Comscore Tracker

5 Tips Supaya Freelancer Juga Bisa Punya Uang yang Melimpah!

Bisa sebanyak gaji karyawan tetap, lho

Banyak anak muda yang tertarik pada pekerjaan freelance. Hal yang menjadi daya tariknya tentu saja karena keuntungan dari segi waktunya. Sangat fleksibel karena gak terikat dengan jam kantor. Sayangnya untuk urusan gaji, nominalnya jauh lebih sedikit dibandingkan full timer. Meski begitu, kamu gak perlu khawatir. Kamu yang jadi freelancer juga bisa punya uang yang melimpah. Ini dia tipsnya!

1. Melamar lebih dari satu pekerjaan

5 Tips Supaya Freelancer Juga Bisa Punya Uang yang Melimpah!pixabay/pexels

Ada banyak sekali lowongan kerja sebagai freelancer di internet. Ada penulis, penjahit, jurnalis, bahkan tutor privat. Kalau kamu ingin punya banyak uang dari pekerjaan freelance, jangan hanya melamar di satu pekerjaan saja. Waktunya yang fleksibel, memungkinkan kamu untuk double job alias punya lebih dari satu job. Semisal kamu bekerja jadi guru freelance, kamu juga bisa jadi penulis lepas.

2. Rajin mempromosikan diri sendiri

5 Tips Supaya Freelancer Juga Bisa Punya Uang yang Melimpah!pexels/@nappy

Selain mencari pekerjaan, kamu juga dituntut untuk mempromosikan dirimu sendiri. Kenapa? Karena gak ada lagi yang mempromosikan dirimu, selain kamu. Kalau kamu adalah seorang fotografer freelance, kamu bisa menawarkan jasamu untuk acara pernikahan, wisuda atau pemotretan. Jangan lupa bikin kartu nama, yang nantinya bisa kamu berikan ke klienmu. Siapa tahu nanti jasamu akan diperlukan lagi. Percuma punya skill memotret yang super kece, tapi orang lain gak mengetahuinya.

3. Disiplin dalam menabung, kalau perlu catat keuangan dengan jelas dan rapi

5 Tips Supaya Freelancer Juga Bisa Punya Uang yang Melimpah!unsplash/@sharonmccutcheon

Gaji dari pekerjaan itu, kamu kumpulkan lalu ditabung. Jangan dihambur-hamburkan untuk sesuatu yang gak perlu. Gak perlu khawatir kalau gajinya sedikit. Ingat, sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit. Jangan lupa juga untuk mencatat keuangan dengan rapi, mulai dari pemasukan hingga pengeluaran. Boleh-boleh aja jajan boba favoritmu, tapi harus sesuai budget yang kamu tentukan ya.

Baca Juga: Mencari Freelance Desainer? 5 Skill Ini Bisa Kamu Temukan di Fastwork

4. Berani menginvestasikan uangmu?

5 Tips Supaya Freelancer Juga Bisa Punya Uang yang Melimpah!pixabay/sallyjermain

Sudah ditabung? Kamu bisa naik to the next level, nih. Investasikan uang yang kamu punya, entah investasi emas ataupun reksadana. Semisal kamu belie mas hari ini seharga Rp700 ribu per gramnya, nanti 5 hingga 10 tahun lagi, harganya akan naik. Nah, kamu bisa jual emas kamu dan dapatkan labanya. Memang mungkin akan membuatmu merasa gak punya uang untuk saat ini. Akan tetapi, kamu bisa menikmatinya untuk di masa depan!

5. Sudah cukup ahli di bidangnya? Jangan ragu untuk menaikkan tarifmu!

5 Tips Supaya Freelancer Juga Bisa Punya Uang yang Melimpah!Pixabay/StartupStockPhotos

Sudah punya banyak pengalaman di bidang itu? Kamu bisa membuktikannya lewat dokumentasi perlombaan, portofolio, atau mungkin sertifikat yang dimiliki. Hal ini akan memperkuat keputusanmu dan bikin kamu berani untuk sedikit menaikkan tarifmu.

Jadi, buat para freelancer, gak usah khawatir. Kamu tetap bisa memiliki uang yang berlimpah ruah. Apakah kamu siap mencoba tipsnya?

Baca Juga: 5 Manfaat Positif yang Kamu Peroleh Jika Kerja Freelance Saat Kuliah

Topic:

  • Putri Aisya
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya