Comscore Tracker

5 Manfaat Portofolio untuk Kariermu, Yuk Bikin Mulai Sekarang!

Salah satunya bikin kamu jadi lebih dilirik HR, lho!

Portofolio merupakan salah satu bagian penting yang dapat menentukan perjalanan kariermu. Untuk kamu yang sedang atau telah mengikuti proses melamar kerja, mungkin kamu diminta untuk menyerahkan portofolio.

Portofolio sendiri merupakan dokumentasi karya kita. Kalau kamu seorang penulis, porfolio kamu bisa berupa artikel atau tulisan-tulisanmu. Kalau kamu seorang fotografer, foto-foto hasil jepretanmu merupakan portofoliomu. Kalau kamu seorang desainer, portofoliomu bisa berupa hasil desainmu. Kalau kamu adalah pelukis, portofoliomu tentu saja hasil lukisanmu.

Lalu, seberapa penting portofolio untuk kariermu? Yuk, simak 5 manfaatnya berikut!

1. Meningkatkan daya saing

5 Manfaat Portofolio untuk Kariermu, Yuk Bikin Mulai Sekarang!Unsplash/Austin Distel

Pada dasarnya, portofolio menggambarkan dirimu. Kalau kamu punya portofolio profesional, ini tentu bisa meningkatkan "nilai" atau daya saingmu di dunia kerja.

Dengan portofolio yang menarik, kamu akan dianggap lebih unggul dan kompeten di mata HR dibandingkan kompetitormu ketika ingin mencari kerja atau pindah kerja ke tempat lain. Pada akhirnya kamu pun jadi lebih pede, bukan?

2. Menentukan jabatan atau jenjang karier di tempatmu bekerja

5 Manfaat Portofolio untuk Kariermu, Yuk Bikin Mulai Sekarang!moota.co

Ketika melamar pekerjaan di suatu perusahaan, portofolio bisa berpengaruh terhadap jabatan yang akan kamu dapat di perusahaan tersebut. Portofolio ini akan dijadikan tolak ukur bagi perusahaan tersebut untuk menentukan posisi apa yang cocok untuk kamu jabat nantinya.

Pada akhirnya, jenjang karier ini juga akan berpengaruh terhadap besaran gaji yang akan kamu terima. Umumnya, besaran gaji akan bertambah sesuai dengan kapasitas kemampuanmu yang dapat dilihat dari portofoliomu.

Baca Juga: Website Gratis Buat Memamerkan Portofolio Desainmu, Pasti Dapat Klien!

3. Sebagai sarana untuk mendapatkan klien besar

5 Manfaat Portofolio untuk Kariermu, Yuk Bikin Mulai Sekarang!pexels.com/cottonbro

Kalau kamu merupakan pekerja freelance atau konsultan, tentu kamu ingin mendapatkan klien besar, bukan? Dengan portofolio yang berkualitas dan profesional, ini bisa menarik perhatian klien-klien besar dengan skala pekerjaan yang juga besar.

Klien-klien besar tentu gak mau mempekerjakan sembarang orang demi mendapatkan hasil kerja terbaik. Faktanya, gak sedikit calon klien yang enggan menggunakan jasamu karena belum mengetahui kualitas hasil pekerjaanmu. Di sini, portofolio berperan penting untuk memberikan gambaran hasil pekerjaanmu kepada klien.

4. Sebagai bahan evaluasi dan perbaikan untuk diri sendiri

5 Manfaat Portofolio untuk Kariermu, Yuk Bikin Mulai Sekarang!pixabay.com/StartupStockPhotos

Selama proses pembuatan portofolio, kamu akan bisa lebih memahami diri sendiri. Kamu akan mengerti sampai sejauh mana sebenarnya kemampuan dan pencapaianmu selama ini. Bisa saja kamu selama ini punya potensi besar setelah berhasil membuat portofolio berkualitas, tapi kamu baru sadar karena tertutup oleh rasa mindermu. Ke depannya, tentu kamu bisa lebih mengembangkan potensimu itu menjadi lebih besar lagi.

Hal sebaliknya bisa saja terjadi. Misalnya, selama ini kamu merasa punya kemampuan tinggi dalam mendesain website. Ternyata setelah melihat portofolio yang dibuat, kamu masih merasa ada beberapa hal terkait web design yang belum kamu kuasai. Kamu pun bisa mengevaluasi kemampuan dirimu lebih dalam lagi dan menyusun strategi untuk belajar hal-hal yang belum kamu kuasai tersebut.

5. Menambah dan melatih kemampuanmu dalam bidang desain

5 Manfaat Portofolio untuk Kariermu, Yuk Bikin Mulai Sekarang!pexels.com/Kaboompics.com

Kamu tentu ingin portofoliomu menarik perhatian, bukan? Untuk mencapainya, kamu perlu mendesainnya supaya terlihat lebih cantik. Dengan begitu, membuat portofolio juga melatih kemampuan desain.

Meski kamu baru memulainya dari desain sederhana atau tingkat pemula, asal kamu rajin membuat portofolio, ini bisa membantumu meningkatkan kemampuan desain. Gak cuma itu, pengetahuanmu mengenai desain juga akan bertambah seiring dengan berjalannya waktu. Kamu pun akan tahu bahwa ada banyak jenis desain kreatif yang bisa kamu pakai untuk membuat portofolio.

Walaupun pekerjaanmu gak terkait langsung dengan bidang desain, namun kemampuan ini akan berguna untuk kariermu kelak. Desain menarik tentu akan meningkatkan profesionalitas hasil kerjamu, bukan?

Wah, ternyata ada banyak banget manfaat portofolio untuk kariermu. Nah, jadi gimana nih? Masih ragu untuk bikin portofolio sebanyak-banyaknya dan semenarik mungkin?

Baca Juga: 6 Alasan Punya Pengalaman Kerja Bisa Jadi Nilai Tambah Saat Interview

Rivandi Pranandita Putra Photo Verified Writer Rivandi Pranandita Putra

Mencari proofread skripsi/tesis/jurnal ilmiah? IG: @mollyproofread

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya