Comscore Tracker

5 Tips Agar Bisa Menikmati Hidup bagi Kamu yang Workaholic

Dengan tips ini, hidupmu bakal lebih seimbang!

Kerja keras memang diperlukan untuk menunjang karier seseorang, tapi menjadi workaholic sepertinya bukan pilihan yang tepat. Workaholic alias pecandu kerja merupakan kondisi di mana seseorang bekerja terlalu berlebihan sampai melupakan aspek kehidupan yang lain, seperti kehidupan pribadi dan sosial.

Penyebab seseorang menjadi workaholic tentu beragam, seperti ingin mengejar karier, terlalu mencintai pekerjaannya, terlalu perfeksionis, hingga sekadar ingin mendapatkan pujian dari atasan. Apakah kamu merasa sebagai seorang workaholic? Kalau iya, yuk simak beberapa tips berikut agar hidupmu menjadi lebih seimbang dan berkualitas!

1. Membuat kalender pribadi dan disiplin mentaatinya

5 Tips Agar Bisa Menikmati Hidup bagi Kamu yang Workaholicnettimesolutions.com

Kamu bisa membuat kalender pribadi yang memuat semua rencana jadwal kegiatanmu, mulai dari jadwal bekerja hingga berbagai kegiatan sosial dan rekreasi. Kamu bisa berlatih untuk stick ke jadwal tersebut. Sebisa mungkin, cegah pembatalan kegiatan sosial yang sudah kamu buat sendiri di kalender pribadimu karena urusan pekerjaan yang sebenarnya gak terlalu urgent.

2. Fokuslah saat bekerja sehingga kamu bisa membatasi jam kerja harianmu

5 Tips Agar Bisa Menikmati Hidup bagi Kamu yang Workaholicpopsugarmoney.com

Jam bekerja yang ditetapkan banyak perusahaan di Indonesia umumnya berlangsung selama 8-9 jam per hari. Sayangnya, seorang workaholic bisa bekerja lebih dari itu.

Sebaiknya, kamu ikuti batas jam bekerja yang ditetapkan kantor. Selama jam kerja, kamu sebaiknya fokus bekerja sehingga tugas-tugasmu di kantor bisa selesai tepat waktu. Dengan begitu, kamu gak perlu bekerja overtime di kantor atau membawa PR pekerjaan yang belum selesai ke rumah. Kamu harus berlatih menghindari menjadi orang pertama yang mulai bekerja dan orang terakhir yang pergi dari kantor.

Baca Juga: Workaholic, Hubungan 5 Zodiak Ini Kerap Bermasalah pada Komunikasi

3. Kurangi sifat perfeksionismu!

5 Tips Agar Bisa Menikmati Hidup bagi Kamu yang Workaholicleaderchat.org

Workaholic umumnya bersifat perfeksionis dalam bekerja sehingga menguras banyak waktu. Hasil kerjamu memang harus kamu kerjakan sebaik dan sesempurna mungkin, tapi kalau harus seratus persen sempurna dan tanpa cacat sedikit pun tentu gak mungkin. Kamu adalah manusia, bukan mesin. Bahkan, mesin pun kadang membuat kesalahan.

4. Eksplor dan kerjakan hobimu!

5 Tips Agar Bisa Menikmati Hidup bagi Kamu yang Workaholicbarneyfrank.net

Workaholic umumnya kehilangan waktu untuk kehidupan pribadinya, termasuk melakukan hobi yang sebenarnya dia suka. Karenanya, kamu harus mau mencari tahu sesuatu yang bisa kamu lakukan ketika sampai di rumah selepas bekerja di kantor. Dengan begitu, kamu gak hanya bekerja, makan, dan tidur.

Berbagai hobi bisa kamu eksplor, mulai dari berkebun, melukis, bersepeda, menulis, renang, memasak, bermain musik, dan masih banyak lagi. Setelah kamu menemukan hobimu, lakukan itu secara rutin. Kalau perlu, temukan orang lain yang bisa menjadi partner-mu dalam melakukan hobimu.

Dengan menyalurkan hobimu secara rutin, keinginan untuk terus bekerja tanpa henti akan berkurang. Rasa stresmu pun bisa berkurang dan hidupmu akan terasa lebih menyenangkan.

5. Belajar berkata "tidak"

5 Tips Agar Bisa Menikmati Hidup bagi Kamu yang Workaholicinspiringwomen.co.za

Meskipun terdengar sulit dilakukan, kamu harus bisa mencobanya ketika menghadapi situasi tertentu. Di tempat kerjamu, tentu kamu punya kontrak kerja yang memuat pekerjaan apa saja yang menjadi tanggung jawabmu. Ketika atasanmu memintamu untuk melakukan berbagai hal yang sebenarnya berada di luar tanggung jawabmu, kamu bisa menolaknya dengan halus.

Sebaiknya, tetapkan batasan untuk dirimu sendiri. Kamu gak perlu selalu mengatakan "ya" kepada bos, kolega, dan semua orang di tempat kerjamu. Berhentilah menjadi orang yang bisa melakukan segalanya. Bahkan kalau kamu selalu mengatakan "iya" untuk hal-hal yang sebenarnya bukan menjadi tanggung jawabmu, kamu berpotensi akan terus dimanfaatkan. Memahami batasan pekerjaan sangat penting untukmu dalam menerapkan pola kerja dan hidup yang seimbang.

Nah, itulah tadi beberapa tips buat kamu yang workaholic supaya bisa lebih menikmati hidup. Yuk, terapkan beberapa tips di atas dan bersiaplah untuk hidup lebih bahagia, guys!

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Menjadi Workaholic Juga Merugikan Orang Lain

Rivandi Pranandita Putra Photo Verified Writer Rivandi Pranandita Putra

Mencari proofread skripsi/tesis/jurnal ilmiah? IG: @mollyproofread

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya