Comscore Tracker

Untuk Kamu yang Memutuskan Bekerja di Rumah, Ikuti 6 Tips Ini!

Harus konsisten dan profesional!

Di zaman sekarang banyak pekerjaan yang dilakukan di rumah, karena sudah didukung oleh perkembangan teknologi yang mumpuni seperti internet dan gadget. Bekerja di rumah itu juga memberimu kebebasan di mana nggak terikat langsung dengan peraturan yang mengekang, plus waktunya fleksibel.

Setiap hari cuma berada di rumah dan jarang ada interaksi dengan orang lain, rasa bosan dan jenuh pasti akan hinggap. Maka dari itu, ikuti tips-tips bekerja di rumah berikut ini, yuk!

1. Teknologi yang menunjang pekerjaan

Untuk Kamu yang Memutuskan Bekerja di Rumah, Ikuti 6 Tips Ini!instagram.com/epicpcs

Pastikan di rumah sudah ada teknologi minimal internet yang ngebut untuk kelancaran komunikasi dengan perusahaan atau klien dan gadget, komputer atau laptop yang mendukung kelancaran kerjamu.

Misalnya, jika kamu bekerja pada bidang arsitektur atau desain interior, maka perangkat komputernya nggak boleh yang ecek-ecek, kapasitas RAM harus 8 GB dan VGA yang mendukung grafis tingkat tinggi.

2. Hadirkan barang-barang yang bisa memantik kreativitas dan motivasi

Untuk Kamu yang Memutuskan Bekerja di Rumah, Ikuti 6 Tips Ini!instagram.com/workhardanywhere

Berada seharian di dalam rumah pasti akan jenuh. Maka dari itu, harus ada barang di sekeliling yang sekiranya bisa memicu inspirasi lebih, kreatifitas dan motivasi. Misalnya saja foto keluarga atau foto orang masa depan. Barang-barang tersebut sudah bisa memantik kreatifitas dan motivasi ketika sudah terasa bosan, jenuh dan stuck.

Ditambah musik yang "gue banget" dan minuman kesukaan bisa juga, misalnya kopi untuk menemani aktivitasmu.

3. Harus disiplin dan profesional

Untuk Kamu yang Memutuskan Bekerja di Rumah, Ikuti 6 Tips Ini!instagram.com/invest_with_eric_grossnickle

Bekerja di rumah yang secara nggak langsung bebas dengan peraturan dan waktunya yang fleksibel, bukan berarti dijadikan alasan untuk bermalas-malasan. Harus tetap disiplin dan profesional. Pengaturan waktu kerja sebenarnya juga harus diterapkan di sini.

Baca Juga: Untuk Para Freelancer, Hindari 5 Hal Ini Agar Finansial Tetap Terjaga!

4. Cepat tanggap

Untuk Kamu yang Memutuskan Bekerja di Rumah, Ikuti 6 Tips Ini!instagram.com/mccabemedia

Harus cepat tanggap dengan segala sesuatunya. Mulai dari brief, chat, email dan diskusi (brainstorm). Jika ada brief yang kurang jelas atau kurang paham, segera tanyakan. Ada chat atau email mengenai pekerjaan, segera balas dan ketika berdiskusi harus siap mengeluarkan ide-ide yang kreatif dan inovatif.

5. Perluas pengetahuan dan koneksi

Untuk Kamu yang Memutuskan Bekerja di Rumah, Ikuti 6 Tips Ini!instagram.com/eco_ak

Dengan memperluas ilmu pengetahuan dan koneksi, maka akan mendapatkan kesempatan yang lebih besar pada bidang yang digeluti. Teruslah belajar dan belajar serta mengevaluasi diri sendiri atas kinerja yang sudah dilakukan. Ingin keluar dari zona nyaman juga bisa dan dibolehkan, asalkan tetap disiplin, konsisten dan profesional.

6. Beristirahatlah secara teratur

Untuk Kamu yang Memutuskan Bekerja di Rumah, Ikuti 6 Tips Ini!instagram.com/victoria.bracamonte

Kadang-kadang, secara nggak sadar tubuh terperangkap dalam apa yang dilakukan. Sehingga, akhirnya duduk di tempat yang sama selama berjam-jam, mengerjakan sesuatu di gadget, komputer atau laptop. Nggak cuman menguras mata, punggung juga akan lelah.

Maka dari itu, beristirahat setiap setengah jam. Melangkahkan diri dari hadapan layar dan mulai berjalan-jalan sebentar serta regangkan diri, maka tubuh akan terasa lebih segar setelah istirahat sejenak.

Baca Juga: 12 Desain Home Office Paling Cocok Bagi Millennials yang Bekerja di Rumah

Riyan Sumarno Photo Verified Writer Riyan Sumarno

♐ Bermimpi, Bergegas, Berusaha, Berdoa dan Sukses!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya