Comscore Tracker

5 Tips Atasi Rencana yang Gak Sesuai Ekspektasi

Segera lakukan evaluasi agar kesalahan bisa diperbaiki

Sebagai manusia, tentu kamu memiliki segudang harapan yang ingin diwujudkan. Guna meraih segala mimpi tersebut, kamu butuh untuk menyusun rencana yang tepat sebagai pemandu langkah menuju kesuksesan.

Namun, alih-alih berhasil, tidak jarang rencana tersebut malah tidak sesuai ekspektasi. Akibatnya, kamu bisa jadi frustrasi dan ingin menyerah saja.

Supaya kegagalan tidak jadi penghalang cita-cita besarmu, cobalah lebih tenang dan ikuti tips bermanfaat di bawah ini!

1. Selalu miliki rencana cadangan

5 Tips Atasi Rencana yang Gak Sesuai Ekspektasiilustrasi seseorang yang sedang fokus bekerja (pexels.com/MART PRODUCTION)

Memiliki cita-cita yang hendak diwujudkan merupakan hal bagus. Dalam proses realisasi tersebut tentu dibutuhkan berbagai rencana yang berperan selayaknya anak tangga untuk mencapai puncak yang dituju.

Sayangnya, memang tidak semua rencana yang telah disusun rapi bisa berhasil. Terkadang ada berbagai faktor penyebab kegagalan yang tidak bisa kamu hindari.

Oleh sebab itu, selalu memiliki rencana cadangan adalah hal yang penting untuk diperhatikan. Ini akan sangat membantu mengatasi kebingungan bila ternyata rencana pertama tidak berhasil dilaksanakan.

2. Berusaha untuk mencari solusi

5 Tips Atasi Rencana yang Gak Sesuai Ekspektasiilustrasi rekan kerja (pexels.com/MART PRODUCTION)

Ketika kamu tidak memiliki rencana cadangan, sebenarnya itu bukan akhir dari segalanya. Masih ada jalan lain yang bisa kamu tempuh, yaitu segera menyusun rencana baru tersebut.

Bila merasa buntu, cobalah untuk mencari solusi, salah satunya dengan banyak berdiskusi bersama orang yang kompeten, baik itu sahabat, rekan kerja, atau siapa saja. Melalui cara ini, tidak menutup kemungkinan pikiranmu akan lebih terbuka dan kamu mendapatkan ide baru yang cemerlang.

3. Tidak takut untuk mencoba lagi

5 Tips Atasi Rencana yang Gak Sesuai Ekspektasiilustrasi belajar bersama (pexels.com/Zen Chung)

Perlu dipahami bahwa tidak semua keberhasilan dapat diraih hanya dalam satu kali percobaan. Bila kamu punya mimpi besar, wajar jika harus menempuh proses yang rumit dan tidak jarang mengalami kegagalan berkali-kali.

Jika memang tujuan tersebut sangat berharga, jangan pantang menyerah. Cobalah terus hingga berhasil memenuhi ekspektasimu. Keberhasilan yang diraih akan menciptakan kepuasan tersendiri.

Baca Juga: 6 Kebiasaan Ini Buat Kamu Tetap Tenang saat Semua Gak Sesuai Harapan

4. Lakukan evaluasi

5 Tips Atasi Rencana yang Gak Sesuai Ekspektasiilustrasi merenung (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Meskipun telah memiliki rencana yang dirasa matang, memang faktanya kamu masih tetap bisa mengalami kegagalan dalam mencapai sesuatu. Di saat inilah kamu perlu melakukan evaluasi terhadap berbagai hal yang telah dilalui.

Ada kemungkinan kamu melewatkan detail kecil yang penting, atau ada kesalahan dalam eksekusi, dan sebagainya. Koreksi apa saja yang perlu, sehingga akan tercipta rencana yang lebih sempurna dan siap untuk dicoba kembali.

5. Percaya bahwa harapan selalu ada

5 Tips Atasi Rencana yang Gak Sesuai Ekspektasiilustrasi seseorang yang merasa bahagia (unsplash.com/Eli DeFaria)

Terakhir, bila kamu merasa tidak beruntung karena harus menemui kegagalan, segeralah beristirahat. Ambil jeda sejenak untuk menghapus duka dan mengisi tenaga agar pikiran tetap jernih dan terbuka.

Percayalah, harapan akan selalu ada bagi mereka yang pantang untuk menyerah. Oleh sebab itu, singkirkan rasa takut dan beranikan diri untuk mencoba lagi. Miliki keyakinan bahwa suatu saat nanti impian besarmu tersebut akan benar-benar menjadi kenyataan.

Perlu dipahami bahwa memang kenyataannya hidup tidak selalu sesuai dengan ekspektasi, meskipun sudah diusahakan dengan baik. Namun, jangan jadikan ini sebagai halangan untuk terus berusaha mewujudkan mimpi. Bila kamu tidak mudah menyerah, harapan itu akan bisa jadi kenyataan. Semangat!

Baca Juga: Jangan Cepat Resign, Coba 5 Hal Ini jika Kerjaan Gak Sesuai Ekspektasi

Ratna Kurnia Ramadhani Photo Verified Writer Ratna Kurnia Ramadhani

Manusya mriga satwa sewaka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya