Comscore Tracker

7 Keuntungan yang Bakal Kamu Dapatkan Kalau Gak Suka Menunda Pekerjaan

Jangan terlalu santuy, ya!

Dalam hidup ini, kita gak bisa terlepas dengan deadline, entah deadline tugas kuliah, kerjaan kantor, dan lain sebagainya. Idealnya, kita bisa mengerjakannya tepat waktu sehingga ketika deadline tiba atau bahkan sebelum deadline, tugas-tugas kita sudah selesai. Kenyataannya, gak sedikit dari kita yang masih senang menunda pekerjaan.

Meski menunda pekerjaan itu mengasyikkan, tapi bagaimanapun juga kamu harus tetap mengerjakannya. Ibarat pepaya, bersenang-senang dulu, bersakit-sakit kemudian. Duh, pasti kamu gak mau seperti itu kan? 

Kalau kamu gak suka menunda pekerjaan, akan ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan, seperti berikut ini.

1. Pikiran jadi lebih tenang

7 Keuntungan yang Bakal Kamu Dapatkan Kalau Gak Suka Menunda Pekerjaanpexels.com/Matthias Cooper

Ketika menunda tugas atau pekerjaan, pikiran kamu bisa jadi gak tenang karena merasa masih punya beban yang belum terselesaikan. Daripada hanya memikirkannya, lebih baik kalau kamu menggunakan waktu dengan sebaik-baiknya untuk menyelesaikan tugas atau pekerjaan tersebut.

Dengan mengerjakan pekerjaan tepat waktu atau bahkan jauh-jauh hari sebelumnya, pikiran kamu tentu jadi jauh lebih plong. Kamu pun gak perlu panik ketika berhadapan dengan deadline.

2. Hasil kerja jadi lebih baik

7 Keuntungan yang Bakal Kamu Dapatkan Kalau Gak Suka Menunda Pekerjaanpexels.com/Lukas

Saat mengerjakan pekerjaan di detik-detik terakhir sebelum deadline, kamu mungkin akan merasa tergesa-gesa. Selain itu, pikiranmu bisa jadi panik dan tertekan.

Bagi beberapa orang, keadaan seperti itu memang bisa memicu timbulnya ide dan kreativitas. Tapi untuk beberapa orang lain, kondisi tersebut justru membuat hasil kerjamu jadi kurang maksimal dan mengecewakan.

3. Lebih banyak hal yang bisa kamu kerjakan

7 Keuntungan yang Bakal Kamu Dapatkan Kalau Gak Suka Menunda Pekerjaanpixabay.com/id/StockSnap

Dengan menyelesaikan semua tugasmu tepat waktu, kamu jadi terbebas dari belenggu tugas-tugas tersebut. Dengan begitu, ada banyak hal lain selain urusan pekerjaan yang bisa kamu lakukan, seperti melakoni hobi, berolahraga, bercengkrama bersama keluarga atau teman, dan lain sebagainya.

Baca Juga: 5 Cara Jaga Semangat Tetap Positif Saat Berburu Pekerjaan yang Tepat

4. Gak pusing kalau tiba-tiba kamu dapat tugas baru

7 Keuntungan yang Bakal Kamu Dapatkan Kalau Gak Suka Menunda Pekerjaaniowaclinic.com

Semakin cepat kamu menyelesaikan semua tugasmu, maka kamu akan lebih siap jika nantinya ada tugas baru berdatangan. Kamu pun bisa fokus beralih ke tugas baru tersebut.

Sebaliknya, kalau kamu gemar menunda pekerjaan, pekerjaanmu akan menumpuk. Kamu bisa kehilangan fokus karena topik tugas lama dan baru bisa saja berbeda jauh. Bahkan, kamu bisa jadi gak bisa beristirahat seharian penuh karena harus mengerjakan semuanya di detik-detik terakhir.

5. Mencegah kamu menjadi pribadi pemalas

7 Keuntungan yang Bakal Kamu Dapatkan Kalau Gak Suka Menunda Pekerjaanpexels.com/Andrea Piacquadio

Memang, akan terasa boring kalau kamu harus selalu mengerjakan semua tugas-tugasmu tepat waktu. Tapi, sekali menunda pekerjaan, kamu akan mudah tergoda untuk menunda pekerjaan lainnya, dan hal ini bisa terjadi seterusnya.

Bukan gak mungkin, ini berpotensi bikin kamu jadi pribadi yang pemalas. Kalau kamu gak menunda-nunda pekerjaan, artinya kamu membiasakan diri untuk terus beraktivitas sehingga menghindarkan diri dari sifat malas.

6. Jadi pribadi yang dipercaya orang lain

7 Keuntungan yang Bakal Kamu Dapatkan Kalau Gak Suka Menunda Pekerjaanpexels.com/Christina Morillo

Dengan menyelesaikan semua tugasmu tepat waktu, orang yang memberimu tugas jadi semakin yakin terhadap kemampuanmu. Kamu pun bisa jadi lebih disegani orang lain.

Bahkan, bukan gak mungkin kariermu bisa meningkat karena selalu mengerjakan tugas tepat waktu. Yang perlu kita ingat, seseorang gak akan diberikan tanggung jawab yang besar kalau tanggung jawab yang kecil saja gak mampu diselesaikan.

7. Kamu jadi pribadi yang kompetitif

7 Keuntungan yang Bakal Kamu Dapatkan Kalau Gak Suka Menunda Pekerjaanpixabay.com/id/RobinHiggins

Di dunia ini, mungkin ada banyak sekali orang yang masih suka menunda pekerjaan. Kamu tentu gak mau kan jadi salah satu di antara mereka? Dengan secara konsisten gak menunda pekerjaan, ini tentu akan bikin kamu berbeda dari kebanyakan orang lain. Kamu pun bisa jadi pribadi yang 'lebih baik' dan kompetitif.

Nah, itulah tadi beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan ketika gak menunda pekerjaan. Jadi, apa sekarang kamu masih betah untuk menunda pekerjaan?

Mulai sekarang, yuk jangan lakukan kebiasaan menunda pekerjaan lagi. Pada akhirnya, toh pekerjaanmu harus tetap kamu selesaikan juga, kan?

Baca Juga: 5 Perilaku yang Membuatmu Sering Menunda-nunda untuk Introspeksi Diri

Rivandi Pranandita Putra Photo Verified Writer Rivandi Pranandita Putra

Mencari proofread skripsi/tesis/jurnal ilmiah? IG: @mollyproofread

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya