Comscore Tracker

Mau Jadi Karyawan Teladan di Kantor? Coba Lakukan 8 Hal Ini Dulu!

Bisa diterapkan di mana pun kamu bekerja

Buat kamu yang sudah bekerja, siapa sih yang gak mau jadi karyawan teladan? Karyawan teladan umumnya punya karier yang cemerlang. Mereka gak hanya disukai bos, tapi juga bekerja profesional dan bisa membangun hubungan baik dengan rekan kerja.

Kalau kamu mau jadi karyawan teladan di kantor, coba wujudkan dengan beberapa hal berikut!

1. Berperilaku profesional

Mau Jadi Karyawan Teladan di Kantor? Coba Lakukan 8 Hal Ini Dulu!theodorehenderson.com

Di lembaga apa pun kamu bekerja, bahkan bisnis pribadi sekalipun, kamu dituntut untuk bekerja profesional. Pastikan kamu mematuhi peraturan yang berlaku di tempat kerja. Gunakan pakaian yang rapi sesuai dress-code perusahaan. Selesaikan pekerjaanmu dengan baik sesuai job-desk tanpa mengeluh.

2. Fokus kerja dan kurangi melakukan hal gak penting

Mau Jadi Karyawan Teladan di Kantor? Coba Lakukan 8 Hal Ini Dulu!nypost.com

Saat jam kerja berlangsung, kamu harus menggunakannya untuk bekerja. Hindari melakukan hal-hal yang gak berhubungan dengan pekerjaan, seperti bergosip ria dengan rekan kerja, main medsos, YouTube-an, nge-game, main tiktok, dan lain-lain. Ingat, perusahaan gak membayar kamu untuk melakukan hal-hal tersebut. Daripada nge-gosip, lebih baik kamu mengurus berbagai hal lain yang lebih penting.

3. Kerjakan pekerjaan tepat waktu dan melebihi ekspektasi

Mau Jadi Karyawan Teladan di Kantor? Coba Lakukan 8 Hal Ini Dulu!pexels.com/Christina Morillo

Tanpa mengabaikan kualitas hasil kerja, usahakan untuk selalu menyelesaikan semua tugas dan pekerjaan tepat waktu atau sebelum deadline. Kalau perlu, kerjakan tugas-tugasmu melebihi ekspektasi dengan segenap usaha terbaikmu. Dengan begitu, bukan hal yang sulit untuk kamu mendapatkan promosi jenjang karier yang lebih tinggi serta menjadi teladan bagi rekan kerja yang lain.

4. Mempertahankan kinerja dan reputasi

Mau Jadi Karyawan Teladan di Kantor? Coba Lakukan 8 Hal Ini Dulu!medium.com

Untuk menjadi karyawan teladan, kamu tentu perlu menjaga track record atau nama baikmu. Hindari melakukan hal-hal buruk yang bisa mencoreng nama baikmu. Sebaliknya, berusahalah untuk konsisten melakukan hal-hal baik, seperti datang tepat waktu ke tempat kerja serta mengerjakan pekerjaan dengan baik dan tepat waktu.

Baca Juga: 5 Kriteria Kantor Idaman yang Bikin Millennial Enggan Pindah Kantor

5. Bersikap ramah dan menjalin komunikasi yang baik dengan rekan kerja

Mau Jadi Karyawan Teladan di Kantor? Coba Lakukan 8 Hal Ini Dulu!pwc.com

Kalau mau jadi karyawan teladan, tentu kamu harus bersikap ramah dengan siapa saja di kantor. Hormati dan pertahankan hubungan baik dengan rekan-rekan kerjamu, karena mereka juga adalah orang-orang terpilih di perusahaanmu dengan keahlian di bidangnya masing-masing.

6. Cari feedback atau kritik dari orang lain

Mau Jadi Karyawan Teladan di Kantor? Coba Lakukan 8 Hal Ini Dulu!pexels.com/mentatdgt

Untuk jadi karyawan teladan, kamu juga harus mau menerima bahkan meminta feedback atau kritik dari orang lain. Adanya feedback atau kritik bisa membantumu merefleksikan kekurangan dan kelebihanmu selama ini. Dengan begitu, kamu pun bisa menyusun strategi atau peta rencana untuk memperbaiki kekuranganmu dan terus belajar. Selain itu, kamu juga bisa mempertahankan atau meningkatkan apa yang menjadi kelebihanmu.

7. Jadilah pendengar yang baik

Mau Jadi Karyawan Teladan di Kantor? Coba Lakukan 8 Hal Ini Dulu!td.org

Jangan maunya berbicara saja, kamu juga harus mau mendengarkan orang lain. Gak cuma dibutuhkan untuk jadi karyawan teladan, kemampuan mendengar juga menjadi modal penting seorang pemimpin. Dengan menjadi pendengar yang baik, kamu jadi punya banyak potensi untuk belajar dan mengasah rasa empatimu. Rekan kerja pun akan merasa segan kepadamu. 

8. Jujur dan amanah

Mau Jadi Karyawan Teladan di Kantor? Coba Lakukan 8 Hal Ini Dulu!centralaz.edu

Kalau kamu sudah melakukan enam hal di atas, jangan lupa untuk bersikap jujur dan amanah. Justru, sikap ini bisa jadi yang paling penting dibandingkan poin-poin yang sudah disebutkan di atas. Apalah arti intelektualitas dan profesionalitas kerja kalau gak dibarengi sikap jujur?

Nah, itulah tadi beberapa hal yang bisa kamu terapkan untuk bisa jadi karyawan teladan di kantor. "Teladan" tentu bukan sekadar istilah atau gaya-gayaan semata, tapi juga jadi cambuk untuk terus belajar dan menjadi lebih baik ke depannya. Sebagai karyawan teladan, kamu juga dituntut untuk bisa menginspirasi dan menjadi role model yang baik untuk rekan kerja yang lain.

Tetap semangat, guys!

Baca Juga: 5 Kegiatan yang Bisa Kamu Lakukan di Kantor, Dijamin Enggak Jenuh Lagi

Rivandi Pranandita Putra Photo Verified Writer Rivandi Pranandita Putra

Mencari proofread skripsi/tesis/jurnal ilmiah? IG: @mollyproofread

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya