Comscore Tracker

Perhatikan 5 Hal Ini Kalau Merekomendasikan Teman ke Tempat Kerjamu

Pertimbangkan baik-baik ya!

Rasa nyaman di tempat kerja sekarang biasanya membuat kita ingin berbagi dengan teman yang masih belum memiliki pekerjaan. Membantu teman juga menjadi salah satu alasan untuk kita merekomendasikannya untuk bekerja di perusahaan tersebut juga.

Merekomendasikan seseorang untuk bekerja di suatu perusahaan memang tidak mudah, butuh beberapa pertimbangan yang harus kita pikirkan dengan matang supaya kepercayaan yang kita berikan benar-benar bisa dijaga dengan baik.

Jangan asal. Dalam merekomendasikan teman untuk bekerja di kantor tempatmu bekerja sebaiknya pertimbangkan dulu 5 hal ini.

1. Lihat kemampuannya apa sesuai posisi yang dibutuhkan

Perhatikan 5 Hal Ini Kalau Merekomendasikan Teman ke Tempat Kerjamupexels.com/mentatdgt

Lihatlah dulu apakah kemampuan yang ia miliki sesuai dengan posisi yang dibutuhkan karena hal tersebut penting dan riskan jika kamu paksakan untuk tetap merekomendasikannya.

Misalkan saja posisi yang sedang dibutuhkan di tempat kerjamu saat ini adalah sebagai marketing, sementara temanmu mempunyai pengalaman dan ketrampilan dibidang akuntansi. Dua posisi tersebut merupakan dua posisi yang sangat berbeda sehingga jika kamu paksakan untuk merekomendasikan temanmu bukan tidak mungkin akan percuma saka karena bagian HRD kemungkinan akan menolaknya.

2. Kamu tahu betul kualitas dan kemampuannya

Perhatikan 5 Hal Ini Kalau Merekomendasikan Teman ke Tempat KerjamuPexels/Anamul Rezwan

Ketika kamu merekomendasikan teman untuk bekerja di tempat kerjamu, kamu juga harus mengetahui betul kualitas dan kemampuannya. Karena hal tersebut menyangkut bagaimana ia dapat mengemban beban pekerjaan nantinya dan juga kepecayaan yang telah diberikan perusahaan terhadap kamu dan temannu.

Jika memang ternyata kualitas dan kemempuan yang dimilikinya tidak sesuai atau kurang, itu akan menjadi bumerang baginya dalam menjalankan pekerjaan yang dibebankan kepadanya jika terus dipaksakan.

Baca Juga: 5 Cara Efektif Membuat Pekerjaan dan Kehidupan Sosial Jadi Seimbang

3. Setidaknya kamu pernah bekerja sama dengannya

Perhatikan 5 Hal Ini Kalau Merekomendasikan Teman ke Tempat KerjamuPixabay.com/Free-Photos

Memberikan rekomendasi teman untuk bekerja di tempat kamu bekerja juga sebaiknya kamu paham betul bagaimana kemapuan dan pengalaman yang ia punya.

Setidaknya kamu pernah bekerja sama dengannya sebelumnya. Jadi, jika memang nantinya ia di tempatkan di tim yang sama denganmu setidaknya kamu memang sudah pernah bekerja sama dengannya, tinggal bagaimana menyesuaikannya lagi. Ketika kamu sudah pernah bekerja sama dengannya kamu pasti akan lebih mengerti bagaimana ketrampilan dan kemampuannya dalam bekerja.

4. Kamu paham perilaku dan sifatnya

Perhatikan 5 Hal Ini Kalau Merekomendasikan Teman ke Tempat KerjamuPixabay.com/sasint

Memberi rekomendasi teman untuk bekerja di perusahaan tempatmu bekerja juga sebaiknya lihat dulu attitude dan sifatnya. Hal tersebut penting dilakukan karena attitude dan sifat baik seseorang terkadang menjadi penilaian utama oleh HRD.

Bukan tidak percaya dengan perilaku dan sifat yang dimiliki teman, akan tetapi lebih kearah menjaga, karena hal itu menyangkut juga kepercayaan yang perusahaan berikan kepadamu. Jangan sampai karena posisinya sebagai teman kamu tidak memperhatikan perilaku dan sifatnya yang kurang baik.

5. Lihat juga apakah temanmu seorang yang dapat dipercaya

Perhatikan 5 Hal Ini Kalau Merekomendasikan Teman ke Tempat KerjamuPixabay.com/emmaws4s

Memberikan rekomendasi kepada teman untuk bekerja di tempatmu kerja berati sama saja memberikan kepercayaan yang perusahaan berikan kepadamu. Sebaiknya lihatlah dulu apakah temanmu seorang yang dapat dipercaya atau tidak.

Walaupun itu temanmu sendiri, tetapi alangkah baiknya jika kamu lihat dulu baik-baik dirinya. Bukan tidak percaya kepadanya tapi setidaknya kita perlu menjaga agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Itulah 5 hal yang harus dipertimbangkan saat merekomendasikan teman kerja ke tempat kerja kita. Cobalah untuk melihat kesesuaian juga kepribadiannya terlebih dahulu sebelum mengajukannya ke HRD karena hal tersebut menyangkut sebuah kepercayaan dari perusahaan yang diberikan kepada kita dan harus dijaga baik-baik.

Baca Juga: Waspada, Ini 5 Tips Terhindar dari Penipuan Info Lowongan Kerja

Rinda Ratna Photo Verified Writer Rinda Ratna

IG @rindaratna22

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya