Comscore Tracker

5 Kunci Hidup Sukses, Berani untuk Bermimpi!

hidup itu dijalani bukan disesali

Sukses adalah satu kata yang menjadi tujuan bagi setiap orang. Sederhananya, kesuksesan hanya didapatkan oleh mereka yang berani dan bermimpi untuk memperjuangkan apa yang mereka inginkan. Bohong namanya jika hanya berkata ingin sukses mencapai apa yang diinginkan, tapi tidak berusaha untuk mewujudkannya.

Untuk mendapatkan kesuksesan itu, kita membutuhkan banyak hal sebagai kunci untuk membuka kesuksesan tersebut. Ini dia lima kunci sukses dalam mewujudkan impian kita. Simak ulasannya dengan baik, ya!

1. Niat yang baik, pasti berakhir baik

5 Kunci Hidup Sukses, Berani untuk Bermimpi!ilustrasi ide dan target yg dicapai (Pexels.com/Pixabay)

Niat adalah awalan dari memulai proses tujuan kita. Kamu harus bisa memastikan bahwa niatmu untuk mencapai impian yang kamu inginkan adalah niat yang baik. Hal itu bisa berdampak baik dan bermanfaat untuk lingkungan sekitar.

Misalnya, kamu ingin menjadi seorang pengusaha dengan memperkerjakan pengangguran, sehingga kesuksesan yang kamu dapatkan dapat berguna untuk mengurangi angka pengangguran di daerahmu. Percayalah bahwa segala sesuatu yang diawali dengan niat ikhlas dan baik akan mudah dicapai dibandingkan dengan niat yang buruk.

2. Fokus pada target yang ditentukan

5 Kunci Hidup Sukses, Berani untuk Bermimpi!ilustrasi tulisan pengingat tujuan (Pexels.com/Pixabay)

Tuliskan apa saja langkah yang akan kamu ambil dalam menentukan tujuanmu. Target ini bisa digunakan sebagai acuan dan pertimbangan seberapa besar peluangmu untuk mendapatkannya. Selain itu, jika kamu menuliskan proses tujuanmu ini akan menjadi gambaran awal dan sekaligus pengingat.

Jika kamu merasa down, kamu akan bangkit kembali melihat capaian dan perjuangan hingga sampai pada tahap akhir. Tidak perlu keras dengan diri sendiri, cukup lakukan secara konsisten dalam melaksanakan proses kesuksesan yang kamu inginkan.

Baca Juga: Timmy adalah Kunci Sukses Menurut CEO IDN Media, Winston Utomo 

3. Belajar dari arti kegagalan

5 Kunci Hidup Sukses, Berani untuk Bermimpi!ilustrasi orang yang gagal dan menyerah (Pexels.com/Donate a buck)

Gagal adalah hal yang biasa terjadi. Gagal bukan akhir dari segalanya. Bahkan, dengan terjadinya gagal kamu bisa melihat apa saja yang perlu dibenahi agar tidak terjadi gagal di kemudian hari. Akan tetapi, orang-orang saat ini selalu merasa salah dan terpuruk apabila mereka mengalami kegagalan mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Padahal, ketika mereka melamar suatu pekerjaan misalnya, mereka harus bisa melihat dua sisi kemungkinan yang akan terjadi. Dua sisi tersebut adalah akan diterima atau akan ditolak dari suatu lowongan pekerjaan. Mereka yang kuat adalah mereka yang tidak menyalahkan diri sendiri akibat kondisi hidupnya. Terus belajar dan upgrade diri untuk menjadi lebih baik.

4. Belajar di lingkungan yang mendukung

5 Kunci Hidup Sukses, Berani untuk Bermimpi!ilustrasi lingkungan produktif (Pexels.com/fauxels)

Meskipun tidak sepenuhnya menjadi bagian pokok dalam menentukan kesuksesan seseorang, pergaulan bisa berpengaruh secara simultan jika berakibat buruk. Mereka yang sudah menjadi orang sukses akan memperhatikan pergaulan di sekitarnya.

Pergaulan dan teman-teman yang baik bisa didapatkan dari mana saja. Akan tetapi, tetap harus memperhitungan asas kebermanfaatanya. Carilah teman-teman yang memiliki mind set gemar belajar dan produktif dalam melakukan sesuatu. Mereka itulah yang bisa mengantarmu untuk terus belajar dan bersemangat mencapai impian.

5. Jangan lupa berdoa

5 Kunci Hidup Sukses, Berani untuk Bermimpi!ilustrasi seorang laki-laki di dekat danau (Pexels.com/Lukas Rychvalsky)

Setelah kamu melaksanakan langkah-langkah dan sikap sosial dengan baik, kini saatnya kamu berdoa untuk hasil terbaik. Jangan lupakan Tuhan yang Maha Besar, sebab kita sebagai manusia hanya mampu berusaha dengan semaksimal mungkin sedangkan hasil akhirnya yang menentukan adalah Tuhan. Berdoalah yang baik dan lakukan pekerjan dengan baik pula.

Itu dia lima kunci kesuksesan dalam mencapai tujuan yang kita impikan. Kamu bisa mencobanya dari sekarang sedikit demi sedikit. Jika kamu merasa lelah dengan rutinitasmu, cobalah untuk istirahat sejenak dengan tetap memikirkan proses yang akan kamu hadapi. Mereka yang mendapatkan kesuksesan membutuhkan waku yang cukup panjang. Jangan malu untuk terus mencoba, karena kesuksean ada di genggaman kita. 

Baca Juga: Kunci Hidup Harmonis, Berikut Penjelasan tentang Kerukunan!

Qoni'ah Musallamah Photo Verified Writer Qoni'ah Musallamah

Jika ingin melihat dunia bacalah. Jika ingin diingat dunia menulislah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya