Comscore Tracker

5 Hal yang Harus Dilakukan Jika Merasa Tidak Diterima di Tempat Kerja

Cobalah adaptasi dengan mereka

Mendapatkan kerja dan ganti suasana kerja tentu menjadi hal yang membuatmu semangat. Namun, bagaimana jika kamu menemukan bahwa dirimu tidak diterima di tempat tersebut? 

Kamu tidak punya satu teman pun, mereka menghindarimu dan bersikap acuh, bahkan kamu juga canggung berada di tempat tersebut adalah tanda mereka tidak menerimamu. Hal seperti ini harus diatasi. Pasalnya, hampir seluruh waktumu berasa di tempat kerja dan jika kamu tidak betah, maka itu menyangkut ketidakbahagiaanmu.

Untuk mengatasinya, lakukanlah langkah di bawah ini dan pastikan kamu berusaha melakukannya. 

1. Amati, apakah masalahnya bersifat internal atau eksternal?

5 Hal yang Harus Dilakukan Jika Merasa Tidak Diterima di Tempat Kerjailustrasi pria tampak murung (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Ketika kamu merasa tidak disambut dengan baik, kamu pasti mengamati situasi di sekitarmu, bukan? Dalam situasi inilah, ketahui apakah masalahnya memang bersifat internal atau eksternal? Internal adalah masalah kamu memandang dirimu sendiri, dan eksternal adalah masalah orang lain memandang dirimu. 

Jika kamu cenderung terlalu banyak berpikir, atau terlalu terpaku pada hal-hal terkait ketidakpopuleran, kecantikan atau ketampanan, dan kemapanan yang kamu miliki, mungkin masalahnya ada di dalam pikiranmu. Oleh karenanya, latihlah dirimu untuk lebih percaya diri dengan diri dan potensi yang kamu miliki. 

Namun, jika kamu benar-benar mengalami permusuhan, kurangnya rasa hormat atau perbedaan nilai dan prioritas pekerjaan yang serius, maka kamu memiliki masalah yang perlu ditangani secara eksternal. Jika kamu menduga masalahmu bersifat eksternal, jangan khawatir, karena kamu hanya perlu mengambil beberapa langkah tambahan lainnya.

2. Keluar dari zona nyamanmu

5 Hal yang Harus Dilakukan Jika Merasa Tidak Diterima di Tempat Kerjailustrasi kerja tim (pexels.com/fauxels)

Penjelasan lain yang mungkin untuk ketidaknyamananmu di tempat kerja bisa jadi karena kamu tidak cukup menempatkan diri di sana. Jika itu masalahnya, maka cobalah temukan kesamaan dengan rekan kerjamu. Undang mereka untuk makan siang atau ke acara sepulang kerja untuk mengenal mereka lebih baik. Mengambil inisiatif dalam situasi tersebut dapat membuatmu tampak lebih mudah didekati dan menciptakan peluang untuk terhubung dengan mereka. 

Ide lainnya yang bisa kamu lakukan adalah berusahalah untuk lebih bersosialisasi saat istirahat. Bergabunglah dalam percakapan saat makan siang. Hadiri happy hour atau acara sosial perusahaan. 

Dengan menjalin ikatan dengan rekan kerja secara pribadi, mereka akan merasa lebih nyaman denganmu selama jam kerja. Kamu mungkin tidak berteman baik dengan rekan kerjamu, tetapi kamu dapat menciptakan suasana saling menghormati dan memiliki lingkungan kerja yang lebih bahagia. 

Baca Juga: 5 Cara Efektif Mengelola Tim Kerja Baru saat Kamu Naik Jabatan, Mudah!

3. Amati dan tirulah

5 Hal yang Harus Dilakukan Jika Merasa Tidak Diterima di Tempat Kerjailustrasi berbincang (pexels.com/ Alexander Suhorucov)

Pada dasarnya kamu seharusnya tidak merasa tertekan untuk mengubah siapa dirimu untuk menyesuaikan diri di tempat kerja, tetapi beberapa penyesuaian pada gaya komunikasimu dapat membantu membuat orang lain merasa nyaman. Jadi, jika kamu ingin merasa diterima dan merasa nyaman, cobalah tiru gaya rekan-rekan kerjamu. 

Kamu bisa duduk dan menonton sebentar dan melihat bagaimana atasanmu merespons rekan kerjamu atau bagaimana rekan kerjamu berinteraksi satu sama lain. Hal ini akan memberimu petunjuk tentang di mana untuk memulai. Apakah mereka saling menyela dan berbicara sangat cepat? Apakah mereka meluangkan waktu untuk berhenti dan berpikir sebelum menjawab? Jadi, amati dan tirulah! 

4. Hubungi bantuan

5 Hal yang Harus Dilakukan Jika Merasa Tidak Diterima di Tempat Kerjailustrasi berbincang (pexels.com/Gustavo Fring)

Ketika kamu sudah buntu dengan cara yang kamu lakukan, ada baiknya menghubungi kolega atau teman yang kamu percayai, bahkan jika mereka tidak bekerja di perusahaan. Mereka mungkin dapat menawarkan perspektif, saran, atau setidaknya telinga yang mendengarkan dengan simpatik.

Seorang mentor di luar tim dapat memberimu umpan balik yang objektif dan jujur ​​tentang perilaku mana yang disukai dalam organisasi, dan mana yang tidak. Jika kamu tidak memiliki seorang mentor, cobalah untuk berbicara dengannya terkait masalahmu dan mendiskusikan langkah-langkah apa yang dapat kamu ambil untuk menyesuaikan diri. 

Selain itu, kamu juga dapat perwakilan SDM atau HRD tempatmu bekerja. Perusahaan mungkin memiliki beberapa penilaian komunikasi pada file atau alat untuk membantumu. Namun, perlu dicatat bahwa mendiskusikan masalah seperti ini dengan manajer atau HRD dapat mengarah pada dokumentasi dan rapat formal, jadi ingatlah itu sebelum mengambil tindakan.

5. Carilah pekerjaan lain

5 Hal yang Harus Dilakukan Jika Merasa Tidak Diterima di Tempat Kerjailustrasi pria bekerja (pexels.com/Arina Krasnikova)

Jika kamu telah melakukan semua yang kamu bisa dan masih tidak merasa lebih nyaman dengan situasimu saat ini, mungkin sudah waktunya untuk melanjutkan, yakni dalam artian mencari pekerjaan baru. Beberapa tanda yang harus kamu pertimbangan untuk resign dan mencari pekerjaan baru adalah pertama, jika tindakan yang diperlukan untuk menyesuaikan memaksamu menjadi seseorang yang bukan dirimu. Kedua, jika kamu merasa ingin menyesuaikan diri, kamu harus mengkompromikan atau melanggar salah satu nilai atau prinsip inti dalam dirimu. 

Selain itu, jika tingkat stres menyebabkanmu kurang tidur di malam hari atau jika kamu tidak bisa makan atau kamu merasa tidak enak badan setelah satu tahun, maka ini juga bisa dianggap sebagai tanda untuk resign. Pada titik tertentu, resign dan meninggalkan pekerjaanmu saat ini dapat memiliki awal yang baru di sebuah perusahaan yang lebih selaras dengan siapa kamu yang akan memungkinkanmu untuk menjadi diri sendiri, memaksimalkan siapa dirimu dan mencapai hasil yang menguntungkan perusahaan dan kamu sendiri. 

Jadi, diingatkan lagi jika kamu memang merasa tidak diterima, tidak nyaman dan tidak dianggap oleh semua orang di tempat kerjamu, maka lakukan semua langkah tadi. Dan, jika semuanya sudah dilakukan, kemudian tidak ada yang berhasil, maka sudah sepantasnya kamu mengajukan dirimu dan temukan perusahaan yang bisa menghargaimu. 

Baca Juga: 5 Alasan Kecerdasan dan Kerja Kerasmu Belum Bisa jadi Kesuksesan

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya