Comscore Tracker

5 Cara Ciptakan Kesan yang Baik di Kantor, bisa Curi Hati Atasan!

Beri kesan baik bukan berarti menjilat, ya

Jangan pernah menganggap remeh kesan yang ditangkap orang lain terhadap dirimu, terutama di tempat kerja. Saat atasan dan rekan kerja menganggap kamu adalah orang yang menyenangkan, profesional dan dapat diandalkan, sedikit banyaknya kariermu akan lebih mudah berkembang. 

Lalu, bagaimana caranya untuk menciptakan kesan yang baik di kantor? Ternyata gak susah, kok. Kamu bisa menerapkan lima tips sederhana berikut ini untuk menciptakan kesan yang baik! 

1. Menjunjung tinggi etika 

5 Cara Ciptakan Kesan yang Baik di Kantor, bisa Curi Hati Atasan!ilustrasi bekerja (pexels.com/Mikhail Nilov)

Tips pertama ini mungkin terdengar sederhana, namun faktanya banyak gak melupakan sopan santun mereka saat berada di kantor. Padahal berperilaku dengan etika akan membantu siapa pun untuk membentuk kesan yang baik. 

Contohnya dalam menggunakan ponsel di tempat kerja, pastikan suara ponsel gak mengganggu rekan yang lain. Contoh kedua, misalnya merapikan meja kerja sebelum pulang dan lainnya yang bersifat dasar. 

2. Bertanggung jawab atas kesalahan

5 Cara Ciptakan Kesan yang Baik di Kantor, bisa Curi Hati Atasan!ilustrasi bekerja (pexels.com/Karolina Grabowska)

Semua orang mungkin pernah melakukan kesalahan di tempat kerja. Perbedaannya ada pada caranya menangani kesalahan yang akan sangat memengaruhi kredibilitasnya di mata rekan dan atasan. 

Jika kamu melakukan kesalahan, kamu harus mengakuinya. Jangan pernah mengabaikannya atau melempar kesalahan ke orang lain. Sebagai seorang profesional kamu harus bertanggung jawab penuh dan mencari jalan penyelesaian untuk memperbaikinya. 

Mungkin atasan akan merasa kesal karena kamu melakukan kesalahan. Tetapi di sisi yang lain dia akan mengetahui bahwa kamu bertanggung jawab atas pekerjaanmu. 

Baca Juga: 5 Kiat Tingkatkan Kinerja di Kantor, Jadi Lebih Produktif

3. Hindari mendiskusikan topik sensitif 

5 Cara Ciptakan Kesan yang Baik di Kantor, bisa Curi Hati Atasan!ilustrasi ngobrol dengan rekan kerja (pexels.com/Gustavo Fring)

Karyawan yang harmonis dan iklim kerja yang tenang tanpa perselisihan adalah keinginan semua pemilik perusahaan. Salah satu cara untuk mewujudkannya adalah dengan gak mendiskusikan topik yang sensitif. 

Agama, politik dan suku adalah beberapa contoh topik yang sebaiknya gak didiskusikan di tempat kerja. Pembicaraan mengenai ini rentan memicu perdebatan dan pertengkaran. Sebaiknya ganti obrolan dengan topik lain yang lebih santai seperti musik, film, kuliner dan lainnya. 

4. Menjaga kebersihan dan kerapihan penampilan 

5 Cara Ciptakan Kesan yang Baik di Kantor, bisa Curi Hati Atasan!ilustrasi bekerja (pexels.com/Anna Shvets)

Karyawan yang baik selalu mengikuti aturan yang ada, contoh sederhananya adalah pakaian. Mungkin kamu gak diharuskan memakai jas, tetapi pastikan kamu mengenakan pakaian yang rapi dan bersih. 

Jika diperbolehkan memakai jeans dan t-shirt, pilih yang kondisinya baik. Jangan lupa untuk memastikan kebersihan, misalnya mandi dan menggunakan deodoran. Tentu saja, ini akan membuat rekan kerja nyaman berada di dekatmu. 

5. Gak memaksakan diri saat sakit

5 Cara Ciptakan Kesan yang Baik di Kantor, bisa Curi Hati Atasan!ilustrasi bekerja dari rumah (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Jika menurutmu memaksakan diri datang ke kantor saat kondisi sedang sakit bisa membuat rekan dan atasan terkesan, maka kamu salah besar. Karyawan yang sakit bukan hanya gak akan produktif, tetapi juga rentan menularkan penyakitnya ke orang lain. 

Jadi, jika kamu sedang mengalami demam, flu atau penyakit lain yang rentan menular, sebaiknya ajukan izin atau ambil cuti. Jika kamu merasa bisa mengendalikannya, sebaiknya kamu meminta izin untuk bekerja dari rumah. 

 

Pada intinya, menciptakan kesan yang baik di kantor hanya membutuhkan tiga aspek utaama yaitu etika, tanggung jawab dan kerapihan penampilan. Sangat mudah, kan? 

Baca Juga: 6 Cara Resign Secara Baik-baik, Tinggalkan Kesan Positif!

Ratumas Ovvy Photo Verified Writer Ratumas Ovvy

Find me on Instagram @ratumasovvy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya