Comscore Tracker

5 Tips Presentasimu Lebih Efektif dan Mudah Dipahami

Tips ini wajib banget kamu coba!

Siapa pun yang akan presentasi pasti menginginkan semuanya sukses. Persentasi yang dilakukan jelas, tersampaikan dan membuat orang terkesan dengan cara pembawaanmu. 

Namun, tentu saja ini tidak mudah. Kamu perlu persiapan yang matang, dan juga tips yang membuat semuanya berjalan lancar. Nah, di bawah ini akan dijelaskan lebih lanjut berbagai tipsnya. 

1. Tunjukkan gairah dalam dirimu dan usahakan untuk terhubung dengan audiens

5 Tips Presentasimu Lebih Efektif dan Mudah Dipahamiilustrasi kerja tim (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Sulit untuk rileks dan menjadi diri sendiri saat gugup. Namun, dalam presetnasi yang terpenting adalah terhubung dengan audiensmu dan cara terbaik untuk melakukannya adalah membiarkan hasratmu terhadap subjek bersinar.

Jujurlah dengan audiens tentang apa yang penting bagimu dan mengapa itu penting. Jadi, selama kamu persentasi jadilah antusias dan jujur, dan penonton akan merespons presentasi itu dengan baik. 

2. Berkonsentrasilah pada pesan inti

5 Tips Presentasimu Lebih Efektif dan Mudah Dipahamiilustrasi pria bekerja (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Saat merencanakan presentasi, kamu harus selalu mengingat pertanyaan, apa pesan utama atau tiga poin utama yang harus diambil oleh audiens? Kamu harus dapat mengomunikasikan pesan kunci itu dengan sangat singkat.

Pesan ini adalah inti dari semua yang kamu bahas di presentasi. Kamu bisa mengucapkannya di akhir presentasi agar apa yang kamu bicarakan lebih jelas. 

3. Tersenyumlah dan lakukan kontak mata dengan audiens

5 Tips Presentasimu Lebih Efektif dan Mudah Dipahamiilustrasi kerja tim (pexels.com/fauxels)

Ini terdengar sangat mudah, tetapi sejumlah besar orang gagal melakukannya dalam presentasi mereka. Jika kamu tersenyum dan melakukan kontak mata, maka kamu sedang membangun hubungan baik, yang membantu audiens terhubung denganmu dan subjek presentasimu. Ini juga membantumu untuk mengurangi rasa gugup karena kamu berbicara dengan individu, bukan dengan banyak orang yang tidak dikenal.

Untuk dalam hal ini, pastikan kamu tidak mematikan semua lampu sehingga hanya layar geser yang terlihat. Audiens kamu perlu melihatmu serta slide presentasimu.

Baca Juga: 5 Ide Pertanyaan Berbobot untuk Sesi Tanya Jawab Presentasi

4. Ingat aturan 10-20-30 untuk slideshow

5 Tips Presentasimu Lebih Efektif dan Mudah Dipahamiilustrasi presentasi (pexels.com/ThisIsEngineering)

Selama presentasi disarankan agar tayangan slide harus berisi tidak lebih dari 10 slide, berlangsung tidak lebih dari 20 menit dan gunakan ukuran font tidak kurang dari 30 point.

Yang terakhir ini sangat penting karena menghentikanmu untuk mencoba memasukkan terlalu banyak informasi pada satu slide. Seluruh pendekatan ini menghindari kebosanan yang dirasakan oleh audiens. 

Sebagai aturan umum, slide harus menjadi tontonan bagimu sebagai yang membawakan. Satu set slide yang baik seharusnya berisi lebih sedikit dan kamu bisa menjelaskan detailnya melalui ucapan. 

5. Santai, tarik napas dan nikmati

5 Tips Presentasimu Lebih Efektif dan Mudah Dipahamiilustrasi kerja tim (pexels.com/fauxels)

Jika kamu merasa sulit untuk melakukan presentasi, akan sulit untuk tenang dan santai saat melakukannya. Salah satu pilihan adalah mulai dengan berkonsentrasi pada pernapasanmu. Perlambat, dan pastikan kamu bernapas sepenuhnya. Pastikan kamu juga terus berhenti sejenak untuk bernapas selama presentasi.

Jika kamu dapat membawa dirimu untuk bersantai, kamu hampir pasti akan tampil lebih baik. Jika kanu benar-benar dapat mulai menikmati diri sendiri, audiensmu akan menanggapinya dan terlibat lebih baik. Presentasimu akan meningkat secara eksponensial, demikian juga kepercayaan dirimu. 

Semua tips tadi sangat layak kamu coba. Buat presentasimu berhasil dan jangan ragu akan potensi yang kamu miliki. Silakan mencoba! 

Baca Juga: Sering Dilakukan, 5 Kesalahan yang Wajib Dihindari saat Presentasi

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya