Comscore Tracker

Kerjaanmu Banyak? Yuk, Selesaikan Semuanya dengan 5 Cara Efektif Ini 

Jangan sering menunda!

Kerjaan yang gak ada habisnya, pasti membuatmu pusing sekaligus bingung harus menyelesaikan yang mana terlebih dahulu, bukan? Rasanya seperti semua kerjaan memiliki prioritas yang memang harus diselesaikan cepat.

Namun, kamu gak perlu khawatir tentang itu. Jika kamu ingin semuanya selesai dengan cepat dan tepat waktu, kamu bisa melakukan semua langkahnya di bawah ini tanpa terkecuali. Yuk, simak!

1. Bagi kerjamu menjadi beberapa bagian yang terpisah 

Kerjaanmu Banyak? Yuk, Selesaikan Semuanya dengan 5 Cara Efektif Ini ilustrasi wanita berdiri (pexels.com/Gustavo Fring)

Jika kamu punya sederet kerjaan yang bingung harus diselesaikan yang mana terlebih dahulu, maka kamu harus memecah daftar kerjaanmu menjadi beberapa bagian. Memiliki daftar terpisah membuatnya lebih mudah dikelola dan mudah dipindai. Kamu gak akan merasa kewalahan dengan semua daftar kerjaan yang ada.

Cara efektif untuk memecah daftar kerjaanmu adalah dengan memisahnya menjadi empat bagian, yakni kerjaan yang perlu tindakan, yang bisa ditunggu, yang bisa dikerjakan suatu hari nanti, dan yang bisa dikerjaan orang lain. Jika sudah begini, kamu punya prioritas yang gak bisa diganggu sehingga berbagai gangguan bisa diatasi dan dihilangkan.

2. Punya daftar waktu luang di sela aktivitasmu saat menyelesaikan kerjaan 

Kerjaanmu Banyak? Yuk, Selesaikan Semuanya dengan 5 Cara Efektif Ini ilustrasi wanita bekerja (pexels.com/Los Muertos Crew)

Terus berkutat dengan tugas sepanjang hari tanpa henti tentu terasa sangat membosankan. Kamu akan mudah stres dengan semua itu. Kunci untuk mengatasi hal seperti ini adalah dengan memiliki daftar waktu luang di sela aktivitasmu.

Dua jam sekali, sediakanlah waktu 5-10 menit untuk melakukan hal sederhana, seperti membalas pesan, email dan membaca grup chat kerjaan. Bahkan, kamu juga bisa melakukan peregangan. Setelah waktu itu habis, maka kembalilah fokus dengan kerjaan yang sedang kamu kerjakan.  

Baca Juga: 10 Langkah Menentukan Tujuan dalam Pekerjaan, Cepat Naik Jabatan!

3. Miliki rencana kecil untuk aktivitas harianmu 

Kerjaanmu Banyak? Yuk, Selesaikan Semuanya dengan 5 Cara Efektif Ini ilustrasi wanita tersenyum (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Ketika kamu memiliki daftar tugas yang panjang di daftar tugasmu, kamu akan menghadapi kebingungan saat memilih kerjaan yang harus kamu kerjakan hari ini. Membuat rencana kecil di malam hari untuk esok pagi beraktivitas dapat membantumu mempermudah aktivitas yang akan kamu lakukan.

Kamu gak akan bingung, tugas mana yang harus kamu selesaikan karena kamu punya daftar rencana dengan prioritas tugas dan aktivitas yang akan dilakukan di hari ini. Sebagai tambahan, kamu bisa menulis daftar rencanamu hari ini pada notepad atau sticky notes.

4. Hindari godaan saat kamu sedang fokus menyelesaikan kerjaanmu 

Kerjaanmu Banyak? Yuk, Selesaikan Semuanya dengan 5 Cara Efektif Ini ilustrasi pria bekerja (unsplash.com/Luke Peters)

Entah kamu bekerja di kantor atau di rumah, sederet gangguan dan godaan akan selalu ada mengganggu waktumu. Untuk tetap fokus pada kerjaanmu, maka hindari godaan dan jika bisa hindari interaksi dengan yang lain saat kamu sedang mengerjakan kerjaan yang harus kamu prioritaskan.

Gak perlu merasa sungkan dan gak enak hati, jika kamu bisa berkomunikasi dengan baik dan tegas pada dirimu sendiri, maka orang-orang di sekitarmu akan mengerti akan kondisimu saat ini. Dan, ucapkan terima kasih saat mereka memberikan pengertiannya kepadamu.

5. Bersihkan daftar kerjaan yang telah selesai 

Kerjaanmu Banyak? Yuk, Selesaikan Semuanya dengan 5 Cara Efektif Ini ilustrasi pria memegang gadget (pexels.com/Brian Ngali)

Daftar kerjaanmu juga perlu dibersihkan secara teratur jika kamu telah selesai mengerjakannya. Pasalnya, kadangkala kita lupa membersihkan karena terlalu sibuk dengan aktivitas yang lain.

Memindai semua daftar kerjaanmu sekali dalam seminggu membantumu mempertahankan struktur dan hitungan yang sehat. Ini gak akan memakan waktu 15 menit, tetapi akan membuat hidupmu jauh lebih mudah. Salah satu praktik terbaik daftar tugas adalah menjaga agar panjangnya sesingkat mungkin dan menghapus kerjaan yang telah selesai.

Cara di atas sangat sederhana sekali untuk kamu lakukan. Kuncinya di sini adalah melakukannya dan hindari godaan yang ada di sekitarmu. Kamu harus fokus untuk menyelesaikan kerjaan yang memang adalah tanggungjawabmu.

Baca Juga: 5 Manfaat Bersikap Tenang dalam Pekerjaan, Gak Perlu Buru-buru

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya