Comscore Tracker

5 Manfaat Punya Pengalaman Multikultural untuk Perkembangan Kariermu

Keberagaman akan menjadikan banyak pembelajaran untuk kita

Sebagai warga Indonesia kita patut bangga karena memiliki beraneka ragam budaya dan keberagaman yang tidak dimiliki negara lain. Dengan keberagaman inilah kita dapat memiliki pengalaman multikultural yang dapat bermanfaat bagi diri kita sendiri.

Terbiasa dengan keberagaman yang ada seperti misalnya dengan memiliki banyak teman dari berbagai latar belakang di lingkungan kantor banyak bermanfaat yang bisa kita dapat di antaranya:

1. Lebih kreatif terutama dalam bidang sosial dan budaya

5 Manfaat Punya Pengalaman Multikultural untuk Perkembangan KariermuUnsplash.com/Priscilla Du Preez

Seorang yang mempunyai pengalaman multikultural biasanya akan lebih kreatif terutama dalam bidang sosial dan budaya. Kebiasaan bertemu orang dan berkunjung ke suatu tempat dengan beragam budaya serta adat istiadat yang berbeda menjadikannya banyak belajar dari hal tersebut.

Keberagaman yang ada menjadikannya terus bisa mengembangkan diri terutama dalam bidang budaya yang juga baik untuk perkembangan karier kedepannya.

2. Mempunyai pandangan dan pengetahuan yang luas

5 Manfaat Punya Pengalaman Multikultural untuk Perkembangan KariermuUnsplash.com/Sherise

Seringnya bertemu dengan orang dengan latar belakang serta kebiasaan yang berbeda akan membuatnya mempunyai pandangan dan pengetahuan yang luas.

Pandangan serta pengetahuan itu berasal dari pembelajaran yang ia lakukan dari berbagai karakter setiap orang dari masing-masing latar belakang yang unik dan punya khasnya masing-masing, hal ini bisa diterapkan di dunia kerja sehingga akan meningkatkan karier yang ada.

3. Mampu berpikir terbuka

5 Manfaat Punya Pengalaman Multikultural untuk Perkembangan KariermuUnsplash.com/Brooke Cagle

Orang sering bertemu dengan banyak orang dari berbagai latar belakang serta pandangan yang berbeda-beda akan mampu berpikir terbuka. Pandangan setiap orang yang beragam membuatnya mampu belajar hingga menerapkannya di kehidupannya seperti contohnya di tempat kerja.

Hal semacam ini akan menjadikan poin lebih di antara yang lainnya hingga bisa mendukung dan memajukan karier yang sedang dijalani.

Baca Juga: 5 Alasan Pentingnya Pengalaman Kerja untuk Kemajuan Karier

4. Lebih bisa menghargai perbedaan

5 Manfaat Punya Pengalaman Multikultural untuk Perkembangan KariermuUnspalsh.com/Zachary Nelson

Kebiasaan yang sering bertemu orang dari berbagai latar bekalang akan membuat kita secara perlahan akan menghargai perbedaan. Perbedaan yang bisa membuat kita saling melengkapi satu sama lain dan bisa belajar akan artinya rasa saling menghargai satu sama lain.

Jika hal ini kita terapkan di tempat kerja akan membuat kita dewasa dalam setiap tindakan dan keputusan yang kita ambil hingga secara perlahan akan menjadi nilai tambah bagi karier kita kedepan.

5. Pandai dalam bersosialisasi dengan semua kalangan

5 Manfaat Punya Pengalaman Multikultural untuk Perkembangan KariermuUnsplash.com/Naassom Azevedo

Mempunyai pengalaman multikultural akan menjadikan kita seseorang yang pandai dalam bersosialisasi dengan berbagai kalangan. Kebiasaan bertemu dengan banyak orang dari berbagai latar belakang yang beragam akan membuat kita terlatih dalam bersikap hingga berhubungan baik dengan mereka.

Perlu keberanian dan rasa percaya tinggi untuk dapat melakukan hal tersebut yang bisa saja kita terapkan untuk memajukan karier kita sendiri.

Banyak manfaat yang bisa diambil dengan pengalaman multikultural apa lagi di dukung dengan keberagaman Indonesia yang sangat luar biasa unik. Apa kamu punya pengalaman multikultural juga?

Baca Juga: Jarang Ada yang Tahu, 10 Artis Ini Ternyata Memulai Karier Sejak Kecil

Rinda Ratna  Dewi Photo Verified Writer Rinda Ratna Dewi

IG @rindaratna22

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya