Comscore Tracker

Pantang Resign dari Pekerjaan Kalau Belum Persiapkan 5 Hal Ini!

Jangan salah ambil keputusan

Mengundurkan diri dari pekerjaan menjadi alasan yang paling sulit untuk dipilih. Sempitnya lapangan pekerjaan membuat orang-orang bertahan dari pekerjaan yang sedang dijalaninya meskipun banyak hal yang tidak sesuai dengan hak para karyawan.

Ada beberapa alasan mengapa orang-orang mengundurkan diri dari pekerjaannya, mulai dari tekanan dari atasan, pekerjaan yang tidak sesuai dengan passion kita, tidak ada kenaikan jabatan atau alasan yang paling umum yaitu bosan. Sebelum memutuskan untuk mengundurkan diri, persiapkan 5 hal ini agar kamu benar-benar siap dengan keputusanmu !

1. Diskusikan dengan atasanmu

Pantang Resign dari Pekerjaan Kalau Belum Persiapkan 5 Hal Ini!unsplash.com/rawpixel

Diskusikan dengan atasanmu apa saja yang membuat kamu tidak nyaman dalam bekerja sehingga memutuskan untuk mengundurkan diri. Misalnya gaji yang tidak sesuai atau deadline kantor yang terus menerus sampai membuat kamu tertekan. Gak apa-apa, itu hakmu sebagai karyawan kok!

2. Siapkan tabungan

Pantang Resign dari Pekerjaan Kalau Belum Persiapkan 5 Hal Ini!unsplash.com/Fabian Blank

Sebelum benar-benar untuk mengundurkan diri, alangkah baiknya kita siapkan tabungan. Setelah keluar dari pekerjaan kita tidak akan mendapatkan penghasilan per bulan seperti biasanya, siapkan tabungan minimal 6 kali gaji kita. Tabungan itu cukup untuk bekal kita sebelum mendapatkan pekerjaan baru.

3. Selesaikan tanggung jawabmu yang belum selesai

Pantang Resign dari Pekerjaan Kalau Belum Persiapkan 5 Hal Ini!unsplash.com/Andrew Neel

Ada waktu 30 hari tersisa setelah surat pengunduran dirimu diterima. Manfaatkan waktu 30 hari itu untuk menyelesaikan tanggung jawabmu yang belum selesai. Jangan sampai kamu meninggalkan tanggung jawab pekerjaanmu begitu saja ya.

4. Siapkan pekerjaan baru

Pantang Resign dari Pekerjaan Kalau Belum Persiapkan 5 Hal Ini!unsplash.com/Gleen Carstens-Peters

Untuk kamu yang masih mau bekerja di kantor dan gak mau terlalu lama kehilangan penghasilan bulanan seperti biasanya, siapkan pekerjaan baru ya. Info lowongan kerja bisa kamu cari di media cetak dan media online. Dengan begitu kesempatanmu untuk mendapatkan pekerjaan baru lebih besar tanpa harus menganggur terlalu lama.

5. Mulai berbisnis

Pantang Resign dari Pekerjaan Kalau Belum Persiapkan 5 Hal Ini!unsplash.com/Bundo Kim

Untukmu yang sudah mulai bosan bekerja di kantor lagi, mulailah berbisnis. Jadikan bisnis kecil sebagai penggantinya. Manfaatkan teman sekantormu untuk menjadi pelanggan pertamamu.

Jadi jangan ambil keputusan tanpa perencanaan ya. Yakin sudah siap untuk resign?

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya