Comscore Tracker

Jangan Stres, Ini 5 Cara Jitu Hadapi Bos yang Mood Swing-nya Parah

Itu lho bos yang suka marah-marah tanpa alasan yang jelas

Dalam dunia kerja, terkadang hal yang membuat stres bukanlah deadline pekerjaan yang menumpuk atau kerja lembur yang tak berkesudahan, melainkan menghadapi ego orang lain dalam hal ini bos. Setiap pekerjaan sulit pasti bisa diselesaikan jika tekun dan disiplin, tapi menghadapi ego orang lain akan menjadi pekerjaan yang tak bersudahan apalagi jika itu datang dari atasan.

Salah satu ego yang menyebalkan dan bikin stres adalah mood alias suasana hati. Jadi menantang banget deh kalau dapat bos dengan mood swing atau moody-an. Tipe orang kaya gini nih kalau lagi bahagia akan baik banget tapi kalau lagi bete bakal nyeselin hingga ke ubun-ubun.

Tak mungkin dihindari, berikut ini beberapa hal yang bisa kamu lakukan jika terjebak di dunia kerja dengan bos yang amat mood swing.

1. Jangan terintimidasi dan kendalikan emosimu

Jangan Stres, Ini 5 Cara Jitu Hadapi Bos yang Mood Swing-nya Parahunsplash.com/rawpixel

Pertama yang harus kamu lakukan adalah jangan terbawa suasana atau terintimidasi. Kamu gak bisa mengontrol mood si bos, tapi kamu berkuasa sepenuhnya akan suasana hatimu. Jangan sampai dia berhasil mempengaruhimu.

Biasanya orang dengan mood swing ini emosinya akan meledak-ledak. Menuntut berbagai hal di luar kendali, maka sebisa mungkin kamu tidak terpancing emosi ya. Tetap tenang dan tanggapi dengan kepala dingin.

2. Pelajari pola suasana hatinya

Jangan Stres, Ini 5 Cara Jitu Hadapi Bos yang Mood Swing-nya Parahunsplash.com/rawpixel

Jika kamu sudah dapat mengontrol emosi dengan baik. Maka tahap selanjutnya adalah memerhatikan pola mood-nya. Pahami apakah marah-marahnya karena kamu atau bukan, jika karena kerjaanmu yang gak mencapai target, maka segera berbenah dan memperbaiki kinerja. Namun jika bukan, cukup diam dan gak ada salahnya sedikit cuek. Anggap aja ocehan iklan YouTube yang gak bisa diskip dan hanya perlu kamu dengarkan tanpa merespon.

3. Menjadi pendengar yang baik

Jangan Stres, Ini 5 Cara Jitu Hadapi Bos yang Mood Swing-nya Parahunsplash.com/redcharlie

Orang dengan pola perasaan bak ombak di lautan tiba-tiba pasang kemudian beberapa detik surut terkadang hanya butuh untuk didengarkan. Mereka yang lepas kendali dengan emosi tidak bisa dihadapi dengan emosi lagi. Saat bosmu lagi mengalami hal itu, dengarkan dengan baik dan cermat.

Tak perlu menyanggah secara berlebihan, segala ucapannya yang mungkin menyakitkan pun tak perlu diserap ke hati. Sadari bahwa dia melakukannya di luar kendali karena suasana hatinya sedang tidak baik saja.

Baca Juga: 5 Alasan Mulia Perempuan Karier Memutuskan Jadi Ibu Rumah Tangga

4. Bekerja cerdas

Jangan Stres, Ini 5 Cara Jitu Hadapi Bos yang Mood Swing-nya Parahunsplash.com/rawpixel

Sebagai bawahan, kamu pun tidak bisa melakukan segala halnya berdasarkan prinsip suka-suka. Jika memang permasalahan mood bos kamu berasa dari kinerja, maka bekerjalah dengan profesional dan meminimalisir kesalahan yang nantinya akan jadi pemicu kekesalan bos kesayangan.

5. Temukan sahabat di kantor

Jangan Stres, Ini 5 Cara Jitu Hadapi Bos yang Mood Swing-nya Parahunsplash.com/stage7photography

Gak semua masalah memiliki solusi, namun berbagi keluh kesah walau tanpa penyelesaian juga tak kalah pentingnya agar kamu gak tertekan banget. Dengan memiliki sahabat di kantor, beban di pundakmu gak ditanggung sendirian. Mood swing bosmu bisa teralihkan dengan melakukan berbagai hal kecil yang menyenangkan dengan rekan kerja, misalnya makan siang bareng atau sesekali karaoke sepulang kerja.

Jangan sampai mood atasan menjadikan tidak bersemangat mengerjakan sesuatu yang merupakan passion. Kamu adalah seorang profesional yang jenjang kariernya tak akan terganggu hanya karena suasana hati seseorang.

Baca Juga: 8 Startup Unicorn yang Bisa Jadi Pilihan Karier Para Fresh Graduate

Novia Fujinurmala Photo Verified Writer Novia Fujinurmala

Hard Work Beats Talent When Talent Doesn't Work Hard

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya