Comscore Tracker

5 Konsekuensi yang Akan Dihadapi Jika Kamu Menutup Diri di Dunia Kerja

Bisa berpengaruh terhadap peluang kariermu di masa depan

Banyak pekerja di kota-kota besar mengalami masalah dengan rekan kerjanya. Mereka sulit untuk bekerja sama sebagai tim untuk menyelesaikan masalah. Ada juga yang selalu tertutup dan tak pernah menceritakan kendala yang sedang ia hadapi di dunia profesional.

Kebanyakan dari mereka bersikap eksklusif dan merasa sulit untuk mendapatkan kebenaran. Tak disangka, hal itu justru berdampak negatif untuk masa yang akan datang. Mereka akan sulit mencari jati dirinya secara penuh. Yuk, mari kita simak akibat buruk karena kurangnya interaksi dalam dunia kerja!

1. Koneksi akan semakin sempit

5 Konsekuensi yang Akan Dihadapi Jika Kamu Menutup Diri di Dunia Kerjailustrasi pria sedang berdiskusi (unsplash.com/@cardmapr)

Seorang pekerja yang memiliki jam terbang tinggi tentu memiliki banyak koneksi, baik dari luar maupun dari dalam tempat kerjanya. Mereka terbiasa dalam menangani berbagai masalah internal kantor secara keseluruhan.

Jika interaksi antar rekan kerja tidak berjalan dengan baik, maka ruang untuk menambah koneksi akan semakin sempit dan tak ada ekspansi penuh di masa yang akan datang. Akibatnya, kita akan sulit untuk meraih promosi jabatan ataupun kenaikan gaji karena tak ada penilaian khusus dari rekan kerja.

2. Tak ada rasa kepercayaan dalam sesama rekan kerja

5 Konsekuensi yang Akan Dihadapi Jika Kamu Menutup Diri di Dunia Kerjailustrasi wanita berbicara (pexels.com/@liza-summer)

Hubungan dengan rekan kerja yang solid tentu memberikan dampak positif dalam setiap masalah yang dihadapi. Mereka tak akan ragu membantu jika salah satunya mengalami kesulitan dalam pekerjaan. Lain halnya jika hubungan tak terjalin dengan baik. Kamu dan rekan kerja akan sulit percaya dengan satu sama lain. 

Kurangnya kepercayaan ini akan membuat dirimu sendiri sulit untuk menyelesaikan masalah. Banyak tugas yang tertunda dan terlambat untuk dilaporkan kepada atasan sehingga menyebabkan konflik dalam perusahaan.

Baca Juga: 7 Tren Kerja Hybrid yang Perlu Kamu Tahu, Kerja Jarak Jauh Fleksibel!

3. Menambah potensi konflik yang terjadi dalam perusahaan

5 Konsekuensi yang Akan Dihadapi Jika Kamu Menutup Diri di Dunia Kerjailustrasi wanita dan pria sedang berdebat (pexels.com/@alex-green)

Konflik yang terjadi karena dirimu yang sulit untuk berinteraksi kepada sesama akan membuat posisimu di perusahaan semakin terancam. Atasan tentu akan melakukan konseling seputar rekan kerja di dalam kantor. Mereka akan mengusahakan penuh terkait masalah yang sedang kamu hadapi.

Tentu sosialisasi yang baik akan berguna bagi progres terbaik kantor di masa yang akan datang. Kamu tidak perlu takut untuk menceritakan berbagai kendala yang terjadi selama kamu bekerja di perusahaan tersebut.

4. Komunikasi antar sesama semakin sulit

5 Konsekuensi yang Akan Dihadapi Jika Kamu Menutup Diri di Dunia Kerjailustrasi wanita berbicara (pexels.com/@tim-douglas)

Untuk menceritakan berbagai kendala yang sedang kamu hadapi, komunikasi akan sangat penting. Jika ini tak dilakukan, tidak akan ada jalan keluar untuk menyelesaikan masalah internal perusahaan. Kamu akan semakin sulit untuk berinteraksi dengan rekan kerja. Hubungan pun kian canggung jika hal ini tak segera diatasi.

5. Tak ada kesempatan untuk membangun reputasi

5 Konsekuensi yang Akan Dihadapi Jika Kamu Menutup Diri di Dunia Kerjailustrasi wanita sedang menelpon (pexels.com/@liza-summer)

Reputasi itu datang ketika seseorang memberikan penilaian positif kepada dirimu. Sebelum itu, mereka harus terlebih dahulu mengetahui kelebihan dalam bekerja dan menyelesaikan tugas secara profesional.

Jika reputasimu baik, maka kesempatan karier akan semakin terbuka, contohnya melalui promosi ataupun kenaikan gaji. Hal itu akan menambah loyalitas dalam dunia pekerjaan akan semakin besar. Sebaliknya, jika kamu selalu menutup diri dan tak mau berkomunikasi dengan rekan kerja, hal ini akan sulit terjadi. 

Interaksi menjadi suatu kunci keberhasilan bagi perusahaan untuk memperlebar peluangnya di masa depan. Maka dari itu, berusahalah untuk membuka diri dan berinteraksi sebaik dan seprofesional mungkin dengan rekan kerja. 

Baca Juga: 5 Tips Menjalin Hubungan Jangka Panjang, Waktunya Gak Main-main!

Reinhart Ignasius Photo Verified Writer Reinhart Ignasius

Biasalah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya