Comscore Tracker

Fresh Graduates, Ini 5 Alasan Sebaiknya Kamu Jangan asal Melamar Kerja

Meski belum punya pengalaman, tapi harus tetap selektif ya!

Saat ini, mendapatkan pekerjaan bukanlah hal yang mudah, terutama buat fresh graduates yang belum memiliki pengalaman kerja. Terbatasnya lapangan pekerjaan yang gak diimbangi dengan banyaknya jumlah lulusan perguruan tinggi membuat kita harus berjuang dalam mendapatkan pekerjaan.

Kondisi itulah yang gak jarang mendorong para fresh graduates asal melamar dan menerima pekerjaan pertama mereka tanpa pilih-pilih. Dengan semboyan "asal dapat kerja", para fresh graduates tersebut seringkali gak mempertimbangkan pilihan pekerjaan mereka sesuai latar belakang pendidikan dan minat.

Sebenarnya sebagai seorang fresh graduate yang belum punya pengalaman, kita memang gak boleh terlalu pemilih terkait pekerjaan. Tapi, memilih dengan sembarangan juga tentu bukan hal yang tepat untuk dilakukan. Kita harus tetap selektif karena pilihan pekerjaanmu saat ini menyangkut masa depan.

Berikut ini lima alasan kenapa sebagai fresh graduates, kita sebaiknya jangan asal memilih pekerjaan.

1. Kalau tempat kerjamu jauh dari ekspektasi, kamu menjadi sulit berkembang bahkan stres

Fresh Graduates, Ini 5 Alasan Sebaiknya Kamu Jangan asal Melamar KerjaPexels.com/energepic.com

Sebelum memulai karier, kita mungkin sudah punya ekspektasi pekerjaan ideal yang akan dilakukan nantinya, misalnya rentang gaji tertentu, kesempatan pengembangan diri dan networking, work life balance, dan lain sebagainya. Kalau kita asal melamar kerja, kita gak akan tahu apakah perusahaan yang akan kita masuki nantinya sesuai dengan ekspektasi atau tidak.

Kalau perusahaan tempat kita bekerja nantinya sesuai ekspektasi, maka kita beruntung. Tapi kalau ternyata gak sesuai dengan harapan, kita sendiri yang akan rugi. Kita bisa saja sulit berkembang di sana dan bahkan berujung stres.

Sebenarnya, seandainya kita sudah terlanjur masuk ke suatu perusahaan dan gak betah di sana, kita bisa saja mengajukan resign. Tapi kalau kita baru bekerja beberapa bulan dan langsung keluar, kita justru bisa dianggap gak profesional atau gak loyal.

2. Pilihan pekerjaan kita saat ini menentukan perjalanan karier selanjutnya

Fresh Graduates, Ini 5 Alasan Sebaiknya Kamu Jangan asal Melamar KerjaPexels.com/Pixabay

Saat memulai berkarier, pekerjaan pertama kita akan menjadi penentu karier selanjutnya, lho. Misalnya, saat ini kita bekerja sebagai peneliti di bagian Research and Development suatu perusahaan, lalu kita memutuskan untuk resign setelah beberapa tahun bekerja disana. Dengan pengalaman kerja sebagai peneliti, pilihan karier kita selanjutnya yang lebih cocok mungkin adalah posisi akademisi, seperti peneliti, konsultan, atau bahkan dosen.

Sebenarnya, kita bisa saja 'banting setir' untuk melamar di posisi lainnya, seperti menjadi staf marketing, tapi kita harus mau mengulang karier dan belajar dari awal lagi. Duh, buang-buang waktu saja kan?

Karena itu sebelum melamar kerja, coba pikirkan baik-baik apa yang jadi tujuan karier kita. Cari tahu di jalur karier apa kita ingin mengembangkan diri dan sesuaikan dengan bakat yang kita miliki, misalnya jalur akademisi, jalur profesional atau praktisi, atau lain sebagainya.

Baca Juga: 5 Tips Sukses Diterima di Perusahaan Saham untuk Fresh Graduates

3. Pilihan pekerjaan pertama kita juga menentukan dengan siapa saja kita akan berjejaring

Fresh Graduates, Ini 5 Alasan Sebaiknya Kamu Jangan asal Melamar KerjaPexels.com/Fox

Gak hanya menentukan karier selanjutnya, pekerjaan pertama kita juga menentukan dengan siapa kita akan berjejaring. Seperti yang kita tahu, melakukan networking penting untuk kesuksesan karier di masa kini dan juga mendatang.

Melalui networking, kita bisa mendapatkan berbagai ilmu dan bahkan kesempatan berkarier yang lebih baik. Tapi kalau pekerjaan pertama kita gak relevan dengan cita-cita atau tujuan kita, kita mungkin akan berjejaring dengan orang-orang yang 'salah' karena berbeda visi dengan kita, meski mereka sangat baik hati kepada kita.

4. Dengan melamar kerja sembarangan, kamu hanya membuang waktu, tenaga, dan uang

Fresh Graduates, Ini 5 Alasan Sebaiknya Kamu Jangan asal Melamar KerjaUnsplash.com/Sonja Langford

Seseorang yang asal melamar kerja mungkin akan mendaftar pekerjaan sebanyak-banyaknya ke berbagai perusahaan sekaligus. Coba bayangkan kalau hampir semua perusahaan yang dilamar tersebut menghubungi kita untuk wawancara? Kita mungkin akan bingung dan kewalahan memenuhi panggilan wawancara. Kalau kita nekat gak datang ke wawancara tersebut, nama kita mungkin saja akan masuk blacklist oleh pihak perusahaan.

Dengan kondisi demikian, kita mungkin hanya membuang-buang waktu dan tenaga, serta uang untuk membayar transportasi ke tempat wawancara. Padahal, wawancara yang kita lakukan tersebut belum tentu worth it karena kita sendiri mungkin gak tahu persis mengenai perusahaan atau job desk pekerjaan yang kita lamar.

5. Asal mau bersabar, sebetulnya ada banyak sekali pilihan atau kesempatan kerja yang cocok dengan kita

Fresh Graduates, Ini 5 Alasan Sebaiknya Kamu Jangan asal Melamar KerjaRawpixel.com

Lowongan kerja yang ideal sesuai profil kita mungkin gak selalu ada pada saat kita lulus. Ini mungkin menjadi salah satu pendorong kenapa kita asal melamar kerja yang gak sesuai dengan profil kita.

Padahal kalau mau sedikit bersabar, pasti ada lowongan kerja yang sesuai dengan profil kita. Kalau kita memang butuh pekerjaan secepatnya dan gak bisa menunda mencari pekerjaan karena alasan finansial, kita bisa menyiasatinya dengan melakukan pekerjaan freelance, pekerjaan by project, atau kontrak, daripada memaksakan diri untuk bekerja di bidang atau perusahaan yang gak sesuai minat dan bakat.

Nah, itulah tadi lima alasan kenapa kamu sebaiknya jangan asal memilih pekerjaan. Sebelum melamar kerja, pastikan kamu membaca deskripsi pekerjaan dengan seksama. Kalau perlu, lakukan riset terkait perusahaan penyedia lowongan kerja tersebut, misalnya budaya kerja, gaji, dan berbagi hal lainnya di perusahaan itu. Selain itu, pertimbangkan juga apakah kamu mampu menjalani apa yang tertera di deskripsi pekerjaan tersebut.

Baca Juga: 5 Attitude Dasar yang Patut Dimiliki Fresh Graduate di Tempat Kerja

Rivandi Pranandita Putra Photo Verified Writer Rivandi Pranandita Putra

IG: @rivandipputra

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya