Comscore Tracker

5 Cara Menarik agar Kamu Memberi Kesan Persuasif dalam Dunia Kerja

#IDNTimesLife Sebagai motor penggerak perusahaan

Seni psikologis dalam dunia pekerjaan memang sangat luas. Kamu tentu tidak akan menemukan angka yang pasti dalam menentukan suatu sikap yang tepat sebagai pekerja kantoran.

Kamu memerlukan adaptasi dalam mengembangkan proyeksi masa depan yang lebih baik. Sikap persuasif harus ditingkatkan dengan upaya yang jauh lebih besar dampaknya kepada perusahaan dengan beberapa cara menarik berikut ini.

1. Punya persiapan yang sangat matang

5 Cara Menarik agar Kamu Memberi Kesan Persuasif dalam Dunia Kerjailustrasi wanita merenung (pexels.com/@shvetsa)

Kamu harus mempunyai langkah-langkah yang benar dan tepat dalam mempersiapkan suatu presentasi di hadapan rekan kerja atau atasan. Tak boleh ada kesalahan besar dalam membicarakan suatu tugas besar yang menyangkut reputasimu di masa depan.

Pikirkanlah secara matang dan jangan terpengaruh akan adanya intervensi dari luar. Kamu harus menjadi pribadi yang independen dengan berpegang teguh pada keyakinan yang kuat sehingga memberikan dampak positif di dunia kerja.

2. Selalu mementingkan kredibilitas dengan bukti yang konkret

5 Cara Menarik agar Kamu Memberi Kesan Persuasif dalam Dunia Kerjailustrasi wanita merenung (pexels.com/@olly)

Dalam menyampaikan suatu argumen, seseorang harus memiliki bukti yang konkret agar argumennya dapat dipercaya banyak orang. Kamu tentu harus mengambil sikap dan langkah yang tepat agar lawan bicaramu tertarik dengan ucapanmu.

Kredibilitas yang tinggi akan membuat seseorang sangat percaya kepada hasil kinerjamu yang memuaskan. Kamu akan dikenal sebagai orang yang memiliki integritas yang kuat dalam memajukan perusahaan.

3. Selalu berpacu pada kata kunci dalam memotivasi

5 Cara Menarik agar Kamu Memberi Kesan Persuasif dalam Dunia Kerjailustrasi wanita sedang memandang (pexels.com/@olly)

Biasanya, orang-orang akan selalu berpendapat secara panjang dan kurang masuk akal. Mereka berbicara secara cepat dan bertele-tele sehingga kurang memuaskan bagi lawan bicaranya.

Sebisa mungkin dirimu harus berpacu pada kata kunci yang tepat sehingga banyak kalimat yang bisa diungkapkan secara khusus. Kamu tak akan kerepotan karena pikiranmu sudah terisi dengan kata kunci yang penuh makna.

Baca Juga: 5 Cara Penting untuk Membangun Sikap Proaktif dalam Dunia Kerja

4. Selalu berpikir logis dalam menyampaikan argumen

5 Cara Menarik agar Kamu Memberi Kesan Persuasif dalam Dunia Kerjailustrasi wanita berbicara (pexels.com/@olly)

Berpikirlah secara logis sehingga orang lain akan menghormati pendapatmu secara penuh. Kamu akan dikenal sebagai sosok yang brilian dengan gagasan yang penuh visi dalam mengembangkan prinsip perusahaan yang berkelanjutan.

Kamu harus memiliki gaya berpikir yang cepat dan berkembang agar atasan dapat terus mempercayakan hasil karyamu dengan sebaik mungkin. Kamu tak akan kesulitan dalam meminta referensi dari atasanmu kedepannya.

5. Lebih percaya diri dalam berpendapat

5 Cara Menarik agar Kamu Memberi Kesan Persuasif dalam Dunia Kerjailustrasi wanita berbicara dalam ruang diskusi (pexels.com/@cottonbro)

Sikap percaya diri yang tinggi membuktikan betapa persuasifnya seseorang dalam berpendapat. Mereka mempunyai kontrol emosi yang baik sehingga orang lain akan terpengaruh dalam setiap pembahasan yang telah mereka buat.

Setiap kata yang sudah kamu bicarakan akan memancing perhatian dan tindakan dari beberapa kolegamu. Kamu bisa menggunakan kalimat yang bersifat inklusif seperti ajakan agar lawan bicaramu tertantang untuk berpartisipasi dalam mewujudkan gagasanmu di masa depan. 

Semua orang bisa menjadi pribadi yang persuasif di lingkungan kerja. Kamu tentu bisa melakukannya dengan menjalankan langkah-langkah di atas sebagai acuan yang benar untuk kamu terapkan di masa depan.

Baca Juga: 7 Tren Kerja Hybrid yang Perlu Kamu Tahu, Kerja Jarak Jauh Fleksibel!

Reinhart Ignasius Photo Verified Writer Reinhart Ignasius

Biasalah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya