Comscore Tracker

5 Tips Kelola Kerja Shift agar Kamu Tidak Terlalu Stres Melakukannya

Buat semuanya menjadi lebih seimbang

Bukan rahasia lagi bahwa jadwal kerja shift dapat berdampak buruk pada kesejahteraan fisik, kondisi emosional, dan kesehatan mentalmu. Dalam industri yang membutuhkan layanan 24 jam atau minggu kerja yang beroperasi di sekitar rotasi shift 12 jam, masih ada hambatan saat kamu menjalaninya. 

Seiring waktu, hobi yang pernah kamu sukai mungkin akan dikesampingkan dan kelelahan akan kamu rasa. Yang mana hal ini mengakibatkan emosi terputus, terisolasi, dan mungkin kebahagiaan tidak terpenuhi. Dan, jika dibiarkan hal ini akan bermasalah untuk dirimu. 

Guna mencapai keseimbangan kerja dalam sistem shifting ini, kamu perlu melakukan beberapa tips ini. 

1. Menyediakan waktu untuk dirimu setiap hari

5 Tips Kelola Kerja Shift agar Kamu Tidak Terlalu Stres Melakukannyailustrasi wanita sedang duduk (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Sebagai angka, 24 jam mungkin tampak besar. Namun, dengan hanya menambahkan 8 jam hari kerjamu, tugas sehari-hari, perjalanan, dan kewajiban hidup lainnya yang kamu lakukan setiap hari, mungkin akan sulit untuk menyediakan satu jam dari seluruh waktumu hanya untuk diri sendiri. 

Namun, menghabiskan satu jam untuk sendirian dan bersama diri sendiri itu perlu karena dapat mengubah kualitas hidupmu secara keseluruhan. Apakah itu waktu yang ditentukan untuk menikmati buku, memanggang hidangan, menulis bebas, atau memainkan alat musik, ini adalah waktu bagimu untuk menghabiskannya dengan egois.

2. Membuat sebuah tujuan

5 Tips Kelola Kerja Shift agar Kamu Tidak Terlalu Stres Melakukannyailustrasi pria tersenyum (pexels.com/Vanessa Gracia)

Kuncinya di sini adalah menciptakan tujuan, bukan daftar hal-hal yang harus dilakukan. Misalnya, kamu bisa menyusun daftar acara lokal yang ingin kamu hadiri di akhir pekan atau jadikan tujuan untuk berolahraga 30 menit setiap harinya. 

Anggap tujuanmu sebagai hal yang memicu emosi kegembiraan, petualangan, dan kesenangan itu. Hal ini dapat membantumu mengatasi kebosanan atau beban kerja shift.

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Ditinggalkan agar Mentalmu Terjaga, Gak Mudah Stres!

3. Menetapkan sebuah daftar rutinitas

5 Tips Kelola Kerja Shift agar Kamu Tidak Terlalu Stres Melakukannyailustrasi bekerja (pexels.com/burst)

Menetapkan rutinitas yang ditetapkan dapat mengurangi stres yang tidak perlu, bahkan jika kamu tidur di siang hari atau bekerja shift pagi. Setelah seharian bekerja, hal terakhir yang mungkin ingin kamu lakukan adalah menekankan tugas harian apa yang harus diselesaikan.

Tetapkan hari yang ditentukan untuk binatu, belanja bahan makanan, dan tugas-tugas lain yang perlu diselesaikan setiap minggu. Hal seperti ini dapat membuatmu merasa lebih hidup, daripada hanya bekerja saja. 

4. Merefleksikan diri

5 Tips Kelola Kerja Shift agar Kamu Tidak Terlalu Stres Melakukannyailustrasi wanita tersenyum (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Meskipun kerja shift dapat membuatmu bolak-balik selama jam-jam aneh, yakni jam-jam waktu istirahat dan tidur, ada kesempatan untuk duduk dan merenung selama waktu-waktu ini. Jika kamu bekerja di malam hari, kamu memiliki kesempatan untuk duduk dan merenung ketika dunia sedang tidur, yang sebenarnya bisa menjadi waktu paling tenang untuk menjernihkan pikiran.

Selain merefleksikan diri, kamu juga bisa berolahraga. Menghabiskan sebagian harimu dengan menggerakkan tubuhmu dapat membantu meningkatkan endorfin dan membuatmu merasa siap untuk menaklukkan hari atau melepaskan ketegangan di tubuhmu.

5. Meluangkan waktu untuk orang yang kamu cintai

5 Tips Kelola Kerja Shift agar Kamu Tidak Terlalu Stres Melakukannyailustrasi pria dan wanita berkumpul (pexels.com/Sharefaith)

Dengan kerja shift, mungkin ada saat-saat di mana kamu melewatkan banyak peristiwa kehidupan yang terjadi di lingkaran dalam hidupmu, seperti pesta makan malam, happy hour, atau perjalanan hiking.

Hal positif tentang jam kerja yang tidak biasa adalah memberimu waktu untuk merenungkan segelintir orang yang paling penting bagimu dan bagaimana kamu ingin menghabiskan waktu bersama mereka.

Mungkin ini bukan tentang pergi ke pesta makan malam dengan teman-temanmu dari sekolah menengah yang membuatmu bahagia, tetapi bertemu dengan teman olahragamu untuk lari cepat. Gunakan waktumu seperti yang kamu inginkan dan dengan orang-orang yang ingin kamu habiskan bersama.

Meskipun kerja shift dapat menguras emosi dan fisik, gunakan itu sebagai kesempatan belajar untuk mengenal diri sendiri. Kapan terakhir kali kamu menyelam lebih dalam untuk mengenal siapa dirimu dan menjadi siapa kamu? Tidak semuanya harus berorientasi pada tujuan, dan terkadang mendapatkan kembali kualitas hidupmu itu dapat berarti menjelajahi hal-hal kecil.

Baca Juga: 5 Cara Usir Stres dan Kembalikan Lagi Energimu yang Hilang

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya