Comscore Tracker

Bikin Gak Nyaman, 5 Topik Diskusi Ini Harus Kamu Hindari di Kantor

Bahkan bisa membuat orang berpikiran lain, lho! 

Membangun kedekatan di tempat kerja memang penting, karena itu berpengaruh pada kenyamananmu dalam bekerja. Kamu mungkin akan kesulitan bekerja sama dengan orang yang sama sekali terasa asing, kan? 

Namun, kamu juga harus ingat ada beberapa topik yang sebaiknya kamu hindari. Membicarakan topik sensitif bisa membuat rekan kerja gak nyaman atau bahkan memengaruhi penilaian mereka terhadapmu. Apa saja topik diskusi yang sebaiknya kamu hindari di tempat kerja? Berikut ulasannya! 

1. Agama

Bikin Gak Nyaman, 5 Topik Diskusi Ini Harus Kamu Hindari di Kantorilustrasi ngobrol dengan rekan kerja (pexels.com/Thirdman)

Keimanan adalah hal yang pribadi. Hindari membahas agama di tempat kerja karena banyak orang sensitif tentang hal ini. 

Gak semua orang beribadah dengan cara yang sama. Menyampaikan pendapat negatif mengenai keyakinan orang lain berpotensi menimbulkan perselisihan. 

Kamu gak perlu merahasiakan apa agamamu, tentu saja kamu boleh menyebutkan hal-hal yang kamu lakukan untuk merayakannya. Tetapi jangan pernah mencoba membujuk rekan kerja untuk pindah ke agama yang kamu anut. 

2. Politik 

Bikin Gak Nyaman, 5 Topik Diskusi Ini Harus Kamu Hindari di Kantorilustrasi ngobrol dengan rekan kerja (pexels.com/Thirdman)

Topik kedua yang harus kamu hindari di tempat kerja adalah politik. Pembicaraan ini bisa menyebabkan emosi berkobar dan membuat hubungan menjadi buruk bukan hanya berlaku di kantor, tetapi juga keluarga dan teman lainnya. 

Bahkan bila kamu merasa memiliki argumen kuat tentang partai atau kandidat yang kamu dukung, sebaiknya jangan mencoba mempengaruhi rekan kerja. Gak ada gunanya berdebat mengenai politik karena kamu akan menghabiskan banyak waktu di tempat kerja dan berdampingan dengan rekan di banyak urusan. 

Baca Juga: 6 Penyebab Orang Merasa Tidak Dihargai di Kantor, Lama-lama Lelah!

3. Kehidupan seksual 

Bikin Gak Nyaman, 5 Topik Diskusi Ini Harus Kamu Hindari di Kantorilustrasi ngobrol dengan rekan kerja (pexels.com/RODNAE Productions)

Jangan pernah membahas detail hubungan seksual di kantor. Gak ada alasan bagi siapa pun untuk mengetahui apa yang terjadi antara kamu dan pasangan di ranjang. 

Topik ini bisa membuat rekan kerjamu gak nyaman. Bisa saja dia dikemudian ini menimbulkan pikiran-pikiran aneh hingga tindakan pelecehan seksual. Kamu tentunya gak menginginkan ini, kan? 

4. Masalah keluarga 

Bikin Gak Nyaman, 5 Topik Diskusi Ini Harus Kamu Hindari di Kantorilustrasi ngobrol dengan rekan kerja (pexels.com/Los Muertos Crew)

Menceritakan masalah keluarga bisa menyebabkan orang-orang di kantor bertanya-tanya apakah ini akan memengaruhi kinerjamu dalam bekerja. Bahkan walaupun sebenarnya kamu tahu ini gak memengaruhimu. 

Di sisi lain masalah ini bisa saja menjadi rumor dan berkembang menjadi gosip. Bila kamu adalah seorang atasan yang menceritakan masalah pribadi ke anggota tim, mereka mungkin akan melihat ini sebagai titik lemah yang bisa dimanfaatkan. 

5. Rencana karier dan ambisi

Bikin Gak Nyaman, 5 Topik Diskusi Ini Harus Kamu Hindari di Kantorilustrasi ngobrol dengan rekan kerja (pexels.com/Gustavo Fring)

Kamu boleh menggunakan pekerjaanmu saat ini sebagai batu loncatan untuk karier yang lebih baik. Gak ada yang salah dengan niat ini selagi kamu menyimpannya untuk diri sendiri. 

Memnicarakan rencana karier dan ambisimu dapat membuat atasan dan rekan mempertanyakan loyalitasmu. Jika kamu ingin lebih baju, cukup selesaikan pekerjaanmu saat ini dengan baik. 

Kamu tetap bisa saling mengenal rekan kerja dengan topik-topik lain seperti film, musik, kuliner dan topik lain yang bersifat umum. Ini adalah contoh topik aman yang gak berpotensi menimbulkan perselisihan. 

Baca Juga: 6 Cara Lakukan Komunikasi Efektif di Kantor, Hindari Miskom!

Ratumas Ovvy Photo Verified Writer Ratumas Ovvy

Find me on Instagram @ratumasovvy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya