Comscore Tracker

Catat, Ini 5 Alasan Kenapa Bekerja Remote Cocok untuk Millennial

#ANGPOIN Enaknya kerja nggak perlu ngantor!

Millennial memang terkenal milih-milih pekerjaan, mereka ingin mencari pekerjaan yang nyaman dan nggak mengganggu aktivitas atau hobi mereka sehari-hari. Kalau kamu termasuk yang seperti itu, maka kamu bisa mencoba bekerja secara remote.

Apa itu bekerja remote? Bekerja remote adalah pekerjaan yang memungkinkan para pekerjanya untuk bekerja tanpa ke kantor, tanpa bertatap muka langsung dengan atasan, dan dengan waktu yang fleksibel. Kerja remote belakangan ini juga mulai marak diberikan oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia.

Nah, buat kamu yang mulai tertarik dengan pekerjaan remote, 5 hal ini akan menguatkan dirimu untuk semakin mantap memilih pekerjaan remote sebagai pekerjaanmu.

1. Lebih fleksibel dalam mengatur waktu

Catat, Ini 5 Alasan Kenapa Bekerja Remote Cocok untuk MillennialPexels.com/bruce mars

Nongkrong sampai malam dan bangun kesiangan bukan lagi masalah saat kamu bekerja remote, karena pekerjaan ini benar-benar memiliki waktu yang fleksibel. Kamu bisa bekerja di malam hari sampai pagi hari, atau bekerja mulai subuh setelah bangun tidur pun nggak masalah.

Dengan begini kamu lebih mudah mengatur waktu kerjamu sehingga jika kamu ingin melakukan hobi yang hanya bisa dilakukan di jam-jam kerja, kamu akan tetap bisa melakukannya.

Namun sebagai konsekuensinya, kamu harus benar-benar disiplin mengatur waktu karena bekerja remote nggak ada yang mengawasi sehingga terkadang kamu terlena dengan kemerdekaan waktu bekerja sehingga bisa saja pekerjaanmu malah tertunda akibat aktivitas lain. 

Sekadar saran, sebaiknya kamu disiplinkan waktu mana yang paling efektif untuk bekerja dan selalu lakukan pekerjaan remote-mu rutin di jam-jam itu tanpa diganggu aktivitas lainnya.

2. Bebas jenuh dari suasana kantor

Catat, Ini 5 Alasan Kenapa Bekerja Remote Cocok untuk MillennialPexels.com/rawpixel.com

Bagi kamu yang pernah bekerja di kantor akan merasakan betapa jenuhnya melihat ruangan kantor yang begitu-begitu saja, kamu juga bisa bosan bertemu dengan orang yang sama di kantor setiap hari.

Berbeda dengan kerja remote, kamu bisa pilih sendiri di mana kamu akan bekerja. Kamu bisa bekerja di tempat tidurmu, kamu bisa bekerja sambil nongkrong di taman, atau kamu juga bisa bekerja di working space yang saat ini sudah banyak di kota-kota besar.

Kamu juga bisa memilih siapa rekan kerjamu misalnya dengan mengajak teman-temanmu yang juga bekerja remote, freelancer, atau bahkan temanmu yang masih mengerjakan skripsi untuk "ngantor" bareng di working space. Dijamin suasananya nggak ngebosenin!

Baca Juga: 5 Pandangan yang Kamu Terima Saat Menjadi Pekerja Remote di Rumah

3. Bisa dapat gaji lebih banyak

Catat, Ini 5 Alasan Kenapa Bekerja Remote Cocok untuk MillennialPexels.com/Jopwell

Gaji pekerja remote biasanya akan mengikuti standar gaji kota tempat kantor utama perusahaanmu bekerja. Jadi misalnya kamu melamar di perusahaan yang ada di Jakarta, sedangkan kamu tinggal di Jogja, bukan nggak mungkin kamu akan tetap mendapat gaji sesuai standar Jakarta sehingga gajimu akan terasa besar karena biaya hidup di Jogja lebih rendah. 

Belum lagi jika kamu bekerja untuk perusahaan luar negeri, maka gaji yang kamu dapat bisa dalam satuan dolar yang tentu lebih tinggi daripada gaji kerja pada umumnya di Indonesia. Menarik, bukan?

4. Mudah mengembangkan diri di luar pekerjaan

Catat, Ini 5 Alasan Kenapa Bekerja Remote Cocok untuk MillennialPexels.com/rawpixel.com

Dengan waktu yang fleksibel, kamu jadi lebih mudah melakukan hal-hal bermanfaat di luar pekerjaanmu. Misalnya kamu bisa mengikuti seminar yang biasanya diadakan di jam-jam kerja atau kamu bisa mengikuti diskusi yang bermanfaat sehingga relasi juga akan bertambah. Apalagi di usiamu yang masih muda, maka pengembangan diri sangat diperlukan untuk bekal kariermu selanjutnya.

5. Belajar memegang tanggung jawab

Catat, Ini 5 Alasan Kenapa Bekerja Remote Cocok untuk MillennialPexels.com/bruce mars

Meskipun banyak hal enak yang didapatkan saat bekerja remote, tapi pekerja remote sesungguhnya memegang tanggung jawab yang besar terhadap pekerjaannya. Tanpa ada pengawasan langsung oleh pihak atasan, kamu harus bertanggung jawab penuh terhadap pekerjaanmu sendiri.

Jangan sampai kamu mengecewakan perusahaan padahal sudah diberikan kemudahan dalam mengatur sendiri waktu dan tempat untuk bekerja. Ini juga akan melatihmu dalam me-manage tanggung jawab dalam bekerja.

Itulah 5 hal mengapa millennial cocok banget untuk bekerja remote saat ini.

Kamu tertarik bekerja remote juga? Yuk, cari lowongan pekerjaan remote sekarang!

Baca Juga: Lakukan 7 Hal Sederhana Ini Ketika Merasa Jenuh Bekerja

Rijalu Ahimsa Photo Community Writer Rijalu Ahimsa

Member IDN Times Community ini sudah tidak malu-malu lagi menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You