Comscore Tracker

IWF 2021: 8 Tips Gunakan IG Story untuk Melatih Keterampilan Menulis

#IWF2021 Ternyata punya pengaruh besar, lho!

Indonesia Writers Festival 2021 menghadirkan Samuel Ray, seorang Human Resources profesional yang juga content creator sebagai pembicara. Di sesi "The Power of Writing for Your Future Career" yang diadakan pada Senin (25/10), ia membagikan cerita keterampilan menulis sangat dibutuhkan sebagai bekal memasuki dunia kerja. 

Selain itu, Samuel juga memberikan sudut pandang baru untuk melatih keterampilan menulis, yaitu dengan memanfaatkan Instagram Story. Apakah pernah terpikir bahwa kamu bisa menjadi penulis profesional lewat cara ini?

Yuk, kita simak delapan tips memanfaatkan Instagram Story untuk melatih keterampilan menulis ala Samuel Ray berikut ini!

1. Identifikasi pengikut Instagram 

IWF 2021: 8 Tips Gunakan IG Story untuk Melatih Keterampilan MenulisSamuel Ray menjadi pembicara di Indonesia Writers Festival 2021. (YouTube.com/IDN Times)

Sebelum memulai menulis di Intagram Story, Samuel Ray menyarankan untuk mengidentifikasi pengikut. Cari tahu persentase pengikut berdasarkan jenis kelamin, usia, dan minatnya. 

Langkah ini berguna untuk menentukan topik yang akan kamu angkat dalam tulisan. Jika pengikutmu didominasi oleh perempuan, topik seputar kecantikan, hubungan asmara, hingga drama Korea bisa menjadi pilihan. 

2. Cari tahu topik yang sedang viral

IWF 2021: 8 Tips Gunakan IG Story untuk Melatih Keterampilan Menulisilustrasi berita viral (pexels.com/Matheus Bertelli)

Samuel Ray juga menyarankan untuk rutin mengecek kondisi terkini yang terjadi di masyarakat. Cari tahu apa yang tengah hangat diperbincangkan. Rajinlah membaca berita, forum diskusi online, atau bisa juga memanfaatkan fitur Google Trends.  

Biasanya, warganet cenderung mencari tahu informasi mengenai fenomena yang sedang viral. Rasa penasaran ini yang harus kamu manfaatkan untuk menentukan konten. Kamu juga bisa membuatnya menjadi format diskusi dengan menambah sudut pandang pengikutmu.

3. Bagikan konten yang bermanfaat dan relateable

IWF 2021: 8 Tips Gunakan IG Story untuk Melatih Keterampilan MenulisSamuel Ray menjadi pembicara di Indonesia Writers Festival 2021. (YouTube.com/IDN Times)

Dalam satu waktu, tentu ada banyak hal yang terjadi di dunia ini. Namun, gak semua hal harus kamu jadikan konten tulisan, pilihlah yang dirasa berguna dan relateable bagi orang banyak. 

Saat orang-orang tertarik dengan konten Instagram Story-mu, kemungkinan besar mereka bersedia membagikannya. Dengan cara ini, tulisanmu akan tersebar luas, dan lama-kelamaan, personal branding akan terbangun di akun media sosialmu. 

4. Konten yang menghibur 

IWF 2021: 8 Tips Gunakan IG Story untuk Melatih Keterampilan Menulisilustrasi Instagram (pexels.com/cottonbro)

Konten yang kamu tulis di Instagram Story gak harus selalu bersifat informatif atau edukatif. Kamu juga diperbolehkan membagi tulisan receh yang menggelitik. 

Coba perhatikan dalam beberapa tahun terakhir ini, ada banyak sekali selebgram bermunculan dengan image lucunya. Begitu pula dengan akun meme yang kian menjamur. Ingat, media sosial itu sifatnya memang ringan dan santai. 

Baca Juga: IWF 2021: Pentingnya Menulis untuk Karier Masa Depan bagi Samuel Ray

5. Bagikan pengalaman pribadimu

IWF 2021: 8 Tips Gunakan IG Story untuk Melatih Keterampilan MenulisSamuel Ray menjadi pembicara di Indonesia Writers Festival 2021. (YouTube.com/IDN Times)

Gak semua orang jago menulis, namun semua orang mempunyai cerita yang gak dialami oleh orang lain. Paling penting, setiap pengalaman gak bisa diremehkan. 

Saat kamu kehabisan ide untuk ditulis, mengapa gak coba  untuk menulis tentang hal yang kamu alami sendiri? Misalnya, pengalamanmu menggunakan transportasi umum, kisah masa kecil, atau cerita liburan. 

Menceritakan pengalaman pribadi membantumu untuk lebih luwes dalam menulis. Jika dikemas dengan apik, cerita sederhana pun bisa menjadi menarik. 

6. Buang jauh rasa minder

IWF 2021: 8 Tips Gunakan IG Story untuk Melatih Keterampilan Menulisilustrasi Instagram (pexels.com/energepic.com)

Pernahkah merasa minder untuk menulis suatu topik, karena kamu bukan seorang ahli? Mulai sekarang, coba untuk membuang rasa malu ini, ya! 

Gak semua orang ahli dan menguasai bidang tertentu. Ada pula yang sama sekali belum tahu dan ingin tahu. Inilah yang berpotensi menjadi target pembacamu.

Lagi pula, tiap orang mempunyai cara penyampaian yang berbeda. Siapa tahu gaya tulisanmu lebih informatif dan dapat diterima oleh pembaca, kan? 

7. Manfaatkan fitur question

IWF 2021: 8 Tips Gunakan IG Story untuk Melatih Keterampilan Menulisilustrasi Instagram (pexels.com/Lisa)

Sudah tahu kalau Instagram Story mempunyai fitur question, kan? Samuel Ray merekomendasikan untuk menggunakannya di dalam tulisan. Kamu bisa membuat sharing session jadi lebih interaktif karena melibatkan pengikut.

Seperti Samuel yang pernah membahas mengenai gaji karyawan di Instagram Story dan mengajak pengikutnya untuk berpartisipasi melalui kolom question. Efeknya, ia mendapat tambahan ribuan pengikut baru hanya dalam waktu beberapa hari. Luar biasa, kan? 

8. Berbagi bukan berarti menggurui 

IWF 2021: 8 Tips Gunakan IG Story untuk Melatih Keterampilan Menulisilustrasi Instagram (pexels.com/cottonbro)

Apa pun topik yang kamu angkat menjadi tulisan di Instagram Story, apakah itu bidang yang sangat kamu kuasai, ataupun pengalaman pribadimu, bagikan tanpa terkesan menggurui.

Kamu cukup membagikan pandanganmu, tanpa memaksa orang lain untuk setuju. Kalau kamu terlalu menggurui, bisa-bisa pengikutmu menjadi bosan. Jangan sampai ini terjadi.

Tanpa kita sadari, Instagram Story bisa jadi salah satu cara melatih keterampilan menulis. Apalagi media digital memungkinkan kamu untuk melihat respons publik atas sebuah topik, sebelum menulisnya menjadi sebuah buku. Semoga tips yang dibagikan Samuel Ray di Indonesia Writers Festival 2021 bisa membuatmu lebih bijak dalam bermedia sosial, ya!

IDN Times menggelar Indonesia Writers Festival 2021. Acara yang juga dikenal dengan IWF 2021 ini adalah pertemuan independen yang berkomitmen untuk memberdayakan Indonesia melalui bidang menulis. Acara dengan slogan Empowering Indonesians Through Writing ini dilangsungkan mulai 25 hingga 30 Oktober 2021 melalui zoom dan YouTube channel IDN Times.

IWF 2021 sendiri menghadirkan lebih dari 20 pembicara kompeten di berbagai latar belakang seperti Gina S. Noer, AULION, Zarry Hendrik, Kevindra Soemantri, Sri Izzati, dan masih banyak yang lainnya. Simak terus keseruannya di situs idntimes.com, ya!

Baca Juga: IWF 2021: Memanfaatkan Media Sosial untuk Perubahan Sosial

Ratumas Ovvy Photo Verified Writer Ratumas Ovvy

Find me on Instagram @ratumasovvy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya