Comscore Tracker

5 Tips Membangun Networking Demi Perkembangan Karier di Marketing

Banyak cara yang bisa kamu coba lho!

Networking skill atau kemampuan membangun jaringan atau hubungan dengan orang lain ini sangat penting dimiliki oleh seorang marketing. Dengan memaksimalkan kemampuan tersebut, seorang marketing akan dapat mengembangkan dirinya dan juga bisa terus mencapai target yang diinginkan.

Karena pentingnya membangun networking skill, berikut beberapa tips yang bisa dicoba demi karier terbaik marketingmu.

1. Buang jauh-jauh perasaan malu dan minder dalam diri 

5 Tips Membangun Networking Demi Perkembangan Karier di MarketingFreepik.com/katemangostar

Membangun hubungan baik dengan banyak orang perlu untuk terlebih dahulu membuang jauh-jauh perasaan malu dan minder dalam diri. Ketika seseorang malu atau pun minder, ia akan terlihat gugup dan tidak percaya diri hingga membuat dirinya merasa tidak bisa maksimal tampil di depan orang lain.

Ketika seorang marketing mempunyai sifat pemalu dan suka minder, ia tidak bisa mampu berhubungan dengan banyak orang yang pastinya dapat merugikan dirinya sendiri.

2. Asah kemampuan komunikasimu dengan baik 

5 Tips Membangun Networking Demi Perkembangan Karier di MarketingUnsplash.com/Campaign Creators

Syarat untuk bisa membangun networking skill adalah dengan bisa mengasah kemampuan komunikasi dengan baik. Komunikasi menjadi salah satu cara membangun kepercayaan orang lain terhadapmu.

Jika orang lain sudah mempercayaimu, akan banyak membawa keuntungan apa lagi ketika kamu dalam posisi sebagai marketing yang memang selalu berhubungan dengan orang banyak.

3. Ikut aktif dalam berorganisasi 

5 Tips Membangun Networking Demi Perkembangan Karier di MarketingFreepik.com/drobotdean

Ikut aktif dalam berorganisasi juga akan membuatmu punya jaringan pertemanan yang luas yang akan juga berdampak baik untuk karier marketingmu ke depan. Secara tidak langsung dengan banyaknya pertemanan kamu akan semakin terbantu dalam upaya memasarkan suatu produk yang kamu punyai.

Dunia marketing tanpa dukungan suatu hubungan yang baik dari banyak orang yang kamu kenal, akan membuatmu kurang bisa maksimal dalam bekerja.

Baca Juga: 5 Alasan Membangun Networking Seluas-luasnya Itu Penting

4. Ikut di berbagai acara sosial dan beberapa komunitas 

5 Tips Membangun Networking Demi Perkembangan Karier di MarketingPixabay.com/josephredfield

Ikut di berbagai acara sosial dan beberapa kominitas juga salah satu cara untuk mengembangkan networking skill yang pasti akan sangat berguna bagi karier marketingmu nantinya.

Dengan ikut di berbagai acara sosial, kamu akan dapat banyak kenalan baru yang akan memperluas jaringan pertemananmu hingga bisa kamu manfaatkan untuk keperluan karier marketingmu ke depan.

5. Aktif di medsos juga perlu dilakukan 

5 Tips Membangun Networking Demi Perkembangan Karier di MarketingUnsplash.com/brookecagle

Di era digital seperti saat ini, dunia marketing bisa saja terbantu dengan bisa memanfaatkan jejaring sosial dalam pelaksanaan kerjanya. Dunia marketing yang syarat akan promosi akan lebih mudah ketika kamu aktif di media sosial.

Media sosial juga dapat kamu jadikan sebagai sarana membangun personal branding yang akan sangat mempengaruri karier marketingmu.

Itulah 5 tips yang biasa kamu coba untuk mengembangkan networking skill yang akan dapat berguna bagi karier marketingmu kedepan. Selamat mencoba!

Baca Juga: Miliki Banyak Relasi, Ini 6 Tips Cerdas Meningkatkan Networking!

Rinda Ratna Dewi Photo Verified Writer Rinda Ratna Dewi

IG @rindaratna22

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya