Comscore Tracker

6 Alasan Punya Pengalaman Kerja Bisa Jadi Nilai Tambah Saat Interview

Makin memperbesar peluang diterima kerja lho!

Mencari pekerjaan yang terbaik dan sesuai minat serta kemampuan kita memang dibutuhkan suatu ketelatenan. Selain berbagai persiapan yang matang berupa surat lamaran kerja juga dibutuhkan keterampilan sebagai pendukung dan pengalaman kerja jika ada.

Beberapa lowongan pekerjaan di suatu perusahaan terkadang memberikan syarat khusus kepada pelamar untuk harus mempunyai pengalaman kerja. Tidak bisa dipungkiri jika pengalaman kerja seorang pelamar akan bisa jadi nilai tambah saat proses seleksi penerimaan karyawan baru di suatu perusahaan dan berikut 6 alasannya:

1. Mempunyai soft skill

6 Alasan Punya Pengalaman Kerja Bisa Jadi Nilai Tambah Saat InterviewPixabay.com/MAKY_OREL

Soft skill atau yang sering kita tahu sebagai kecerdasan emosional dan kecerdasan sosial ini biasanya di dapat dengan seringnya seseorang berinteraksi dengan banyak orang. Ketika seseorang sudah mempunyai pengalaman kerja biasanya sudah terbiasa dengan hal-hal yang berhubungan dengan orang banyak seperti misalnya bertemu rekan kerja, tamu perusahaan, mengemukakan pendapat dalam meeting dan masih banyak lagi yang lainnya. Dengan adanya soft skill yang dimiliki oleh seorang yang berpengalaman akan menjadi nilai lebih di mata HR pada proses seleksi karyawan baru seperti interview.

2. Hard skill yang sudah terasah

6 Alasan Punya Pengalaman Kerja Bisa Jadi Nilai Tambah Saat InterviewPixabay.com/sigre

Hard skill sendiri bisa di dapat di bangku sekolah ataupun kuliah yang bisa dikembangkan kemudian. Seseorang yang sudah mempunyai pengalaman kerja biasanya mempunyai hard skill yang sudah terasah. Seperti misalnya ketika seseorang sudah mempunyai keahlian web design yang didapat dari bangku kuliah kemudian ia bekerja sesuai bidang dan ketrampilannya, lambat laun kemampuan web designnya akan terasah dengan baik dan itulah mengapa seseorang yang sudah mempunyai pengalaman kerja akan mempunyai nilai lebih saat interview.

3. Sudah punya gambaran tentang pekerjaannya

6 Alasan Punya Pengalaman Kerja Bisa Jadi Nilai Tambah Saat InterviewPixabay.com/StartupStockPhotos

Pada kenyataannya seseorang yang sudah mempunyai pengalaman kerja akan lebih paham mengenai seluk beluk dunia kerja dibanding fresh graduarte. Mereka sudah terbiasa dengan pekerjaan yang mereka geluti sebelumnya. Dengan pengetahuan serta gambaran akan pekerjaan yang akan di bebankan kepadanya kelak, menjadikan orang yang sudah mempunyai pengalaman kerja akan dipandang mampu dan mempunyai nilai tambah di mata HR.

Baca Juga: 5 Tips Cegah Pusing dan Mata Sakit Saat Bekerja Lama di Depan Komputer

4. Mempunyai pengalaman pemecahan masalah

6 Alasan Punya Pengalaman Kerja Bisa Jadi Nilai Tambah Saat InterviewPixabay.com/Free-Photos

Tidak bisa dipungkiri jika seseorang yang sudah mempunyai pengalaman kerja di bidang tertentu biasanya sudah terbiasa dengan pekerjaan serta beberapa masalah yang timbul di dalamnya. Dengan jam terbang yang lebih dalam bekerja mereka akan tau tips dan trik mengatasi masalah yang timbul di bidang pekerjaannya, itulah sebab seseorang yang mempunyai pengalaman mempunyai nilai tambah pada saat interview.

5. Punya pengetahuan dan pengalaman yang bisa di terapkan di kantor baru

6 Alasan Punya Pengalaman Kerja Bisa Jadi Nilai Tambah Saat InterviewPixabay.com/SnapwireSnaps

HR biasanya lebih mempertimbangkan mereka yang sudah mempunyai pengalaman kerja dikarenakan mereka lebih memiliki pengetahuan dan pengalaman yang sesuai dengan bidangnya sehingga bisa diterapkan di perusahaan mereka. Dengan maksud pengetahuan dan pengalaman kerja calon karyawan tersebut dapat menjadi ide-ide baru yang sedikit banyak dapat memberikan kontribusi ke arah yang lebih baik.

6. Terbiasa menghadapi lingkungan dan karakter orang yang beragam

6 Alasan Punya Pengalaman Kerja Bisa Jadi Nilai Tambah Saat InterviewPixabay.com/principe-sad

Orang yang mempunyai pengelaman kerja pada umumnya sudah terbiasa menghadapi lingkungan pekerjaannya dengan berbagai karakter rekan kerja yang beragam. Hal ini biasanya menjadi pertimbangan tersendiri dan dapat menjadi nilai tambah baginya ketika menghadapi interview untuk pekerjaan baru mereka.

Dan demikian tadi 6 alasan mengapa seseorang mempunyai pengalaman kerja akan mempunyai nilai lebih di mata HR pada saat interview. Selain pengalaman yang tidak kalah penting adalah attitude yang baik sebagai seorang pekerja. Ketika seorang sudah mempunyai paket komplit untuk melamar pekerjaan pasti HR akan lebih mempertimbangkannya untuk bisa diterima.

Baca Juga: 5 Attitude Buruk yang Haram Kamu Lakukan Saat Interview Kerja

Rinda Ratna Dewi Photo Verified Writer Rinda Ratna Dewi

IG @rindaratna22

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya