Comscore Tracker

5 Petuah bagi Fresh Graduate Agar Tetap Semangat Cari Kerja! 

Meski ditolak berkali-kali, harus bangkit! 

Euforia wisuda dan kelulusan dari perguruan tinggi telah berakhir. Kini waktunya menghadapi dunia yang sebenarnya yaitu menerapkan ilmu kita dan bekerja. Melamar pekerjaan itu bukan perkara mudah bagi sebagian orang.

Enggak jarang lamaran kerjaan ditolak, gagal interview, dan sebagainya. Enggak hanya sekali, bahkan bisa sampai berkali-kali sampai bosan. Ini yang kerap bikin para fresh graduate jadi hopeless untuk dapat pekerjaan yang layak atau sesuai yang dikehendaki.

Eits, jangan menyerah dulu. Coba baca petuah dari teman-teman kita dulu deh! 

1. "Jangan patah semangat dan cobalah semua peluang yang ada"- (Mayang, jobseekers dari jurusan hukum)

5 Petuah bagi Fresh Graduate Agar Tetap Semangat Cari Kerja! unsplash.com/@martenbjork

Ada berapa banyak perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan? Sudahkah kamu mencoba semua peluang itu? Beberapa orang menyarankan kepada fresh graduate untuk tidak terlalu pemilih akan hal ini.

Maksudnya adalah janganlah kamu terlalu pemilih dengan melihat gaji yang akan kamu dapatkan, minta lokasi kerja yang dekat dengan rumah, dan sebagainya. Akan tetapi kamu tetap boleh memilih pekerjaan yang memang sesuai dengan keahlian atau background pendidikanmu. Jangan sampai kamu memiliki pendidikan di bidang desain, tapi melamar menjadi dokter.

Cobalah semua lowongan pekerjaan yang membuka lowongan di bidang desain. Pasti akan ada salah satu perusahaan atau tempat kerja yang tertarik denganmu. Mendingan mencoba tapi ditolak, daripada enggak mencoba sama sekali kan?

2. "Gak apa-apa sesekali iri, tapi jadikan itu sebagai motivasi" - (Eliza, freelancer lulusan dari jurusan psikologi)

5 Petuah bagi Fresh Graduate Agar Tetap Semangat Cari Kerja! unsplash.com/@brucemars

Bagi sebagian fresh graduate, membuka media sosial saat ini mungkin malah bikin kita stres. Melihat instastory teman kita yang lagi ngantor atau sekadar mengintip notifikasi Linkedin teman yang diterima kerja, sudah bisa bikin kita cukup khawatir akan diri sendiri. Apalagi kalau kita belum mendapatkan pekerjaan.

Mungkin akan timbul rasa iri. Bertanya-tanya bagaimana mereka bisa sedemikian mudah mendapatkan pekerjaan, sedangkan kita masih harus mencarinya dengan susah payah. Rasa iri bisa membuat kita patah semangat dan memilih untuk menyerah.

Sebenarnya kamu bisa mengubah rasa irimu, menjadi semangat dan  motivasi untuk tidak menyerah dalam mendapat pekerjaan. Kamu bisa menanamkan pemikiran seperti "Kalau dia bisa, kenapa aku enggak?".

Baca Juga: 5 Tantangan Bagi Fresh Graduate yang Akan Bekerja di Startup

3. "Rejeki itu gak ada yang tertukar" - (Miranda, jobseekers jurusan ilmu komunikasi)

5 Petuah bagi Fresh Graduate Agar Tetap Semangat Cari Kerja! unsplash.com/@sharonmccutcheon

Kalimat klise, tapi memang benar adanya. Tuhan sudah memberikan porsi rejeki yang sesuai pada tiap umatnya. Kesesuaian ini mungkin tergantung dengan ketangguhan kita, ketaatan kita, keberuntungan kita dan berbagai faktor lain yang tidak kita ketahui.

Hal yang harus kita ketahui adalah rezeki yang memang telah ditetapkan untuk kita, tidak akan bisa diambil orang lain bagaimanapun usahanya untuk mengambil itu. Rezeki akan berjalan kembali ke arah 'pemiliknya'. Jangan marah berlebihan ketika kita gak diterima kerja, tapi teman kita diterima kerja. Jangan merasa dendam jika posisi kita diserobot seenaknya. Ingatlah dua hal.

Pertama, Tuhan sudah menakdirkan rezeki yang pantas untuk kita. Kedua, anggap saja Tuhan sedang menghindarkan kita pada rezeki yang 'salah'. Tugasmu? Menjemput rezeki dengan berusaha semampumu dan berdoa kepada-Nya.

4. "Gagal hingga lima kali, bukan berarti kamu tidak layak untuk kerja" - (Inneke, jobseekers lulusan jurusan akuntansi)

5 Petuah bagi Fresh Graduate Agar Tetap Semangat Cari Kerja! unsplash.com/@tjump

Sudah berapa kali lamaranmu ditolak oleh perusahaan yang kamu lamar? beberapa mahasiswa pernah mengalami lebih dari lima kali penolakan. Seringkali kejadian penolakan ini membuat mereka menjadi berpikir, bahwa mereka tidak layak untuk bekerja. Bahkan ada yang menganggap bahwa takdirnya kurang baik, sehingga dirinya enggak akan bisa mendapatkan pekerjaan.

Hey, semua orang itu sangat layak untuk bekerja. Termasuk diri kalian para fresh graduate. gak peduli kalian dari kampus ternama atau tidak. Selama kalian memiliki pribadi yang berkarakter, maka kalian tetap memiliki modal untuk mendapatkan pekerjaan. Jangan menyerah dan tetap percaya diri untuk melamar pekerjaan lainnya, ya!

5. "Ambil sisi positifnya, seperti mempersiapkan diri menjadi versimu yang paling bagus!" - (Putri, jobseekers lulusan jurusan psikologi)

5 Petuah bagi Fresh Graduate Agar Tetap Semangat Cari Kerja! unsplash.com/@kellysikkema

Sembari mencari lowongan pekerjaan atau menunggu panggilan interview, kamu bisa melakukan hal yang positif untuk peningkatan kualitas diri. Kamu bisa mengikuti seminar atau pelatihan, mungkin bisa ikut program magang atau jadi volunteer, bahkan mungkin ikut kursus untuk melatih keterampilan yang kamu miliki. 

Mencari pekerjaan bagi fresh graduate memang merupakan masa yang cukup mendebarkan. Berbagai kesulitan untuk menghadapi tantangan baru, harus bisa dilalui demi tuntutan hidup. Jangan menyerah jika kamu ditolak. Ingatlah jika para penemu di jaman dulu, harus melakukan beribu percobaan untuk berhasil.

Jangan khawatir jika temanmu sudah lebih dulu mendapatkan pekerjaan. Siapa yang lebih dulu mendapatkan pekerjaan, bukan berarti akan menjamin kesuksesannya di masa datang. Bukan berarti juga yang terlambat punya kehidupan yang menyedihkan.

Semangatlah para fresh graduate. You're not alone!

Baca Juga: 6 Cara Menyampaikan Pendapat dengan Baik di Lingkungan Kerja

Putri Aisya Pahlawani Photo Verified Writer Putri Aisya Pahlawani

20% princess, 80% ordinary human

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya