Comscore Tracker

5 Pilihan Utama yang Bisa Kamu Lakukan sudah Lulus Kuliah

Menentukan masa depanmu, lho #IDNTimesLife

Banyak sekali dari kalian sedang mengalami kesulitan setelah lulus dari kuliah. Perjalanan kalian selama empat tahun justru berakhir dengan banyak sekali pro dan kontra dalam mencari sumber penghasilan utama.

Kalian harus berpikir cepat dalam menentukan keputusan yang tepat agar waktu kalian dapat digunakan dengan efektif. Berikut ini ada lima pilihan utama yang bisa kalian jadikan acuan ketika sudah lulus kuliah.

1. Kamu bisa memulai sebagai freelancer

5 Pilihan Utama yang Bisa Kamu Lakukan sudah Lulus Kuliahilustrasi pria sedang bekerja (unsplash.com/@jessekao)

Sebagai seorang fresh graduate, pada umumnya banyak sekali kanal yang menawarkan pekerjaan secara online dari rumah. Apalagi, keadaan seperti sekarang ini mengharuskan banyak orang untuk bekerja tetap dari rumah.

Kamu bisa mencari laman tertentu yang sekiranya cocok dengan passion kamu di dunia pekerjaan. Orang yang bekerja sebagai freelancer disebut juga sebagai self-employed dengan penghasilan tak terbatas.

2. Mencari magang yang sesuai dengan passion kamu

5 Pilihan Utama yang Bisa Kamu Lakukan sudah Lulus Kuliahilustrasi wanita menulis (unsplash.com/@kyledevaras)

Magang setelah lulus kuliah bisa kamu tekuni lebih lanjut di beberapa perusahaan besar. Pengalaman penting tersebut akan membuat mentalmu semakin terasah dengan baik dalam beradaptasi di dunia pekerjaan.

Kamu juga bisa mencari passion yang paling sesuai dengan karakteristik dan motivasi dirimu dalam bekerja. Kamu juga akan mendapat banyak relasi yang siap menghubungimu kapan saja.

3. Tingkatkan skill dengan melanjutkan studi 

5 Pilihan Utama yang Bisa Kamu Lakukan sudah Lulus Kuliahilustrasi wanita memilih buku (unsplash.com/@eliabevces)

Setelah lulus kuliah, biasanya ada banyak sekali mahasiswa yang ingin melanjutkan studi berikutnya. Jika kamu memiliki dana yang besar, kamu bisa mengambil kursus atau mengambil gelar magister untuk menambah peluang karier semakin tinggi.

Kamu akan memahami berbagai tesis yang diusung oleh beberapa ahli sehingga membuat dirimu semakin dewasa dalam menentukan solusi dari beragam permasalahan. Hal ini juga berpotensi membuat dirimu mudah untuk masuk dalam jabatan eksekutif pada suatu perusahaan.

Baca Juga: 7 Fase Berat yang Akan Kamu Lalui Pasca Lulus Kuliah, Seperti Apa?

4. Langsung mencari kerja di perusahaan

5 Pilihan Utama yang Bisa Kamu Lakukan sudah Lulus Kuliahilustrasi pekerja kantoran (unsplash.com/@anniespratt)

Sebagai seorang lulusan baru, kamu juga bisa mencari pekerjaan tetap di suatu perusahaan. Meskipun kamu diterima pada perusahaan kelas menengah, jangan putus asa dan ambil pelajaran penting di perusahaan tersebut.

Kamu harus mengambil banyak pengalaman khusus yang orang lain belum miliki hingga sekarang. Pada saat dirimu sudah berhasil mencapai apa yang kamu inginkan, kamu bisa melamar ke jenjang yang lebih tinggi di perusahaan besar.

5. Memulai bisnis kecil 

5 Pilihan Utama yang Bisa Kamu Lakukan sudah Lulus Kuliahilustrasi pria berbicara (pexels.com/@wildlittlethingsphoto)

Ilmu yang sudah kamu dapatkan semasa berkuliah justru bisa kamu maksimalkan dalam bisnis kecilmu. Kamu bisa merintis dari awal dan berjuang untuk mendapatkan banyak keuntungan dari sekarang.

Tak lupa juga bahwa merintis bisnis itu bukanlah hal yang mudah. Ada banyak orang yang gagal karena sulit bertahan dalam kondisi kritis karena keuntungan yang tak sepadan dengan pengeluaran.

Setiap orang pasti ingin mencapai tujuan utamanya masing-masing. Mereka memiliki berbagai masalah yang harus diselesaikan secara cepat sehingga apa yang diinginkan dapat terlaksana dengan sempurna.

Baca Juga: 5 Hal Penting yang Harus Dipersiapkan Sebelum Lulus Kuliah, Catat!

Reinhart Ignasius Photo Verified Writer Reinhart Ignasius

Biasalah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya