Comscore Tracker

Merasa Terlalu Banyak Pekerjaan? Ini 5 Cara Menanganinya

#ANGPOIN Biar pekerjaan selesai dengan baik

Merasa kewalahan berada di tempat kerja? Itu merupakan hal yang tidak asing. Begitu banyak yang harus dilakukan, tetapi waktu begitu sedikit. Apakah kamu seorang pekerja magang atau CEO, semua orang merasakan tekanan pada pekerjaannya setiap saat.

Kamu punya banyak hal yang harus dilakukan, tapi gak yakin harus mulai dari mana. Sebelum mencapai titik kelelahan, penting untuk menjaga diri sendiri dan kesehatanmu. Lima hal di bawah dapat membantumu untuk mengatasinya.

1. Mulai mengatur segalanya

Merasa Terlalu Banyak Pekerjaan? Ini 5 Cara Menanganinyabusinessinsider.com

Saat ada banyak hal yang terjadi di tempat kerja, mengatur dan mengorganisir adalah kunci utama. Mulailah dengan dasar-dasar: buatlah daftar. Tuliskan semua yang harus kamu lakukan dan kapan, dan mulai memprioritaskan. Memiliki pengingat visual adalah cara yang bagus untuk mengembalikan fokus saat ini.

Atasi tugas-tugas cepat dan mudah terlebih dahulu (seperti menanggapi email, atau meneruskan dokumen yang diminta seseorang), dan mulailah mengerjakan apa yang perlu dilakukan.

2. Jangan mengulang melakukan hal yang sama

Merasa Terlalu Banyak Pekerjaan? Ini 5 Cara Menanganinyaesnoticia.co

Lihat kembali apa yang telah kamu lakukan untuk mempermudah pekerjaan. Jangan mengulang rutinitas yang sama setiap harinya untuk mencegah kebosanan. Lakukan variasi cara kerja untuk menemukan bagaimana menyelesaikan pekerjaan dengan efektif.

3. Istirahat

Merasa Terlalu Banyak Pekerjaan? Ini 5 Cara Menanganinyasassyhongkong.com

Jangan mencoba "melakukan semuanya". Jika tidak berkonsentrasi dan beristirahat, kamu tidak akan menghasilkan karya berkualitas. Sering ambil nafas. Pergi keluar untuk berjalan 10 menit, atau makan siang dengan teman. Kamu akan kembali dengan pikiran yang lebih jernih

Baca Juga: 15 Kebiasaan Buruk yang Bisa Membuatmu Kehilangan Pekerjaan

4. Mendelegasikan pekerjaan pada rekan kerja

Merasa Terlalu Banyak Pekerjaan? Ini 5 Cara Menanganinyafortune.com

Kamu gak harus selalu menjadi pahlawan di kantor. Setiap orang membutuhkan uluran tangan sesekali. Jika kamu telah diberi tugas dan masih banyak hal lain menunggu untuk diselesaikan, jangan ragu untuk menghubungi rekan satu tim yang tampaknya memiliki lebih banyak waktu. Bisa mendelegasikan tugas secara langsung, atau membagi tugas.

5. Fokus

Merasa Terlalu Banyak Pekerjaan? Ini 5 Cara Menanganinyamedium.com

Temukan cara untuk berkonsentrasi dan memblokir semua interupsi. Kalau mungkin kamu terganggu dengan suara musik yang gak sesuai dengan pilihan atau bahkan suara mengobrol rekan kerja, kamu bisa memasang lagu sendiri dan mendengarkannya dengan earphone.

Tetap fokus dalam bekerja namun jangan sungkan untuk istirahat atau meminta bantuan jika kelelahan. Kalau kondisimu prima, pekerjaan bakal selesai dengan baik.

Baca Juga: 10 Cara Cerdas Agar Kamu Lebih Jago dalam Manajemen Waktu

Pricilia Bestari Photo Community Writer Pricilia Bestari

Nothing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You