Comscore Tracker

5 Keuntungan Memulai Wiraswasta di Usia Muda, Berani Berinovasi

Jangan sia-siakan kesempatan, ya!

Sebagai anak muda, kamu tentu dihadapkan dengan berbagai pilihan karier yang ada di depan mata. Setiap pekerjaan tersebut pasti punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing, sehingga kamu perlu menyesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki.

Jika kamu ada ketertarikan untuk berwiraswasta, jangan abaikan kesempatan itu. Tidak dimungkiri, memang akan muncul keraguan dan ketakutan karena harus berjuang lebih keras dari pada memilih untuk menjadi karyawan atau mengabdi pada negara, tetapi justru di situ potensi dirimu akan ditempa.

Supaya lebih yakin, berikut keuntungan yang akan kamu dapatkan jika berani memulai usaha di usia muda.

1. Semangat masih membara

5 Keuntungan Memulai Wiraswasta di Usia Muda, Berani Berinovasiilustrasi presentasi (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Usia muda adalah masa di mana semangat masih sangat membara. Energi yang melimpah tersebut butuh disalurkan dengan cara yang tepat agar bisa memberikan dampak positif yang berguna untuk kehidupan, salah satunya adalah membangun usaha.

Bila ada keinginan untuk memulai usaha selagi muda, carilah cara untuk mewujudkan impian tersebut. Kumpulkan referensi, belajar dari banyak ahli, dan mulai eksekusi. Kamu akan mendapat banyak pengalaman berharga saat merasakan jatuh bangun membangun usaha tersebut.

2. Banyak waktu untuk belajar dan berinovasi

5 Keuntungan Memulai Wiraswasta di Usia Muda, Berani Berinovasiilustrasi memilih pakaian (pexels.com/Ksenia Chernaya)

Anak-anak muda biasanya punya kreativitas tanpa batas. Banyak pemikiran-pemikiran menarik yang dirasa mustahil bagi orangtua, tetapi bisa diwujudkan dengan berbagai cara oleh generasi muda tersebut.

Jika terjun ke dunia usaha di usia belia, bukan tidak mungkin akan lebih sukses suatu hari nanti karena kesempatan untuk berinovasi terbuka lebar. Anak muda akan menemukan berbagai cara untuk keluar dari permasalahan, sehingga usaha bisa tetap berjalan dan semakin berkembang.

Baca Juga: Jangan Diremehkan, Ini 8 Hal yang Cuma Dimiliki Pacar Wiraswasta

3. Risiko belum terlalu besar

5 Keuntungan Memulai Wiraswasta di Usia Muda, Berani Berinovasiilustrasi rencana bisnis (pexels.com/Anastasia Shuraeva)

Memang harus diakui bahwa tidak semua bisnis akan berhasil pada percobaan pertama. Namun, membangun usaha di usia muda, apalagi dalam kondisi masih lajang, seharusnya akan menghadapi risiko kerugian yang lebih kecil.

Orang yang masih muda sering kali hanya menanggung hidupnya sendiri sehingga jika menemui kegagalan, dampak terbesar hanya akan dirasakan seorang diri. Berbeda ketika memulai bisnis saat sudah berkeluarga, karena jika rugi, maka banyak orang yang turut merasakan akibatnya.

4. Bisa menabung dalam jangka waktu yang lama

5 Keuntungan Memulai Wiraswasta di Usia Muda, Berani Berinovasiilustrasi uang tunai (pexels.com/Alexander Mils)

Ketika berhasil membangun bisnis di usia belia, kamu bisa memperoleh penghasilan dan mulai menabung sedini mungkin. Bila terus konsisten, maka tidak mustahil bahwa kamu akan mampu mengumpulkan uang dalam jumlah besar yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan.

Selama usaha terus berjalan, kamu akan tetap bisa mengisi tabungan. Hasilnya, kamu akan mampu memiliki dana pensiun dengan jumlah besar untuk menjelang hari tua nanti.

5. Kesempatan pensiun dini lebih besar

5 Keuntungan Memulai Wiraswasta di Usia Muda, Berani Berinovasiilustrasi bersantai di rumah (pexels.com/Mikhail Nilov)

Keuntungan membangun usaha sejak usia muda bisa membuatmu bekerja dengan penuh semangat. Kamu terpacu untuk mencapai berbagai target yang bisa membuat bisnismu semakin berkembang dan memberikan banyak penghasilan.

Dengan banyaknya uang yang berhasil dikumpulkan di usia muda, memberikanmu kesempatan untuk mengambil pilihan berupa pensiun dini. Tentu hal ini tidak akan bisa dinikmati oleh semua orang, sehingga kesempatan yang baik tersebut jangan dibuang begitu saja.

Usaha keras yang kamu lakukan sejak muda akan menuai hasil membanggakan. Kamu bisa pensiun lebih awal dan menikmati hidup dengan penuh rasa syukur dan hati yang bahagia.

Berkarier dengan membangun usaha di usia muda bukanlah sesuatu yang mudah. Namun, dengan semangat, kerja keras, dan doa yang selalu dipanjatkan, tentu akan menghasilkan sesuatu yang hebat. Jadi, jangan takut untuk memaksimalkan potensi diri di usia mudamu, ya!

Baca Juga: 5 Tips Perbaiki Pola Hidup, agar Karier Gak Meredup

Ratna Kurnia Ramadhani Photo Verified Writer Ratna Kurnia Ramadhani

Manusya mriga satwa sewaka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya