Comscore Tracker

#GreenBeauty 5 Tips Memilih Skin Care Ramah Lingkungan untuk Jaga Bumi

Mulai jaga lingkungan dari produk skin care yang kamu pakai

Sudah jadi kewajiban kita untuk selalu menjaga kelestarian bumi yang sudah lama kita tinggali ini. Tujuannya agar bumi yang kita tinggali ini selalu nyaman dan asri, bukan? Menjaga kelestarian bumi bisa melalui berbagai macam hal, salah satunya juga dengan produk skin care yang kita pakai sehari-hari lho. Wah, bagaimana caranya, ya?

Jika gak benar-benar memilih produk skin care yang baik, produk skin care yang kita pakai ternyata bisa menimbulkan pencemaran lingkungan akibat sampah plastik dari kemasannya, hingga emisi karbon dioksida dari pabrik yang memroduksinya lho. Wah, seram juga, ya!

Nah, bagi kamu yang ingin tetap tampil memesona dengan berbagai produk skin care namun tetap menjaga bumi, kamu bisa mengikuti lima tips memilh skin care ramah lingkungan di bawah ini.

1. Memilih produk skin care yang menggunakan kemasan recycle

#GreenBeauty 5 Tips Memilih Skin Care Ramah Lingkungan untuk Jaga BumiIlustrasi proses recycle (Unsplash/Sigmund)

Salah satu penyebab pencemaran lingkungan adalah penggunaan kemasan plastik yang susah terurai. Semakin banyak kemasan plastik yang digunakan untuk memroduksi produk bisa menyebabkan semakin banyak sampah plastik yang susah terurai dan mengotori lingkungan. Nah, bagi kamu pengguna skin care yang rutin, kamu perlu memilih produk kecantikan yang memerhatikan bahan kemasannya untuk melindungi lingkungan.

Memilih produk yang menggunakan kemasan yang dapat di-recycle menjadi pilihan bijak bagi kamu yang ingin tetap tampil maksimal namun sekaligus ingin menjaga lingkungan dari sampah plastik. Kamu bisa melihat tanda atau label di kemasan produk skin care kamu, apakah terbuat dari plastik yang dapat di-recycle atau tidak, ya!

Jika kamu sudah menemukan produk yang memiliki label tersebut, kamu juga jadi mudah untuk memilah-milah sampah plastik untuk dibuang. Kamu jadi bisa mudah membagi sampah yang dapat di-recycle.

2. Memilih produk skin care yang pabriknya peduli lingkungan

#GreenBeauty 5 Tips Memilih Skin Care Ramah Lingkungan untuk Jaga BumiIlustrasi pabrik produk skin care (Pexels/Alexander Isreb)

Tak hanya berasal dari sampah plastik, lingkungan juga harus dijaga dari emisi karbon dioksida (CO2) yang salah satunya berasal dari asap pabrik. Jika kamu berniat untuk menjaga lingkungan, kamu juga perlu untuk memilih produk kecantikan yang pabriknya peduli terhadap lingkungan.

Kini pabrik-pabrik sudah mulai menyadari bahayanya emisi CO2 bagi lingkungan, sehingga mereka berusaha menekan emisi CO2 yang keluar saat proses produksi produk-produk kecantikan mereka. Selain itu pabrik-pabrik juga perlu mengusahakan untuk menggunakan energi terbarukan sehingga bisa menjadi pabrik yang karbon netral.

3. Menggunakan produk skin care yang prosesnya tidak melakukan kekerasan pada hewan

#GreenBeauty 5 Tips Memilih Skin Care Ramah Lingkungan untuk Jaga BumiIlustrasi cruelty free (pexels/Anna Shvets)

Apa kamu tahu bahwa beberapa produk kecantikan diujicobakan melalui hewan? Ada berapa banyak hewan tak bersalah menjadi korban uji coba produk-produk kecantikan? Namun kamu tidak perlu bingung mencari produk mana yang sudah tidak melakukan uji coba pada hewan dan sudah menetapkan standar ketat agar tidak melakukan kekerasan pada hewan.

Salah satu program internasional yang fokus terhadap masalah ini adalah Cruelty Free International Leaping Bunny. Jika kamu peduli dengan hal ini, kamu patut mencari produk kecantikan yang sudah mendapatkan persetujuan dari program tersebut. Dijamin kamu tak perlu khawatir lagi karena sudah memenuhi kriteria ketat bebas dari kekerasan pada hewan.

Baca Juga: #GreenBeauty 5 Cara Kurangi Limbah Produk Kecantikan dari Rumah

4. Memilih produk skin care yang mendukung gerakan komunitas peduli lingkungan

#GreenBeauty 5 Tips Memilih Skin Care Ramah Lingkungan untuk Jaga BumiIlustrasi peduli lingkungan (pexels/Artem Podrez)

Tak hanya diusahakan dari hal fisik seperti kemasan dan menekan emisi CO2 saja produk-produk kecantikan dapat mencegah pencemaran lingkungan. Namun brand kecantikan juga dapat memiliki andil besar menjaga lingkungan melalui dukungan yang besar terhadap komunitas-komuntias peduli lingkungan yang tersebar di seluruh dunia. Brand-brand kecantikan biasanya akan ikut berdonasi untuk kebutuhan komunitas peduli lingkungan ini agar melancarkan tujuan mulia menjaga lingkungan.

Sehingga kamu juga turut membantu kelancaran dukungan pada komunitas-komunitas peduli lingkungan ini jika menggunakan produk-produk dari brand kecantikan yang juga peduli terhadap kelestarian lingkungan.

5. Melalui Green Beauty Movement, Garnier bisa menjadi pilihan produk skin care ramah lingkungan

#GreenBeauty 5 Tips Memilih Skin Care Ramah Lingkungan untuk Jaga BumiProduk-produk Garnier (instagram.com/garnierindonesia)

Lalu brand kecantikan apa yang bisa kamu pilih untuk sekaligus menjaga lingkungan? Garnier menjadi brand yang menjadi solusi kamu untuk tetap tampil maksimal sekaligus menjaga kelestarian lingkungan. Karena Garnier ternyata menjadi brand kecantikan yang melakukan berbagai cara untuk ikut melestarikan lingkungan.

Garnier melalui kampanye #GarnierGreenBeauty mengakhiri pencarian kamu untuk menemukan brand kecantikan yang peduli akan lingkungan. Jadi kamu tetap tampil memukau dengan merawat diri sekaligus merawat lingkungan.

Garnier di awal tahun 2020 lalu telah memulai kampanye ini dengan langkah menggunakan bahan baru terbarukan yang berasal dari sumber yang berkelanjutan. Menariknya lagi pada tahun 2021 ini semua masker wajah dengan lapisan tisu akan menggunakan bahan yang dapat terurai melalui metode kompos.

Selain itu, kini kamu akan lebih mudah memilah-milah sampah dengan produk-produk Garnier, karena saat ini kemasan Sakura Glow Water-Glow Essence menggunakan 100% plastik yang dapat di-recycle. Botol Micellar Water juga menggunakan 25% plastik recycle. Sehingga kemasan kedua produk tersebut dapat 100% di-recycle lho. Bahkan di tahun 2025 nanti, semua produk Garnier akan dibuat dengan plastik recycle. Wah, peduli lingkungan banget nih!

Gak hanya itu, di tahun 2019 lalu pabrik Garnier sudah mengurangi 84% emisi CO2 dibandingkan tahun 2015, dan rencananya di tahun 2021 ini pabrik Garnier akan karbon netral lho.

Lalu apa Garnier masih menggunakan hewan dalam proses uji cobanya? Ternyata Garnier juga sudah mengantongi persetujuan resmi dari Cruelty Free International lho. Artinya produk-produk Garnier bebas dari kekerasan hewan. Wah, makin cinta sama produk Garnier, bukan?

Selain itu Garnier juga banyak melakukan solidarity sourcing dengan memberdayakan 670 komunitas di seluruh dunia yang rencananya akan terus bertambah jadi 800 komunitas di tahun 2025 nanti. Wah, salut banget deh.

Kini kamu bisa mengambil #onegreenstep untuk tetap pakai skin care namun bisa menjaga kelestarian alam dengan Garnier. #GarnierxIDNTimes juga gak bosen-bosen mengajak kamu untuk mengetahui lebih jauh tentang kampanye Garnier Green Beauty ini dengan mengunjungi link https://www.garnier.co.id/green-beauty. 

Baca Juga: #GreenBeauty 5 Tips buat Kamu yang Mulai Menerapkan Prinsip Zero Waste

Rijalu Ahimsa Photo Verified Writer Rijalu Ahimsa

Member IDN Times Community ini sudah tidak malu-malu lagi menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya