Comscore Tracker

5 Hal Ini Menandakan Bahwa Kamu Penulis Sukses, Idenya Kreatif!

Sukses bukan melulu tentang uang, kok!

Setiap penulis pasti ingin sukses dalam kepenulisannya, kan, ya. Namun perlu digarisbawahi bahwa, sukses itu bukan melulu tentang materi atau uang. Namun ada beberapa karakteristik yang juga menunjukkan bahwa ia adalah seorang penulis yang sukses. 

Dengan fenomena yang sering terjadi, banyak sebagian penulis pemula yang terlalu mengejar ataupun teriming-iming oleh uang, sehingga ada beberapa hal penting lainnya yang terlupai. Jika kamu masih demikian, mari simak tulisan di bawah ini, agar kamu sukses menjadi seorang penulis dan mampu memberikan tulisan yang berkualitas kepada pembaca. 

1. Memiliki inklusivitas tulisan terhadap pembaca

5 Hal Ini Menandakan Bahwa Kamu Penulis Sukses, Idenya Kreatif!ilustrasi membaca buku (pexels.com/cottonbro)

Seorang penulis, tidak serta-merta menulis begitu saja. Namun, penulis juga harus memperhatikan inklusivitas terhadap sebuah tulisannya. Seorang penulis, harus mampu membuat pembaca memahami isi dari sebuah tulisan yang kamu buat. Ingat, inklusivitas adalah ciri dari tulisan yang berkualitas. Jadi percuma jika kamu menulis, tetapi orang lain tidak bisa memahami perspektif isi tulisanmu itu. 

2. Selalu konsisten dalam menulis

5 Hal Ini Menandakan Bahwa Kamu Penulis Sukses, Idenya Kreatif!ilustrasi menulis (pexels.com/Negative Space)

Konsistensi yang tinggi merupakan hal yang perlu dimiliki oleh setiap orang, khususnya penulis. Menulis setiap hari, harus menjadi sebuah aktivitas yang wajib bagi seorang penulis. Bahkan, jika mood sedang tidak baik pun, sebaiknya tulis saja secara spontan apa yang ada di dalam pikiranmu. Tidak berlu banyak, yang penting tulis saja. Nah, jika menulis saja belum bisa konsisten, gimana mau jadi penulis sukses?

3. Mampu menjadikan ide biasa menjadi kreatif, baik dan unik

5 Hal Ini Menandakan Bahwa Kamu Penulis Sukses, Idenya Kreatif!ilustrasi sedang menulis (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Ketika menulis, mungkin ide yang datang bisa dibilang biasa saja dan sudah banyak penulis lain yang menggunakannya. Seperti ide tentang percintaan, pertemanan, perselingkuhan atau yang lainnya. Perlu kamu ketahui, bahwa seorang penulis harus mampu mengemas ide yang biasa, menjadi sebuah tulisan yang kreatif dan inovatif. Sehingga ide yang awalnya terlihat biasa itu, menjadi baik dan luar biasa. Nah, di sinilah kekreatifan penulis dilatih.

Baca Juga: 5 Pantangan yang Wajib Dihindari agar Jadi Penulis Sukses

4. Mampu membawa pembaca untuk masuk ke dalam suasana tulisannya

5 Hal Ini Menandakan Bahwa Kamu Penulis Sukses, Idenya Kreatif!ilustrasi membaca buku (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Setiap penulis harus bisa menciptakan suasana ke dalam tulisannya. Entah itu sedih, senang, serius atau pun kecewa. Dimana nantinya, si pembaca dapat masuk dan merasakan suasana yang ada dalam tulisan itu. Nah, ini merupakan tantangan terbesar bagi seorang penulis. Yaitu, ia harus bisa memberikan feel terhadap tulisannya, hingga mampu dirasakan oleh pembaca. Gimana, kamu mampu?

5. Tidak memberikan suguhan yang negatif

5 Hal Ini Menandakan Bahwa Kamu Penulis Sukses, Idenya Kreatif!ilustrasi buku bacaan bermanfaat (pexels.com/Kaboompics .com)

Penulis yang sukses adalah ia yang mampu memberikan suguhan tulisan yang baik dan mampu memberikan efek positif kepada pembaca. Perlu diingat bahwa, kamu menulis harus memiliki misi ataupun tujuan untuk memberikan pengetahuan, wawasan dan hal positif kepada pembaca. Jangan sampai kamu memberikan konten tulisan yang negatif, ya!

Alangkah baiknya, seorang penulis harus bisa tetap fokus dan mampu memperhatikan kualitas dari sebuah tulisannya. Karena hanya tulisan yang baik dan berkualitaslah yang mampu menjadikan dalil bahwa kamu seorang penulis yang sukses. Pun jika kamu mendapatkan uang, itu hanyalah bonus dan reward atas tulisan yang telah kamu buat itu. Tetap semangat!

Baca Juga: Selain Cuan, Ini 5 Benefit saat Menjadi Penulis di IDN Times

Muhammad Riyadi Nugraha Photo Verified Writer Muhammad Riyadi Nugraha

Memediasi pena untuk mengkspresikan sebuah rasa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya