website lain sebagai inspirasi.

Baca juga : 7 Rahasia yang Wajib Diketahui Para Cewek yang Mau Solo Traveling!

4. Paling gak seminggu sekali sempatkan untuk traveling, tidak usah jauh-jauh, yang masih di sekitaran kota tempat tinggalmu saja.

7 Siasat Jadi Travel Blogger Terkenal yang Gak Banyak Dikuasai Orangs3.amazonaws.com

Jika kamu punya dana lebih, kamu bisa mengagendakan setiap seminggu sekali untuk mengunjungi destinasi tertentu. Tidak perlu yang jauh, kamu bisa pergi ke sekitar daerah tempat tinggalmu. Selain itu, kamu juga bisa mengeksplornya dari berbagai sisi sehingga kamu bisa memproduksi lebih dari 1 artikel. Misalnya saja, tips untuk pergi ke tempat tersebut, wisata kulinernya, hingga jurnal perjalanan selama kamu travelling ke tempat itu.

5. Kalau punya teman yang tinggal di kota lain, jadikan mereka narasumber artikelmu.

7 Siasat Jadi Travel Blogger Terkenal yang Gak Banyak Dikuasai Orangbarefootblonde.com

Ini bisa dijadikan cara alternatif untuk menekan biaya sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan dana untuk jalan-jalan. Cukup jadikan teman-temanmu yang berasal dari berbagai daerah untuk menjadi narasumber. Kamu bisa menjadikan mereka sumber informasi sebagai bahan artikelmu nanti. Namun pastikan informasi yang kamu dapatkan dari mereka benar-benar akurat dan terpercaya ya.

6. Selalu share tulisanmu di media sosial dan di jam prime time, pas jam makan siang misalnya. 

7 Siasat Jadi Travel Blogger Terkenal yang Gak Banyak Dikuasai OrangHuffington Post

Selalu share tulisanmu di media sosial itu wajib hukumnya. Selain itu, jangan lupa untuk selalu memberi judul beserta dengan image yang menarik. Posting juga artikelmu di saat jam prime time. Biasanya jam prime time berkisar antara pagi hari, jam istirahat kantor atau jam pulang kerja. Hal ini akan menjadikan artikelmu berpeluang viral karena banyak orang yang membaca.

7. Ketika websitemu sudah mulai ramai, kamu bisa mulai pasang sponsored content untuk mendatangkan pemasukan.

7 Siasat Jadi Travel Blogger Terkenal yang Gak Banyak Dikuasai OrangNetberita.com

Ketika website atau blogmu sudah mulai ramai pembaca, kamu bisa mulai mendapatkan pemasukan melalui sponsored content. Sponsored content ini juga ada banyak macamnya. Misalnya saja kamu bisa mengiklankan produk klien dalam bentuk artikel, banner di website atau blogmu, hingga mengiklankan produk mereka melalui media sosialmu.

Sudah siap mencoba peruntunganmu di dunia blogging?

Baca juga : 7 Tips yang Bakal Berguna Kalo Kamu Mau Traveling Ala Mahasiswa

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya