Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Harus Tetap Pede Meski Belum Punya Pengalaman Kerja

Fresh graduates, jangan minder lagi ya!

Sebagai fresh graduate, kamu mungkin masih merasa minder karena belum punya pengalaman kerja. Gak bisa dipungkiri, memang banyak lowongan kerja yang acapkali mensyaratkan adanya pengalaman kerja.

Meski begitu, mulai sekarang, kamu harus tetap percaya diri meski belum memiliki pengalaman kerja. Berikut ini beberapa alasannya.

1. Meski belum berpengalaman, kamu masih punya kelebihan tertentu yang bisa jadi "nilai jual"

5 Alasan Kamu Harus Tetap Pede Meski Belum Punya Pengalaman Kerjafreepik.com/freepik

Meski belum ada pengalaman kerja profesional, kamu pasti punya hal lain yang bisa menjadi "nilai jual", seperti kompetensi atau skill tertentu, pengalaman organisasi, pengalaman magang, keikutsertaan dalam kegiatan sosial atau volunteering, capaian prestasi, dan lain sebagainya.

Dengan berbagai hal yang sudah kamu punya, kamu bisa membuat tim HR di perusahaan impianmu percaya bahwa kamu memang memiliki skill yang mereka cari.

2. Pikiran masih 'fresh'

5 Alasan Kamu Harus Tetap Pede Meski Belum Punya Pengalaman Kerjaunsplash.com/I Putu Balda Yogi Pranata

Sesuai dengan namanya, fresh graduate umumnya memiliki pikiran yang masih "fresh". Belum lama lulus dari bangku kuliah, sedikit banyak fresh graduate mungkin masih bisa mengingat ilmu dan skills yang dipelajari selama duduk di bangku kuliah. Selain itu, kamu harus bangga karena fresh graduate juga umumnya mempunyai semangat dan antusiasme yang tinggi.

Baca Juga: 6 Alasan Punya Pengalaman Kerja Bisa Jadi Nilai Tambah Saat Interview

3. Semakin banyak perusahaan yang kini mulai melirik fresh graduate

5 Alasan Kamu Harus Tetap Pede Meski Belum Punya Pengalaman Kerjauschamber.com

Meski masih banyak perusahaan atau institusi yang mensyaratkan pengalaman kerja, namun gak sedikit juga yang membuka peluang lebar-lebar untuk fresh graduate. Berbagai perusahaan saat ini membuka banyak peluang kepada fresh graduate untuk menjadi management trainee. Kamu juga bisa mencoba melamar ke start-up atau NGO (non-governmental organization) yang seringkali juga menerima fresh graduates.

4. Selepas lulus, ada banyak sekali kesempatan selain bekerja di perusahaan

5 Alasan Kamu Harus Tetap Pede Meski Belum Punya Pengalaman Kerjablog.stepes.com

Sebagai fresh graduate, perjalananmu masih panjang karena kamu baru saja memulai perjalanan kariermu. Setelah lulus kuliah, pilihanmu gak cuma bekerja di perusahaan bukan?

Ada banyak sekali kesempatan yang bisa kamu coba. Misalnya, bekerja freelance, mengembangkan kompetensi melalui kursus, melanjutkan studi ke luar negeri, mengikuti kegiatan sosial, merintis usaha atau start-up sendiri, dan masih banyak lagi. Asal sesuai passion-mu, semua yang kamu lakukan gak akan sia-sia.

5. Pengalaman kerja hanyalah soal waktu

5 Alasan Kamu Harus Tetap Pede Meski Belum Punya Pengalaman Kerjafreepik.com/asier_relampagoestudio

Saat ini, kamu mungkin masih berstatus fresh graduate yang belum punya pengalaman kerja. Tapi seiring berjalannya waktu, kamu tentu akan bisa mendapatkan pengalaman itu dengan sendirinya asal kamu tetap berusaha. Ada pepatah berkata ‘‘You can’t get a job without experience, but you can’t get work experience without a job". Jadi, tetap berusaha, terus belajar, dan lakukan hal terbaik yang kamu bisa untuk saat ini ya, guys!

Nah, itulah tadi beberapa alasan kenapa kamu harus tetap percaya diri meski belum punya pengalaman kerja. Tetap semangat, guys!

Baca Juga: 6 Trik Mendapatkan Pekerjaan Meski Belum Punya Pengalaman Kerja

Rivandi Pranandita Putra Photo Verified Writer Rivandi Pranandita Putra

IG: @rivandipputra

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya