Comscore Tracker

6 Hal yang Perlu Disiapkan sebelum Memutuskan Berwirausaha

Butuh persiapan matang agar gak berantakan di tengah jalan

Memiliki bisnis pribadi dan menjadi bos bagi diri sendiri memang terdengar menyenangkan. Tidak heran, banyak orang yang tergiur untuk berhenti dari pekerjaan yang telah ditekuni selama ini guna memulai usaha sendiri.

Namun, jika dipikirkan lebih detail, ternyata merintis usaha tidak semudah membalik telapak tangan. Dibutuhkan berbagai perencanaan matang yang sudah harus tersusun rapi sejak sebelum proses membangun bisnis dimulai.

Jika kamu adalah salah satu calon wirausahawan tersebut, jangan lupa memastikan untuk menyiapkan hal-hal berikut sebelum memulai bisnis. Yuk, pelajari!

1. Keteguhan hati

6 Hal yang Perlu Disiapkan sebelum Memutuskan Berwirausahailustrasi seseorang yang sedang berpikir (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Membuka bisnis sendiri bukan hal yang mudah. Kamu harus benar-benar yakin dan bekerja keras agar bisnis tersebut tetap berjalan. Namun, meskipun telah melakukan yang terbaik, tidak menjadi jaminan bahwa usaha yang kamu lakukan bisa terhindar dari berbagai risiko yang mengancam keberlangsungan bisnismu.

Oleh sebab itulah, apabila kau memiliki niat untuk berwirausaha, maka harus memiliki keteguhan hati yang tinggi. Renungkan dengan sungguh-sungguh apakah kamu benar sanggup untuk menghadapi segala kemungkinan yang baik atau buruk. Jika sudah mendapat keyakinan, maka kamu bisa mulai untuk membangun usaha.

2. Perencanaan yang matang

6 Hal yang Perlu Disiapkan sebelum Memutuskan Berwirausahailustrasi rencana bisnis (pexels.com/Anastasia Shuraeva)

Setelah meyakinkan diri untuk mendirikan usaha sendiri, saatnya menyusun rencana untuk mengeksekusi mimpi tersebut. Tentukan jenis usaha yang ingin kamu geluti beserta target pasar dan segala inovasinya.

Buatlah strategi yang matang untuk menjalankan segala rencana yang tersusun rapi. Mulailah dengan hati-hati dan bersainglah secara sehat, serta jangan lupa untuk selalu melakukan evaluasi untuk memperbaiki kekurangan.

3. Sumber modal

6 Hal yang Perlu Disiapkan sebelum Memutuskan Berwirausahailustrasi uang (pexels.com/Olia Danilevich)

Modal adalah bagian penting dalam memulai usaha. Semua rencana yang telah kamu rancang sedemikian rupa tidak akan pernah terealisasi tanpa adanya modal yang cukup.

Oleh sebab itu, kamu perlu memikirkan dengan matang sumber dana yang menjadi modal usahamu, apakah tabungan pribadi atau hasil meminjam. Jika meminjam, pastikan mengambil pinjaman dari pihak terpercaya untuk menjamin keamanan usaha.

Baca Juga: 3 Cara Menentukan Target Pasar Sebelum Membuka Bisnis

4. Cara mengatur keuangan

6 Hal yang Perlu Disiapkan sebelum Memutuskan Berwirausahailustrasi mengatur keuangan (pexels.com/Karolina Grabowska)

Ketika usaha sudah berjalan dan kamu sudah mulai mendapatkan hasilnya, kamu tidak boleh lengah dan langsung memanfaatkan uang tersebut untuk bersenang-senang. Pengaturan keuangan yang tidak bijak bisa berdampak buruk pada jalannya usaha yang kamu rintis.

Kamu harus mengatur dengan cermat alur uang hasil usaha. Alokasi utama harus untuk kepentingan bisnis, baru sebagian yang lain bisa kamu simpan sebagai tabungan dan kebutuhan pribadi.

5. Strategi untuk menghadapi rintangan

6 Hal yang Perlu Disiapkan sebelum Memutuskan Berwirausahailustrasi stress dalam bekerja (pexels.com/Karolina Grabowska)

Menjalankan sebuah bisnis tentu saja bukan hanya perkara mencari keuntungan, tetapi juga tentang bagaimana mengatasi hambatan agar usaha tidak berhenti di tengah jalan. Oleh karena itu, kamu harus siap dengan segala kemungkinan terburuk.

Kamu sudah harus memiliki strategi tersendiri untuk menghadapi masalah yang mungkin terjadi di masa depan. Mental juara yang tidak pernah menyerah dan tenang dalam mengatasi naik turun usaha harus dimiliki agar tidak merasa frustrasi ketika ditimpa hambatan.

6. Otak dan tubuh yang siap bekerja 24 jam

6 Hal yang Perlu Disiapkan sebelum Memutuskan Berwirausahailustrasi perempuan yang sedang bekerja (pexels.com/Artem Podrez)

Menjadi pemilik sebuah usaha tentu berbeda dengan seorang karyawan yang bekerja pada orang lain. Sebelum bisa menikmati hasil yang diimpikan, kamu harus siap untuk bekerja keras tanpa kenal waktu.

Menjalankan bisnis pribadi menuntutmu untuk selalu siaga 24 jam. Kamu tidak boleh cepat menyerah karena jalan atau tidaknya usaha tersebut bergantung pada seberapa gigih kamu memperjuangkannya.

Membangun usaha sendiri yang memberikan penghasilan tinggi tentu menjadi impian besar yang ingin diwujudkan oleh sebagian orang. Jika kamu termasuk orang-orang tersebut, jangan lupa untuk selalu belajar dan berusaha, serta berdoa agar usaha yang kamu jalankan bisa menuai hasil memuaskan di masa depan.

Baca Juga: 5 Tips Mengasah Jiwa Wirausaha Anak sejak Kecil, Jadi Lebih Mandiri!

Ratna Kurnia Ramadhani Photo Verified Writer Ratna Kurnia Ramadhani

Manusya mriga satwa sewaka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya