Comscore Tracker

5 Alasan 'Support System' Penting untuk Kesuksesan Karier

Kamu sudah punya support system, belum?

Buat kamu yang sudah bekerja, kamu tentu ingin sukses dalam berkarier bukan? Arti 'sukses' disini bisa beragam, mulai dari kenaikan atau promosi jabatan hingga sukses berkontribusi bagi masyarakat. 

Meski begitu, bukanlah hal yang mudah untuk mencapai 'kesuksesan' tersebut. Dalam berkarier, kita akan selalu menemui banyak masalah dan rintangan yang membuat perjuangan kita menjadi gak mulus.

Namun kabar baiknya, ada banyak hal yang bisa kita lakukan dalam usaha untuk meraih kesuksesan tersebut. Salah satunya adalah menghadirkan support system. Adanya support system dapat membantu kita dalam mencapai kesuksesan berkarier. Support system merupakan sistem dukungan sosial yang berisi beberapa orang yang kita percayai sebagai wadah untuk menyampaikan keluh kesah dan mencari bimbingan. Support system bisa berupa anggota keluarga, sahabat, atau rekan kerja terdekat yang bisa dipercaya.

Berikut ini lima alasan kenapa support system penting untuk kesuksesan karier kita.

1. Membuat kita merasa gak sendiri sehingga mengurangi stres dalam hal pekerjaan

5 Alasan 'Support System' Penting untuk Kesuksesan KarierPexels.com/Polina Zimmerman

Selama bekerja, kita gak bisa lepas dari 'ancaman' stres. Misalnya, menghadapi deadline yang mepet, tugas yang sulit atau terlalu banyak, atasan yang galak atau sulit ditemui, permintaan lembur dari atasan yang terlalu sering, dan lain sebagainya. Nah, tentunya perasaan stres ini gak boleh kita biarkan terjadi berlarut-larut karena bisa jadi berbahaya bagi kesehatan mental kita. Selain itu, stres juga dapat berakibat pada menurunnya performa dan produktivitas kerja kita.

Disinilah, kehadiran support system berperan dalam mengurangi perasaan stres kita. Saat tengah tertekan, kita bisa bercerita atau curhat kepada support system kita sehingga beban pun akan terasa lebih ringan. Setidaknya, kita gak merasa kesepian atau memendam sendiri ketika tengah menghadapi masalah pekerjaan.

Jika perasaan stres kita menjadi berkurang atau lebih terkendali, hal ini tentu akan berpengaruh positif pada performa dan produktivitas kerja kita. Dengan begitu, kesuksesan dalam berkarier bukan hal yang sulit untuk dicapai.

2. Support system akan menguatkan diri di saat kita merasa lelah atau down

5 Alasan 'Support System' Penting untuk Kesuksesan KarierPexels.com/Polina Zimmerman

Adakalanya, kita akan merasa lelah atau down dalam hal pekerjaan. Disinilah, support system berperan membantu menguatkan kita saat berada dalam masa sulit tersebut. Mereka akan membuat kita tetap bertahan dan semangat. 

Dengan semangat dari support system, kita bisa segera bangkit dari perasaan lelah atau masalah yang membuat kita down. Kita pun bisa lebih fokus menemukan solusi daripada terus menerus memikirkan masalah tersebut. Pada akhirnya, performa dan produktivitas kerja kita pun gak akan begitu terpengaruh oleh perasaan lelah atau down tersebut.

3. Mengembalikan atau meningkatkan motivasi kita

5 Alasan 'Support System' Penting untuk Kesuksesan KarierPexels.com/Juan Pablo Serrano Arenas

Selain menguatkan diri kita di saat lelah atau down, support system juga umumnya akan memberikan motivasi bagi diri kita. Hal ini tentu sangat bermanfaat, apalagi motivasi kita biasanya akan sempat hilang selama lelah atau down.

Motivasi dari support system gak hanya membantu kita untuk kembali semangat, lho. Terkadang dengan motivasi mereka, kita bisa menemukan solusi atas masalah yang sedang kita hadapi. Hal ini pada akhirnya akan berperan pada kesuksesan karier kita.

Baca Juga: Agar Kehidupan Sosialmu Berjalan Baik, Kamu Wajib Melakukan 5 Hal Ini

4. Sebagai pengingat saat berbuat salah

5 Alasan 'Support System' Penting untuk Kesuksesan KarierPexels.com/fauxels

Sebagai manusia biasa, kita tentu pernah berbuat kesalahan, termasuk kesalahan di tempat kerja. Terkadang, kesalahan tersebut kita lakukan tanpa sadar atau tanpa kita sengaja. Misalnya, menyakiti hati rekan kerja lain lewat perkataan, melewatkan pekerjaan, hingga melakukan suatu hal yang dapat merugikan rekan kerja lain.

Adanya support system dapat menjadi pengingat saat kita berbuat kesalahan. Hal ini tentu bertujuan agar kita menyadari kesalahan tersebut dan memperbaikinya sehingga kita pun dapat menjadi pribadi yang lebih baik. Dengan adanya sosok pengingat ini, kita juga akan menjadi lebih berhati-hati dalam bekerja. Dengan begitu, kita pun dapat bekerja secara maksimal tanpa merugikan siapapun.

Teman yang baik adalah teman yang saling mengingatkan kesalahan, bukan? Justru, orang yang mau menegur kesalahan kita adalah tanda bahwa orang tersebut masih mau peduli dengan kita. Hal ini jauh lebih baik daripada teman yang hobi membicarakan kita di belakang.

5. Membantu memberikan saran dalam pengambilan keputusan

5 Alasan 'Support System' Penting untuk Kesuksesan KarierPexels.com/Christina Morillo

Peran lain yang umumnya dilakukan support system adalah membantu kita dalam pengambilan keputusan. Dalam berkarier, kita mungkin harus memilih berbagai macam keputusan besar secara tepat dan cepat. Kita tentu gak mau mengambil keputusan yang salah karena bisa merugikan diri kita sendiri dan bahkan juga organisasi kita.

Biasanya, saat sedang berada dalam masa sulit, bisa jadi pikiran kita gak akan jernih sehingga akan sulit bagi kita untuk memilih keputusan yang tepat. Kehadiran support system ini akan membantu memberikan saran kepada kita dalam mengambil keputusan sehingga kita pun bisa berpikir lebih jernih dan menimbang keputusan dengan benar.

Nah, itulah tadi lima alasan kenapa support system dapat mendukung kesuksesan karier kita. Jadi, apakah kamu sudah punya support system?

Baca Juga: Demi Karier, 8 Artis Hollywood Ini Drop Out dari Sekolah

Rivandi Pranandita Putra Photo Verified Writer Rivandi Pranandita Putra

Mencari proofread skripsi/tesis/jurnal ilmiah? IG: @mollyproofread

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya