Comscore Tracker

6 Modal Penting Saat Jalani Remote Working, Makin Produktif! 

Bekerja makin efektif karena bisa dilakukan dimana saja

Remote working atau yang sering kita sebut bekerja jarak jauh ini sudah banyak diterapkan di beberapa perusahaan masa kini. Awalnya mungkin terdengar agak aneh, bekerja sendiri di mana saja bahkan bisa sampai ke luar negri akan tetapi hal tersebut sudah umum terjadi di tengah perkembangan teknologi yang semakin maju seperti sekarang ini.

Ketika menjalani remote working yang memang pada pelaksanaannya diperbolehkan untuk tidak rutin masuk kantor seperti pada umumnya, perlu adanya suatu kesiapan atau modal yang dibutuhkan guna menunjang jalannya remote working dengan baik, adapun di antaranya:

1. Punya kemampuan Manajemen diri yang baik

6 Modal Penting Saat Jalani Remote Working, Makin Produktif! Unsplash.com/Sherise

Seorang pekerja dengan sistem remote working harus mempunyai kemampuan managemen diri yang baik, hal ini berkaitan dengan komitmen untuk menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu dan susuai target yang ditentukan.

Dengan mempunyai kemampuan manajemen yang baik, kita akan dapat mengatur diri sendiri dalam bekerja. Kita akan tahu kapan kita harus memulai satu pekerjaan maupun kapan bisa mengakhirinya. Kita juga secara perlahan tahu waktu produktif untuk kita bekerja sehingga bisa memaksimalkan pencapaian kita.

2. Pandai dalam membagi waktu dan memaksimalkannya

6 Modal Penting Saat Jalani Remote Working, Makin Produktif! Unsplash.com/Wes Hicks

Seorang yang remote working harus pandai dalam membagi waktu dan memaksimalkannya, itu salah satu modal yang penting baginya. Dengan bekerja jarak jauh dan tidak mesti pergi ke kantor menjadikan kesempatan untuk bekerja terbuka lebar dan bebas memaksimalkannya.

Misalkan saja ketika ia merasa lebih produktif di waktu-waktu tertentu, bisa saja ia mengatur untuk mengkhususkan jam tersebut untuk bekerja, sementara waktu yang lain bisa untuk aktifitas lain.

3. Tetap harus punya target pencapaian

6 Modal Penting Saat Jalani Remote Working, Makin Produktif! Pixabay.com/kaboompics

Ketika menjalani remote working seseorang juga tetap harus mempunyai target pencapaian, hal tersebut juga merupakan modal terpenting dalam menjalani pekerjaan yang harus ia selesaikan supaya tetap produktif. Dengan mempunyai target pencapaian, kita bisa tetap fokus bekerja supaya target tersebut bisa terpenuhi dengan baik.

Baca Juga: 5 Tips Penting Supaya Kerja Remote di Rumah Berjalan Efektif

4. Kemampuan teknologi yang mumpuni

6 Modal Penting Saat Jalani Remote Working, Makin Produktif! Unsplash.com/Luke Peters

Kemampuan teknologi yang mumpuni juga menjadi modal penting dalam menjalani remote working. Dalam bidang pekerjaannya seorang remote working pasti membutuhkan yang namanya teknologi untuk mendukung dan membantu pekerjaannya tersebut.

Ketika sudah terbiasa dan mempunyai kemampuan lebih dalam bidang teknologi, ia akan bisa lebih maksimal dalam bekerja dan mencapai target yang diinginkan.

5. Fasilitas yang memadai dan suasana tempat kerja yang nyaman

6 Modal Penting Saat Jalani Remote Working, Makin Produktif! Unsplash.com/Thought Catalog

Salah satu modal yang tidak kalah penting dalam menjalani remote working adalah fasilitas yang memadai dan suasana tempat kerja yang nyaman. Pada dasarnya work from home juga salah satu bentuk remote working yang dilakukan di rumah.

Sebisa mungkin jika kamu melakukan remote working, cobalah untuk terkebih dulu memikirkan akan ketersediaan fasilitas yang memadai, dan cobalah buat suasana tempat kerja yang nyaman misalnya saja di kamarmu sendiri.

6. Dukungan dari orang terdekat kita

6 Modal Penting Saat Jalani Remote Working, Makin Produktif! Unsplash/Mimi Thian

Menjalani remote working sebaiknya juga harus ada dukungan dari orang terdekat kita. Beda halnya dengan bekerja tiap hari ke kantor yang memang sudah bisa terfokus pada pekerjaan, menjalani remote working perlu adanya pengertian dari orang sekitarnya untuk tidak menggangunya.

Ada waktu-waktu tertentu ia harus tetap fokus bekerja, sementara sesudahnya ia bisa beraktifitas yang lain. Jangan sampai waktu pekerjaannya tidak maksimal karena terganggu orang sekitarnya.

Itulah 6 modal penting saat menjalani remote working supaya tetap bisa produktif di mana saja dan kapan saja. Banyak kelebihan yang didapat seorang ketika menjalani remote working, akan tetapi perlu adanya suatu komitmen tersendiri supaya target pekerjaan tetap tercapai.

Baca Juga: Stres di Masa WFH dan Isolasi? Coba Art Therapy, Ini 7 Fakta Ilmiahnya

Rinda Ratna Photo Verified Writer Rinda Ratna

IG @rindaratna22

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya