Comscore Tracker

5 Pola Pikir Negatif yang Bikin Hidup Sulit Berkembang, Segera Buang!

#IDNTimesLife Buang semua negative thinking kamu, ya!

Seperti kita ketahui, sebuah tindakan berawal dari pemikiran. Dengan demikian, apabila pikiran seseorang cenderung diliputi oleh hal-hal negatif, perilaku dan sikap yang ditunjukkannya pun akan terpengaruh menjadi buruk.

Oleh karena itu, kamu mesti berintrospeksi diri terhadap cara berpikirmu selama ini. Tak cukup di situ, kamu juga perlu mengetahui sekaligus menghindari beberapa bentuk pola pikir negatif yang bisa bikin hidupmu jadi sulit berkembang. Nah, apa sajakah itu? Berikut di bawah ini uraiannya.

1. Khawatir dengan risiko yang mungkin terjadi 

5 Pola Pikir Negatif yang Bikin Hidup Sulit Berkembang, Segera Buang!ilustrasi perempuan cemas (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Pola pikir pertama yang bisa bikin hidupmu diam di tempat adalah khawatir dengan segala risiko yang mungkin terjadi. Padahal, mau keputusan seperti apa pun yang kita ambil, pastinya akan selalu ada risikonya. 

Jadi, tidak ada satu pun pilihan yang bebas dari risiko. Meski begitu, keberadaan risiko pada setiap pilihan jangan lantas membuatmu takut dalam memutuskan suatu pilihan.

Sebab, kalau rasa takut ini terus dibiarkan, yang ada kamu malah tak kunjung mengambil keputusan apa pun, sehingga kamu hanya stagnan di keadaan sekarang. Tentu akan sangat berbahaya lagi jika keputusanmu ini sangat diperlukan dan menyangkut hal penting dalam hidupmu.

2. Takut kegagalan di masa lalu terulang lagi

5 Pola Pikir Negatif yang Bikin Hidup Sulit Berkembang, Segera Buang!ilustrasi pria berpikir (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Setiap orang pastinya pernah merasakan pengalaman pahit di masa lalu. Tidak jarang, mereka jadi takut untuk memulai sesuatu yang baru, karena merasa bahwa kegagalan di masa lalu dapat terulang kembali.

Ketakutan terhadap hal semacam ini tentunya tidak berguna. Sebab, kalaupun kegagalan itu terulang lagi, harusnya kamu sudah tahu bagaimana cara mengatasinya berdasarkan pengalamanmu. Bukannya malah menjadikan kegagalan di masa lalu sebagai dalih untuk kamu enggan berusaha. 

Apabila pikiran negatif ini kamu benarkan, maka jangan kaget kalau seandainya nanti kehidupanmu bakal terasa buntu.

3. Merasa tak mahir dalam melakukan suatu hal 

5 Pola Pikir Negatif yang Bikin Hidup Sulit Berkembang, Segera Buang!ilustrasi pria terbebani pikiran (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Siapa pun pada awalnya adalah seorang amatir, sebelum kemudian menjadi sangat ahli di suatu bidang tertentu. Perubahan ini bisa terjadi karena orang tersebut percaya pada kelebihan yang dimilikinya, dan mau menjalani proses panjang untuk mengembangkannya.

Oleh sebab itu, kalau kamu terus terpaku pada pemikiran-pemikiran yang meragukan kemampuanmu, bisa-bisa hidupmu tak akan mengalami kemajuan sedikit pun.

Jika kemampuanmu saat ini masih terbilang payah, tenang saja hal itu bukanlah masalah besar. Asal dengan rajin berlatih, niscaya potensi dirimu akan semakin menonjol dari waktu ke waktu.

Baca Juga: 5 Bahaya Nyata Kebiasaan Negative Self-Talk, Segera Jauhi!

4. Merasa orang lain jauh lebih hebat daripada kamu

5 Pola Pikir Negatif yang Bikin Hidup Sulit Berkembang, Segera Buang!ilustrasi perempuan iri (pexels.com/Kindel Media)

Terlalu fokus pada kehidupan orang lain sering membuatmu menganggap hidup ini tidak adil. Kamu merasa hidupmu tidak sesukses dan sebahagia orang tersebut, dan kamu ingin menjadi sepertinya.

Namun, apakah kamu yakin bahwa dengan menjadi dirinya kamu akan memperoleh kebahagiaan sejati? Tentu tidak, bukan? Sebab, kebahagiaan yang sesungguhnya itu hanya berasal dari rasa syukurmu atas apa yang telah kamu raih dalam hidup ini.

Jadi, segera hilangkanlah kebiasaan membandingkan diri dengan orang lain. Sebab, pola pikir demikian hanya akan menjerumuskanmu dalam perasaan terpuruk yang menghambat perkembangan diri.

5. Menunggu waktu yang tepat tiba 

5 Pola Pikir Negatif yang Bikin Hidup Sulit Berkembang, Segera Buang!ilustrasi perempuan berpikir (pexels.com/Quốc Bảo)

Sejatinya, menunggu waktu yang tepat adalah sebuah pemikiran yang benar-benar keliru dan bisa dibilang aneh. Karena sampai kapan pun waktu yang sempurna itu tidak akan pernah hadir. 

Selama ini mungkin kamu sudah merancang begitu banyak rencana hebat dalam hidupmu. Namun, sering kamu tunda karena alasan menunggu saat yang tepat untuk mewujudkannya.

Sadarkah kamu, bahwa sebenarnya ini semua hanyalah sebuah kebohongan yang kamu ciptakan untuk menutupi kemalasanmu dalam memulai aksi nyata. Padahal, apa pun rencanamu, kamu sanggup melakukannya sekarang juga.

Hati-hati, pola pikir menunda-nunda sesuatu seperti ini, dapat menjebakmu di situasi yang tidak akan pernah bisa membuatmu berkembang ke arah yang lebih baik.

Nah, itu tadi beberapa pola pikir negatif yang mesti kamu buang jauh-jauh. Mengubah pola pikir yang sudah mendarah daging sejak lama memang bukan perkara gampang, tapi tetaplah gigih dalam mengusahakannya. Semangat!

Baca Juga: 6 Cara Usir Kebiasaan Negative Thinking, Jadi Lebih Enteng

Prasetya Buana Photo Verified Writer Prasetya Buana

Dalam pesta yang tak pernah berakhir.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya