Comscore Tracker

5 Cara Pulih dari Burnout Pekerjaan dengan Cepat dan Lebih Baik

Jangan biarkan fisik dan mentalmu menjadi buruk

Burnout adalah kondisi stres kronis, di mana pekerja merasa lelah secara fisik, mental, dan emosional gara-gara pekerjaannya. Seseorang mengalami burnout dari pekerjaan seringkali mengalami kesulitan-kesulitan lain dalam hidup yang semakin kompleks. Meskipun kelelahan bisa terasa seperti serangkaian emosi negatif yang tidak pernah berakhir, kamu dapat belajar bagaimana pulih dari burnout dan merasa lebih baik. 

Jika kamu melakukan hal yang benar, pemulihan burnout mungkin tidak memakan waktu lama. Oleh karena itu, mempelajari cara memulihkan diri dari burnout ini sangat penting jika kamu ingin terus produktif dan puas dalam hidup dan kariermu.

1. Fokus pada proyek dirimu

5 Cara Pulih dari Burnout Pekerjaan dengan Cepat dan Lebih Baikilustrasi wanita tersenyum (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Jika kamu mengerjakan pekerjaan jam 9-5, pastikan kamu mendedikasikan beberapa jam di pagi atau sore hari untuk proyek pribadi, seperti membuat blog, mendekor rumahmu dan masak makanan kesukaanmu. 

Dengan begitu, kamu dapat mengekspresikan nilai-nilaimu sambil berjuang untuk mencapai tujuan profesional di tempat kerja. Hal ini akan membantumu merasakan kendali atas caramu menghabiskan waktu. Tetapkan batasan antara kehidupan pribadi dan profesionalmu untuk meningkatkan ini.

2. Praktik meditasi mindfullness

5 Cara Pulih dari Burnout Pekerjaan dengan Cepat dan Lebih Baikilustrasi meditasi (pexels.com/EKATERINA BOLOVTSOVA)

Meditasi adalah strategi yang telah teruji waktu untuk mengatasi kelelahan. Meditasi yang konsisten berhubungan dengan perkembangan sel dan jaringan dalam otakmu. Hal ini dapat meningkatkan daya ingat, pengendalian diri, pengambilan keputusan, dan banyak lagi.

Kamu dapat mengatur ulang pikiran dan otakmu untuk lebih fokus dan produktif dengan berlatih meditasi setiap hari. Mulai dari yang kecil. Beristirahatlah selama 10 menit selama bekerja atau di pagi hari untuk melatih kesadaranmu.

Baca Juga: 5 Penyebab Burnout di Tempat Kerja, Kelola Stresmu!

3. Detoksifikasi semua yang kamu alami melalui latihan

5 Cara Pulih dari Burnout Pekerjaan dengan Cepat dan Lebih Baikilustrasi olahraga (pexels.com/Liliana Drew)

Pernahkah kamu memperhatikan bahwa kamu secara alami merasa lebih baik setelah latihan berkepanjangan yang meningkatkan tekanan darahmu? Kecemasan adalah salah satu gejala utama yang akan kamu alami ketika kamu mengalami burnout karena pekerjaan, dan olahraga adalah cara yang bagus untuk meredakan kecemasan itu dengan cepat.

Masukkan olahraga teratur ke dalam rutinitasmu dengan berenang sebelum bekerja, berjalan-jalan di sore hari, atau menghabiskan waktu di gym di malam hari. Intinya, usahakan agar tubuhmu bergerak. 

4. Praktik untuk menulis sebuah jurnal pribadi

5 Cara Pulih dari Burnout Pekerjaan dengan Cepat dan Lebih Baikilustrasi wanita duduk dan menulis (pexels.com/cotronbro)

Menulis bisa menyembuhkan. Menulis tentang emosi dan pengalamanmu setiap hari membantumu memprosesnya, yang dapat mempercepat proses penyembuhan.

Mulailah dengan merinci pencapaianmu, proyek serta tantangan yang menghambatmu. Kamu juga dapat membuat daftar beberapa ketidakpastian atau pertanyaan tentang pekerjaanmu saat ini. Dengan begitu, kamu dapat menemukan pola dalam kehidupan profesionalmu dan merenungkan tindakan selanjutnya yang harus diambil.

Penjurnalan dapat memungkinkanmu menemukan solusi untuk masalah potensial sebelum muncul ke permukaan. Teknik ini sangat praktis bagi mereka yang suka mengekspresikan diri. Namun, jika kamu tidak suka menulis, kamu dapat menggunakan format poin-poin atau fitur memo di ponselmu untuk merekam jawaban atas pertanyaan-pertanyaan itu.

5. Perkirakan tugas untuk diselesaikan

5 Cara Pulih dari Burnout Pekerjaan dengan Cepat dan Lebih Baikilustrasi pria tersenyum (pexels.com/Edmond Dantès)

Apakah kamu sering merasa seperti manusia super dalam hal bekerja, dan kemudian hampir tidak menyelesaikan setengah dari apa yang telah kamu rencanakan? Jika ini adalah masalah umum bagimu, cobalah mempelajari cara memperkirakan secara akurat berapa banyak waktu yang diperlukan untuk suatu tugas dan berapa banyak tugas yang dapat kamu lakukan dalam sehari. Jika ragu, lebihkanlah waktu.

Dibutuhkan latihan untuk menjadi sempurna dalam memperkirakan tugas. Namun demikian, strategi jitu yang dapat kamu gunakan untuk menyortirmu dalam mengerjakan tugas itu yang paling penting. 

Kamu dapat pulih dari kelelahan dengan memperbaiki strategi kerjamu menggunakan model cara ini. Cari tahu tugas apa yang paling pantas mendapatkan perhatianmu dan dalam urutan apa dengan menetapkan prioritas dalam hidupmu.

Baca Juga: 10 Tanda Kamu Mengalami Emotional Burnout, Jadi Susah Bahagia!

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya