Comscore Tracker

5 Cara Efektif Mengelola Tim Kerja Baru saat Kamu Naik Jabatan, Mudah!

Kamu harus tahu nih caranya

Apakah kamu baru saja menjabat sebagai manajer atau memasuki peran baru dan memiliki tim kerja dan kamu ingin menyusun strategi rencana untuk sukses? Mempelajari cara mengelola tim secara efektif dengan jabatan baru bukanlah tentang melompat dan berharap kamu mendapatkan keberuntungan yang sama seperti sebelumnya. 

Mereka adalah sekelompok orang baru dengan harapan dan gaya kerja baru. Oleh karena itu, kamu harus beradaptasi untuk berkembang. Ini tidak sulit jika kamu bersedia melakukan sedikit pra-perencanaan sebelum hari pertamamu masuk.

Untuk membantumu memulai, berikut adalah beberapa tips tentang bagaimana kamu dapat mengelola tim secara efektif setelah kamu menjadi manajer baru atau telah naik jabatan. 

1. Ketahui dulu perbedaan antara manajemen dan kepemimpinan

5 Cara Efektif Mengelola Tim Kerja Baru saat Kamu Naik Jabatan, Mudah!ilustrasi kerja tim (pexels.com/Rebrand Cities)

Manajemen dan kepemimpinan adalah dua peran yang berbeda. Sederhananya, seorang manajer mengawasi operasi, proyek, dan orang-orang sementara seorang pemimpin mendorong visi.

Memiliki manajer yang sangat berorientasi pada tugas sangat ideal untuk mengarahkan tim menuju tujuan dan menjaga proses dan proyek tetap berjalan. Namun, kepemimpinan melibatkan elemen yang sangat manusiawi, memahami bagaimana anggota tim kerjamu bekerja paling baik, dan menciptakan budaya dan lingkungan yang mengundang mereka untuk mencapai hasil yang luar biasa.

Jadi, haruskah kamu fokus pada manajemen atau kepemimpinan? Sejujurnya, kamu harus berusaha untuk sukses di keduanya dan kamu bisa melakukannya.

2. Berikan tim kerjamu sebuah visi

5 Cara Efektif Mengelola Tim Kerja Baru saat Kamu Naik Jabatan, Mudah!ilustrasi kerja tim (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Memiliki visi adalah kunci produktivitas dan konsensus. Kamu memerlukan bintang utara untuk mengarahkan bagaimana upaya tim kerjamu berkontribusi pada tujuan keseluruhan organisasi dan berdampak positif pada laba.

Mulailah dengan langkah yang benar dengan mengadakan sesi curah pendapat kolaboratif untuk mewujudkan visimu. Ini adalah cara yang bagus untuk melibatkan semua orang sejak awal dan memberimu kesempatan untuk melihat kepribadian dan preferensi mereka beraksi. 

Setelah visi diwujudkan, setujui bahwa itu akan digunakan untuk menyelaraskan arah dan mengukur produktivitas dan kinerja. Ketika anggota tim memiliki suara dalam visi dan bagaimana visi itu perlu diwujudkan, mereka cenderung menerima tanggung jawab dan menerima umpan balik yang konstruktif.

Baca Juga: 6 Tips Ciptakan Kerja Sama yang Baik dalam Tim saat Bekerja

3. Jangan takut membuat keputusan sulit

5 Cara Efektif Mengelola Tim Kerja Baru saat Kamu Naik Jabatan, Mudah!ilustrasi pria bekerja (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Tim yang kamu warisi mungkin tidak berfungsi atau tidak cocok dengan gaya manajemenmu. Ini mungkin mengharuskanmu untuk membuat keputusan yang sulit, seperti penurunan pangkat, transfer, atau penghentian anggota tim.

Namun, sebelum kamu melakukannya, luangkan waktu untuk mengenal mereka, memahami kekuatan mereka, dan meninjau kinerja mereka hingga saat ini. Adil jika kamu memberi mereka kesempatan untuk menyesuaikan diri denganmu sebagai manajer mereka dan membuktikan kemampuan mereka untuk melangkah dan berkontribusi. 

Jika tidak bisa, kamu mungkin perlu memasukkannya ke dalam rencana peningkatan atau melepaskannya. Jika kamu tahu seseorang tidak akan cocok atau kinerja atau gaya perilaku mereka mengganggu produktivitas, beri tahu mereka. Membuat keputusan sulit sejak dini tidak hanya akan memperkuat niatmu untuk memprioritaskan produktivitas, tetapi juga akan meningkatkan kesejahteraan dan produktivitas tim kerjamu.

4. Manfaatkan kekuatan semua orang

5 Cara Efektif Mengelola Tim Kerja Baru saat Kamu Naik Jabatan, Mudah!ilustrasi kerja tim (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Setelah kamu mengenal tim kerjamu atau telah membangunnya untuk kepuasanmu, manfaatkanlah kekuatan mereka sepenuhnya. Mengetahui cara mengelola tim secara efektif sebagai manajer baru mengharuskan mereka terlibat dan antusias dengan pekerjaan mereka. Dan, ketika mereka dapat berkontribusi dan menggunakan kekuatan mereka setiap hari, kamu menyiapkan semua orang untuk sukses.

Sebaliknya, memaksa orang untuk mengubah kelemahan menjadi kekuatan adalah kesalahan besar dan membuang-buang waktu. Ini pada akhirnya akan menyebabkan frustrasi, pelepasan, dan kemungkinan besar gesekan. 

Namun, ketika kamu memanfaatkan kemampuan bawaan mereka, kamu akan melihat mereka bersinar. Bakat mereka yang dipekerjakan akan diterjemahkan ke dalam hasil yang luar biasa untuk semua orang yang terlibat.

5. Bangun kepercayaan melalui komunikasi terbuka

5 Cara Efektif Mengelola Tim Kerja Baru saat Kamu Naik Jabatan, Mudah!ilustrasi rekan kerja (pexels.com/Alexander Suhorucov)

Membangun kepercayaan sangat penting untuk mengembangkan tim kerja menjadi satu kesatuan yang kohesif yang bekerja sama dengan baik dan saling menghormati. Dalam proses perubahan manajemen, kesuksesan membutuhkan kepercayaan, transparansi, dan komunikasi untuk beradaptasi dan berkembang. 

Tempatkan dirimu pada posisi mereka dan pertimbangkan bagaimana perubahan ini memengaruhi mereka. Apa yang dapat kamu lakukan untuk membuat proses ini lebih lancar dan membangun kepercayaan mereka? Bagaimana mengelola tim secara efektif sebagai manajer baru? Bagaimana kamu bisa mengeluarkan kemampuan terbaik mereka?Terkadang, mengajukan pertanyaan-pertanyaan ini dapat memberimu jawaban yang kamu butuhkan untuk sukses. 

Setelah kamu menetapkan ini, kamu kemudian dapat melanjutkan proses selangkah lebih maju mewujudkan visimu, menetapkan tujuan kepada mereka yang memiliki kekuatan terkait, dan mengembangkan dan menerapkan strategi untuk pengembangan pribadi dan profesional yang berkelanjutan. Manajer hebat tahu pentingnya mengasah keterampilan manajerial mereka sekaligus mengembangkan kehadiran kepemimpinan mereka.

Baca Juga: 5 Tips Efektif Menjalankan Kerja Tim dari Rumah, Yuk Diterapkan!

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya