Comscore Tracker

6 Kebiasaan yang Sebaiknya Dilakukan sebelum Pulang Kantor

Bisa bikin kita semangat memulai kerja lagi lho!

Menjadi seorang karyawan pada suatu perusahaan dengan segala bentuk pekerjaan dan tantangannya memang harus dituntut tanggung jawab yang besar. Tidak hanya mengenai ruang lingkup pekerjaannya, tetapi juga hal-hal yang berkaitan langsung dan bisa berdampak pada proses kerja.

Hal-hal yang terkadang dianggap kecil tetapi sebenarnya baik untuk dilakukan, seperti misalnya kebiasaan-kebiasan berikut yang sebaiknya dilakukan sebelum pulang kantor yang bisa berdampak positif bagi karyawan, 6 diantaranya:

1. Menyelesaikan pekerjaan dan tanggung jawabnya

6 Kebiasaan yang Sebaiknya Dilakukan sebelum Pulang KantorPixabay.com/CyberRabbit

Jam kerja kantor yang biasanya mencapai 7-8 jam sehari menuntut kita untuk bisa memaksimalkan waktu dengan baik, apa lagi ketika pekerjaan kita menumpuk dan harus diselesaikan tepat waktu.

Sebagai seorang karyawan yang bertanggung jawab hendaknya tidak menunda-nunda pekerjaan dan menyelesaikannya tepat waktu hingga jam pulang kantor itu tiba. Tidaklah baik pulang kantor dengan menyisakan pekerjaan dan meninggalkan tanggung jawab yang kita punya.

2. Mematikan komputer dan ac

6 Kebiasaan yang Sebaiknya Dilakukan sebelum Pulang KantorPixabay.com/StockSnap

Menghemat listrik dengan mematikan komputer serta ac kantor sebelum pulang akan membantu perusahaan menghemat biaya operationalnya. Jangan berpikir kita sebagai pekerja hanya fokus pada pekerjaan kita dan tidak perduli dengan hal-hal kecil yang dapat berdampak kurang baik untuk perusahaan. Perusahaan berjalan lebih baik ketika karyawan merasa memilikinya dan bersama-sama memajukan perusahaan.

3. Merapikan meja kerja

6 Kebiasaan yang Sebaiknya Dilakukan sebelum Pulang KantorPixabay.com/stux

Sebelum pulang kantor sebaiknya rapikan dahulu meja kerja kita. Selain nyaman dipandang mata ketika melihat meja kerja yang rapi, hal ini juga bisa menjadikan kita lebih semangat bekerja di esok harinya.

Alangkah senang jika kita datang ke kantor disambut suasana meja kerja yang rapi, sebaliknya ketika kita melihat meja kita berantakan dengan beberapa dokumen yang menumpuk tak beraturan di meja kerja pasti membuat kita tidak bersemangat mengawali aktifitas pekerjaan.

Baca Juga: 5 Langkah Jitu Hadapi Rekan Kerja yang Susah Diajak Kerja Sama

4. Membereskan dokumen-dokumen penting

6 Kebiasaan yang Sebaiknya Dilakukan sebelum Pulang KantorPixabay.com/creativesignature

Setelah seharian bekerja dengan berbagai macam dokumen penting di meja kerja kita, hal yang sebaiknya dilakukan sebelum pulang ialah merapikannya untuk kemudian menempatkannya pada posisi yang semestinya. Di kantor biasanya tersedia beberapa tempat khusus untuk meletakkan dokumen-dokumen penting perusahaan. Hal ini dimaksudkan untuk melindungi dokumen supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

5. Meletakkan kursi pada posisi semula

6 Kebiasaan yang Sebaiknya Dilakukan sebelum Pulang KantorPixabay.com/Pexels

Meletakkan kursi yang kita pakai dengan rapi juga perlu dilakukan sebelum pulang kerja. Sudah menjadi kebiasaan baik yang bisa dilakukan sebagian besar karyawan kantor yang bekerja. Selain akan terlihat rapi juga enak dipandang mata tidak hanya untuk kita, tapi untuk orang lain yang melihatnya pasti akan senang.

6. Jangan lupa lakukan absensi pulang

6 Kebiasaan yang Sebaiknya Dilakukan sebelum Pulang KantorPixabay.com/u_h0yvbj97

Hal paling sering terlupa ialah melakukan fingerprint atau absensi pulang kerja. Lakukan dengan baik setiap pulang kantor karena beberapa perusahaan menerapkan aturan yang cukup ketat mengenai hal tersebut. Beberapa sanksi biasanya diberlalukan oleh perusahaan jika karyawannya lupa melakukan fingerprint salah satunya ialah karyawan harus membuat surat keterangan lupa absen yang biasanya harus disetujui atasan.

Itulah 6 kebiasaan baik yang sebaiknya dilakukan sebelum pulang kantor, banyak manfaat positif yang bisa di dapat. Anggap saja perusahaan seperti rumah kita sendiri yang harus kita perhatikan dan kita jaga.

Baca Juga: 5 Kriteria Kantor Idaman yang Bikin Millennial Enggan Pindah Kantor

Rinda Ratna Photo Verified Writer Rinda Ratna

IG @rindaratna22

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya