Comscore Tracker

5 Keahlian yang Bisa Jadi Pendapatan Tambahan IRT

Bisa dikerjakan dari rumah, aman pokoknya!

Penilaian sebagian orang tentang IRT (Ibu Rumah Tangga) yang tak dapat menghasilkan uang sebaiknya mulai dirubah mulai saat ini. Ada banyak cara untuk tetap berpenghasilan walau berstatus ibu rumah tangga.

Beberapa keahlian ibu rumah tangga berikut nyatanya dapat menghasilkan rupiah jika dimanfaatkan dengan baik. Siap menambah pundi-pundi rupiah sambil mengurus rumah tangga? Tekuni beberapa keahlian berikut.

1. Keahlian memasak

5 Keahlian yang Bisa Jadi Pendapatan Tambahan IRTilustrasi memasak (pixabay.com/congerdesign)

 

Keahlian yang direkomendasikan untuk dipelajari para ibu rumah tangga adalah memasak. Memasak ibarat tugas pokok bagi ibu rumah tangga, walaupun tak jarang para ayah pun bersedia untuk memasak bagi keluarga tercintanya.

Jika ibu merasa memiliki keahlian di bidang memasak, cobalah jadikan hal itu sebagai salah satu sumber penghasilan. Ibu bisa mencoba untuk menjual hasil masakan ke para tetangga, teman arisan atau via online. Agar lebih meyakinkan, berikan tester hasil masakan yang akan dijual. Diharapkan akan banyak yang tertarik dengan hasil masakan Ibu sehingga banyak yang memesan. 

2. Keahlian menjahit

5 Keahlian yang Bisa Jadi Pendapatan Tambahan IRTilustrasi menjahit (pixabay.com/Mammiya)

Menjahit juga salah satu keahlian yang bisa ditekuni sambil menjalankan peran sebagai ibu rumah tangga. Pelajari lebih dalam lagi tentang keahlian menjahit. Misalnya mulai membuat pola dan menjahit pakaian dari awal hingga jadi.

Jika ditekuni, memiliki keahlian menjahit bisa mendatangkan pundi-pundi rupiah yang lumayan. Ibu bisa menerima jasa menjahit pakaian atau sekedar mereparasi pakaian. Pekerjaan ini bisa dikerjakan dari rumah dengan tidak mengesampingkan tugas utama Ibu.

3. Keahlian Menulis

5 Keahlian yang Bisa Jadi Pendapatan Tambahan IRTIlustrasi bekerka dirumah (pixabay.com/shaila19)

Bagi Ibu yang hobi menulis, mulai saat ini dalami keahlian menulis tersebut. Memiliki keahlian dalam menulis dapat menjadi salah satu sumber pendapatan bagi Ibu rumah tangga jika dimanfaatkan dengan baik. 

Keahlian menulis memiliki banyak macam, misalnya menulis novel, menulis artikel, menulis naskah dan banyak jenis lainya. Ibu bisa mulai mencari platform menulis online yang sesuai dengan jenis keahlian yang dimiliki serta mau membayar penulisnya. Menulis di platform menulis online cocok dilakukan bagi ibu rumah tangga karena sapat dilakukan tanpa meninggalkan rumah.

Baca Juga: 5 Pekerjaan Sampingan yang Cocok bagi Gen Z, Cari Uang Tambahan!

4. Keahlian mengasuh anak

5 Keahlian yang Bisa Jadi Pendapatan Tambahan IRTilustrasi menjaga anak (pixabay.com/2081671)

Mengasuh dan merawat anak juga dapat sekaligus dijadikan sumber pendapatan tambahan bagi ibu rumah tangga. Jika Ibu memiliki ketrampilan yang baik dalam hal mengasuh dan merawat anak, mungkin ibu bisa menerima jasa mengasuh anak.

Banyak ibu pekerja yang bingung harus dimana menitipkan anaknya saat harus meninggalkanya bekerja. Ibu bisa menawarkan jasa untuk mengasuh dan merawat anak selama orangtuanya bekerja. Jika dikembangkan dengan baik, Ibu bahkan bisa membuka daycare.

5. Keahlian menjual secara online

5 Keahlian yang Bisa Jadi Pendapatan Tambahan IRTilustrasi jualan online (pixabay.com/Tumisu)

Di era yang serba digital seperti saat ini keahlian berjualan secara online juga dapat dipelajari oleh ibu rumah tangga jika ingin memiliki penghasilan. Ibu bisa memanfaatkan media sosial seperti facebook, instagram, whatsapp dan sejenisnya untuk menjual dagangan.

Ibu tidak perlu keluar rumah dan membawa dagangan secara keliling untuk mendapatkan pembeli. Apalagi saat ini sudah ada sistem berjualan secara dropship yang memudahkan para Ibu untuk berjualan secara online tanpa harus repot mengemas dan mengirim dagangan ke pembeli.

Sebagai seorang ibu rumah tangga, mendapatkan uang secara mandiri adalah sebuah kepuasan sekaligus dapat membantu ekonomi keluarga. Jangan ragu untuk berusaha dan melakukan hal-hal baru. Selalu ada jalan bagi yang mau berusaha, semangat!

Baca Juga: 5 Tips Menolak Tugas Tambahan dari Atasan Tanpa Rasa Tidak Enak

Rinda Septiana Photo Verified Writer Rinda Septiana

Writing is my self healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya