Comscore Tracker

5 Kantor Ini Punya Arsitektur Super Megah, Karyawan Pasti Betah! 

Saat kantor menjadi bagian dari branding perusahaan

Bagi perusahaan-perusahaan ini, kantor sudah menjadi bagian dari identitas brand yang harus dijaga prestige-nya. Desain kantor pun dibuat sekeren dan semegah mungkin.

Ada banyak sekali kantor-kantor yang dibangun dengan arsitektur unik dan penuh akan value perusahaan lewat tampilan eksterior dan interiornya. Lima contoh kantor di bawah ini adalah beberapa yang terbaik. Pasti karyawannya sangat betah kerja di sana. Penasaran kantor apa saja? Berikut ulasannya.

1. Amazon 

5 Kantor Ini Punya Arsitektur Super Megah, Karyawan Pasti Betah! Amazon Spheres (archdaily.com)

Amazon Spheres, terletak di Seattle, Washington, Amerika Serikat. Dilansir dari laman seattle spheres, Spheres adalah hasil dari pemikiran inovatif tentang karakter tempat kerja dan percakapan panjang tentang apa yang biasanya hilang dari kantor perkotaan, berhubungan langsung dengan alam. Spheres adalah rumah bagi lebih dari 40.000 tanaman dari kawasan hutan hujan di lebih dari 30 negara.

Bangunan ini memiliki struktur utama berupa tiga kubah kaca. Dirancang oleh perusahaan NBBJ, Spheres mencakup lebih dari 620 ton baja dan 2.643 panel kaca. Terdapat kebun raya yang dirancang sebagai bagian dari kantor pusat kota Amazon yang sedang berkembang. Idenya adalah untuk menumbuhkan ruang kantor yang menumbuhkan koneksi ke dunia alami dengan desain biofilik.

2. Google 

5 Kantor Ini Punya Arsitektur Super Megah, Karyawan Pasti Betah! Googleplex (archdaily.com)

Berbasis di Mountain View, Googleplex adalah kantor ikonik yang memberikan reputasi inovasi kepada Google. Yang menggabungkan ruang komunal dan area kerja pribadi, memberi karyawan akses ke segala hal mulai dari lounge dengan meja biliar dan video game hingga kolam renang lintasan, pusat kebugaran, dan studio yoga.

Bangunan yang diperkirakan menghabiskan dana sebesar $3 miliar ini, dirancang oleh arsitek Clive Wilkinson, yang memberikan citra Google sebagai perusahaan penuh warna dan menyenangkan, dimana semuanya tentang kerja sama tim serta memberi karyawan cukup ruang dan waktu untuk berkembang secara kreatif.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Kerja Cerdas Lebih Asyik daripada Kerja Keras

3. Apple 

5 Kantor Ini Punya Arsitektur Super Megah, Karyawan Pasti Betah! Apple Park (unsplash.com/Carles Rabada)

Apple Park, Bangunan yang memiliki bentuk seperti pesawat luar angkasa ini didirikan di lahan seluas 175 hektar. Terletak di Cupertino, California, menghabiskan dana lebih dari USD 5 miliar, Apple Park menjadi salah satu bangunan termahal di dunia.

Dibayangkan oleh Steve Jobs sebagai pusat kreativitas dan kolaborasi, Apple Park mengubah bermil-mil hamparan aspal menjadi surga ruang hijau di jantung Lembah Santa Clara. Bangunan utama kampus berbentuk cincin seluas 2,8 juta kaki persegi, seluruhnya dilapisi panel kaca lengkung terbesar di dunia.

4. Samsung 

5 Kantor Ini Punya Arsitektur Super Megah, Karyawan Pasti Betah! Samsung Headquarters (nbbj.com)

Sementara Apple telah menggunakan desain pesawat luar angkasa, kantor pusat Samsung di Silicon Valley lebih terlihat seperti Rubik's Cube raksasa. Memiliki 10 lantai dan mampu menampung hingga 2.000 karyawan, serta memiliki ruang gym lengkap, kafetaria, pusat pendidikan, dan zona santai.

Memiliki luas lantai 1,1 juta kaki persegi dan menghabiskan dana senilai $300 juta. Bangunan ini dilapisi logam putih dan kaca bening, untuk mengurangi perolehan panas matahari. podium dibalut warna terakota hangat dan logam yang bersimpati dengan warna tradisional San Jose.

 5. BMW 

5 Kantor Ini Punya Arsitektur Super Megah, Karyawan Pasti Betah! BMW Headquarters (bmw.com)

Berkantor pusat di Munich, Jerman. Bangunan ini telah berfungsi sebagai kantor pusat perusahaan global pembuat mobil Jerman BMW sejak 1973. Dinyatakan sebagai bangunan bersejarah yang dilindungi pada tahun 1999, dan sering disebut sebagai salah satu contoh arsitektur modern paling terkenal di Munich. Renovasi besar-besaran dimulai pada tahun 2004 dan selesai pada tahun 2006.

Eksterior Menara meniru bentuk empat silinder di mesin mobil, dengan bangunan museum mewakili kepala silinder. Memiliki diameter 52,30 meter dan memiliki 22 lantai, Kedua bangunan tersebut dirancang oleh arsitek Austria Karl Schwanzer.

Kelima bangunan kantor di atas mempunyai desain yang megah. Bentuknya pun disesuaikan dengan identitas perusahaan sebagai brand terkemuka di masing-masing sektornya. Jadi pengen kerja di situ, kan?

Baca Juga: 5 Kebiasaan Buruk yang Wajib Kamu Hindari di Kantor, Bahaya!

Riko Aditya Photo Writer Riko Aditya

null

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya