Comscore Tracker

6 Hal yang Kamu Peroleh Saat Temanmu Tidak Bertanggung Jawab dalam Tim

Jangan terlalu kecewa menaggapi mereka

Sering kita merasa hanya bekerja sendiri dalam proyek tim ketika sekolah maupun di lapangan pekerjaan yang sesungguhnya. Bagi orang-orang tertentu tak jarang mereka hanya numpang nama untuk mendapat penilaian guru, dosen, atau bos. Pekerjaan yang awalnya dibagi-bagi agar lebih ringan malah menjadi beban bagi satu orang atau bahkan seluruh tim karena salah satu anggota tim mereka tidak bertanggung jawab.

Mungkin kamu pernah mengalami hal serupa, mendapat teman satu tim yang kurang kooperatif sehingga malah jadi beban bagi yang lainnya. Mungkin kamu sudah coba menegur dengan baik tapi dia tetap tidak responsif atau malah abai begitu saja, sebagai orang dewasa tentu kita memiliki batas-batas tertentu agar tidak menimbulkan pertengkaran. Alhasil kita lah yang akhirnya mengerjakan tugas dia.

Buat kamu yang sering merasa seperti itu take your time dan jangan khawatir, justru enam hal ini akan kamu dapatkan lho. Simak di sini!

1. Sarana melatih kesabaran 

6 Hal yang Kamu Peroleh Saat Temanmu Tidak Bertanggung Jawab dalam Timpixabay.com/1388843

Berhadapan dengan orang yang susah diajak kerja sama memang menyebalkan, baru juga kita minta tolong sekali dia sudah off dari forum diskusi. Kamu yang pernah mengalami hal semacam ini namun tidak mengeluh dan menjelek-jelekkan dia di hadapan anggota lain adalah tipikal orang sabar yang tiada tandingannya. Untuk kamu yang pertama kali mengalami maka anggap orang-orang seperti itu adalah ujian untuk melatih kesabaranmu.

2. Seni memahami orang lain 

6 Hal yang Kamu Peroleh Saat Temanmu Tidak Bertanggung Jawab dalam Timpixabay.com/jamesoladujoye

Sulit untuk dua kepala saling memahami satu sama lain karena setiap orang memiliki ego dan ambisi masing-masing. Ketika anggota timmu banyak alasan untuk tidak ambil bagian dalam proyek yang entah masuk akal atau tidak maka hal itu merupakan sarana kamu untuk belajar memahami kondisi orang lain.

Setiap orang punya karakter berbeda-beda, alasan dia tidak ambil bagian mungkin karena ketidakmampuan mengerjakan namun tidak mau berterus terang.

3. Skill leadershipmu bertambah 

6 Hal yang Kamu Peroleh Saat Temanmu Tidak Bertanggung Jawab dalam Timpixabay.com/JESHOOTS-com

Setiap orang memiliki kemampuan leadershipnya masing-masing, skill ini sangat berguna ketika kamu terjun ke dunia kerja nanti. Anggap saja mereka yang susah diajak kerja sama dalam tim adalah sarana mengasah skill leadershipmu karena kamu dengan lapang dada coba untuk terus lobbying dia. Well, ketika dia tetap susah untuk kooperatif maka itu bukan salahmu karena kamu sudah coba untuk mengingatkan sebelumnya.

Baca Juga: 5 Zodiak dengan Kematangan Emosi Terbaik Ini Cocok Memimpin Tim Kerja

4. Pengetahuan terhadap proyekmu makin luas 

6 Hal yang Kamu Peroleh Saat Temanmu Tidak Bertanggung Jawab dalam Timpixabay.com/cuncon

Karena kamu lebih banyak ambil bagian dalam pengerjaan proyek tersebut maka pengetahuanmu akan semakin luas bahkan mendalam. Usaha kerasmu tidak akan pernah sia-sia karena memang hasil akhir tergantung pada seberapa besar kita berusaha. Dengan pengetahuanmu yang bertambah maka itu akan menaikkan value dirimu dan justru menambah keuntungan investasi leher ke atas.

5. Menambah relasi baru 

6 Hal yang Kamu Peroleh Saat Temanmu Tidak Bertanggung Jawab dalam Timpixabay.com/StockSnap

Ketika salah satu atau sebagian anggota timmu susah diajak diskusi dan kerja sama proyek kalian maka selain berdiskusi dengan anggota timmu yang lain, kamu juga membutuhkan partner di luar tim itu. Teman di luar tim adalah relasi baru yang dapat memperluas jejaring pertemanan kamu, terkadang teman di luar tim malah membuatmu enjoy ketika diajak diskusi karena tidak terbebani perasaan tidak enak atau perasaan-perasaan lainnya.

6. Menambah kepuasan 

6 Hal yang Kamu Peroleh Saat Temanmu Tidak Bertanggung Jawab dalam Timpixabay.com/Alexas_Fotos

Karena kamu lebih banyak handle proyek timmu maka hal tersebut akan menambah kepuasan diri sendiri dan tanpa disadari kepercayaan diri juga semakin bertambah. Setelah pengerjaan proyek yang cukup panjang dan memakan waktu pastinya di akhir akan ada sesi presentasi dari tim kamu.

Karena kamu sangat paham dengan pekerjaan tim maka tampilanmu akan terlihat maksimal di depan reviewer, guru, dosen, atau bos. Kamu puas mereka pun juga puas dan tidak menutup kemungkinan kamu akan ditunjuk menjadi leader team untuk proyek selanjutnya. Bukankah itu opportunity yang bagus?

Jadi jangan terlalu larut dalam kekecewaan dan rasa tidak nyaman karena enam hal luar biasa di atas bisa membuatmu jadi individu yang lebih baik lagi, ‘kan?

Baca Juga: 6 Zodiak Ini Lebih Cocok Kerja Sendiri, Bukan dalam Tim

Risma Fadilla Photo Verified Writer Risma Fadilla

A person who like literacy and entertaiment. Be my friend on instagram @rismaanorf :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya