Comscore Tracker

5 Keahlian yang Bikin Lulusan SMA Mudah Dapat Kerja, Ayo Pelajari!

Pilih salah satu keahlian yang sesuai dengan dirimu

Banyak yang bilang lulusan setara SMA susah mendapatkan pekerjaan di perusahaan. Sekalipun berhasil mendapatkan pekerjaan, stereotip mengatakan bahwa jabatan yang bisa diemban hanya setingkat operator dengan sistem kontrak tidak tetap.

Agar kamu tetap bisa bersaing dengan mereka yang memiliki tingkat pendidikan di atasmu, kamu harus mempunyai keahlian khusus yang membuat kamu lebih menarik di mata perusahaan. Kamu harus mampu membuat perusahaan lebih tertarik terhadap skiil yang kamu miliki dibandingkan latar belakang ijazahmu.

Lantas, apa saja, sih, keahlian yang bisa kamu pelajari sehingga kamu terlihat lebih spesial sebagai lulusan SMA? Simak sederet inspirasinya berikut ini, ya!

1. Keahlian mengoperasikan alat berat

5 Keahlian yang Bikin Lulusan SMA Mudah Dapat Kerja, Ayo Pelajari!ilustrasi alat berat (pixabay.com/dimitrisvetsikas1969)

Salah satu keahlian yang banyak dibutuhkan oleh perusahaan adalah kemampuan mengoperasikan alat berat, seperti forklift, crane, bulldozer, scrapper , excavator dan lainya. Keahlian mengoperasikan alat-alat ini banyak dibutuhkan di berbagai bidang usaha misalnya, pertambangan, konstruksi, dan manufactur. Keahlian ini biasanya dikuasai oleh laki-laki, namun, tidak menutup kemungkinan perempuan pun tetap bisa melakukanya.

Sebagai saran, ambilah sertifikasi operator salah satu dari sekian alat berat yang ada dan jadilah ahli di bidangnya. Keahlian mengoperasikan alat berat yang dibuktikan dengan sertifikat akan membuat kamu punya nilai sendiri di mata perusahaan. 

2. Keahlian menggambar teknik 

5 Keahlian yang Bikin Lulusan SMA Mudah Dapat Kerja, Ayo Pelajari!ilustrasi menggambar teknik (pixabay.com/RAEng_Publications)

Menggambar teknik adalah proses membuat gambar atau sketsa teknik sesuai dengan keinginan perencana. Tujuan dibuatnya gambar teknik agar semua orang yang terkait dengan gambar tersebut dapat membaca dan memahami ide dan informasi yang ingin disampaikan oleh perencana.

Profesi menggambar teknik atau sering disebut drafter adalah salah satu keahlian yang dapat dikuasai oleh lulusan SMA atau setara. Drafter banyak dibutuhkan di berbagai bidang usaha, mulai dari konstruksi, permesinan, elektronik, dan masih banyak lagi. 

Untuk dapat menguasai keahlian menggambar teknik, kamu dapat mengambil kursus drafter. Kursus ini biasanya membutuhkan waktu antara tiga sampai enam bulan untuk menguasai keahlian dasar. Namun, semua tergantung dari seberapa cepat kamu bisa menguasai materi yang diberikan.

Baca Juga: 8 Peluang Kerja Lulusan Pariwisata, Bisa Kerja Sambil Liburan!

3. Keahlian mengelas

5 Keahlian yang Bikin Lulusan SMA Mudah Dapat Kerja, Ayo Pelajari!ilustrasi mengelas (pixabay.com/jannonivergall)

Mengelas adalah pekerjaan yang membutuhkan keahlian khusus dan harus terserifikasi oleh lembaga yang memiliki lisensi resmi dari BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi). Welder atau juru las profesional yang tersertifikasi menjanjikan penghasilan yang tidak sedikit dan tidak kalah dengan penghasilan lulusan D3 dan S1.

Lowongan pekerjaan untuk juru las juga masih terbuka lebar. Welder banyak dibutuhkan di berbagai bidang pekerjaan, misalnya perusahaan yang bergerak di industri minyak bumi dan gas alam, karoseri, permesinan, dan masih banyak lagi.

4. Keahlian pemasaran digital

5 Keahlian yang Bikin Lulusan SMA Mudah Dapat Kerja, Ayo Pelajari!ilustrasi wanita bekerja (pixabay.com/RAEng_Publications)

Saat ini keahlian yang paling diminati salah satunya adalah skill pemasaran digital. Keahlian ini dapat dipelajari oleh semua orang dari berbagai latar belakang pendidikan. Pemasaran digital memang tidak terlalu mementingkan latar belakang dan jenjang pendidikan, tetapi lebih menekankan pada pengalaman, kemampuan, dan jam terbang yang tinggi. 

Di era yang serba digital, mau tidak mau setiap perusahaan membutuhkan digital marketing untuk memasarkan produknya di dunia maya. Itu sebabnya karier sebagai digital marketing terbuka lebar saat ini. Untuk kamu yang masih bingung tentang arah kariermu, kamu bisa mencoba mendalami keahlian ini agar dapat bersaing di dunia kerja, ya!

5. Keahlian rancang grafis

5 Keahlian yang Bikin Lulusan SMA Mudah Dapat Kerja, Ayo Pelajari!ilustrasi sketsa (pixabay.com/stux)

Rancang grafis adalah pekerjaan membuat sebuah desain atau rancangan dalam bentuk gambar, ilustrasi, maupun fotografi. Seorang desainer grafis harus dapat menuangkan ide atau pesan yang ingin disampaikan ke khalayak dalam bentuk gambar atau ilustrasi sehingga ide atau pesan yang dimaksud tepat sasaran. Pekerjaan ini membutuhkan kreativitas dan unsur seni yang tinggi agar dapat menciptakan hasil yang baik dan menarik.

Bagi kamu yang memiliki keahlian rancang grafis, kini kamu tidak perlu takut tidak mendapatkan pekerjaan karena dewasa ini banyak sekali bidang usaha yang membutuhkan desain dan ilustrasi sebagai garda teredpan. Pekerjaan ini tidak terlalu mementingkan ijazah, namun, lebih menekankan pada keahlian, karakter, serta jam terbang yang dimiliki.

Perlu digarisbawahi, sederet inspirasi keahlian tersebut bisa percuma jika kamu tidak mengetahui apa kekurangan dan kelebihanmu. Maka dari itu, kenalilah potensi dan minat yang ada dalam dirimu, lalu latihlah agar menjadi suatu keahlian yang membuatmu memiliki nilai jual lebih dibandingkan orang lain. Semoga menginspirasi, ya!

Baca Juga: 5 Manfaat Memiliki Cultural Intelligence di Dunia Kerja

Rinda Septiana Photo Writer Rinda Septiana

Writing is my self healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya