Comscore Tracker

Tips Meningkatkan Semangat Kerja Supaya Karyawanmu Kian Produktif

Jangan sampai harta dan jabatan membuatmu lupa dengan karyawanmu.

Semangat kerja dari seorang karyawan sangat ditentukan oleh bagaimana sikap bos mereka kepadanya. Tidak bisa dipungkiri bahwa motivasi dari bos sangat penting untuk membuat karyawan kian semangat dalam bekerja.

Jika saat ini kamu menjadi bos dan ingin karyawanmu semakin produktif, kamu bisa melakukan beberapa cara yang ada dibawah ini.

1. Berikan Motivasi Secara Terus Menerus

Tips Meningkatkan Semangat Kerja Supaya Karyawanmu Kian ProduktifSumber Gambar: isigood.com

Kamu harus paham kalau karyawanmu itu bukan robot. Mereka adalah manusia biasa yang juga bisa lelah secara fisik dan psikis. Kamu harus memberikan motivasi kepada mereka terus menerus.

2. Memberikan Peluang Kepada Mereka untuk Berkembang

Tips Meningkatkan Semangat Kerja Supaya Karyawanmu Kian ProduktifSumber Gambar: hrdhelper.com

Jangan bersikap otoriter. Berilah peluang kepada mereka untuk berkembang dan menjadi pribadi yang kreatif. Dalam perkembangan yang mereka lakukan, bimbinglah mereka dengan ramah dan sepenuh hati.

3. Membangun Hubungan Baik dengan Bawahanmu

Tips Meningkatkan Semangat Kerja Supaya Karyawanmu Kian ProduktifSumber Gambar: isigood.com

Kamu nggak bakal bisa melakukan semuanya sendiri. Kamu harus menjalin hubungan yang baik dengan keluargamu. Jika kamu membangun hubungan yang baik dengan bawahanmu maka mereka akan menghargaimu dan menjadi semakin semangat menyelesaikan pekerjaan mereka.

4. Membangun Suasana yang Menyenangkan di Kantor

Tips Meningkatkan Semangat Kerja Supaya Karyawanmu Kian ProduktifSumber Gambar: teruskan.com

Karyawanmu belum tentu mereka menyukai apa yang mereka kerjakan di kantor. Maka dari itu kamu harus mebangun suasana yang menyenangkan bagi mereka. Buat suasana yang bagus sehingga mereka benar-benar menyukai apa yang mereka kerjakan. Dengan begitu, mereka akan bekerja tanpa hitung-hitungan. Pekerjaan pun tidak akan jadi beban tapi jadi sesuatu yang harus dinikmati

5. Memberikan Apresiasi Kepada Karyawan

Tips Meningkatkan Semangat Kerja Supaya Karyawanmu Kian ProduktifSumber Gambar: vokasimandiri.com

Setiap orang yang berjuang pasti ingin mendapatkan apresiasi. Seorang atasan yang memberikan apresiasi kepada bawahannya tentu sangatlah luar biasa. Ini menunjukan kalau anda adalah atasan yang peduli dengan bawahan dan tidak semena-mena.

6. Selalu Jujur Kepada Bawahan

Tips Meningkatkan Semangat Kerja Supaya Karyawanmu Kian ProduktifSumber Gambar: careerln.com

Seorang bawahan tentu membutuhkan atasan yang jujur dan bisa dipercaya. Seorang atasan yang ternyata korupsi dan mengecewakan kepercayaan dari bawahannya bukanlah tipe atasan yang baik.  

7. Mengutamakan Sikap yang Positif

Tips Meningkatkan Semangat Kerja Supaya Karyawanmu Kian ProduktifSumber Gambar: magforwomen

Selalu berpikir positif adalah karakter yang penting bagi seorang atasan. Mereka yang selalu berpikir positif akan bisa melakukan semua hal dengan lebih baik. Atasan yang sukanya marah-marah dan menyuruh-nyuruh akan malah dibenci oleh bawahan.

8. Menjadi Pendengar yang Baik

Tips Meningkatkan Semangat Kerja Supaya Karyawanmu Kian ProduktifSumber Gambar: sidomi.com

Ada kalanya seorang baawhan ingin berkeluh kesah mengenai kendala yang dihadapinya pada saat menjalankan pekerjaa. Seorang atasan yang baik akan setia menjadi pendengar keluh kesah karyawannya. Bahkan bisa memberikan solusi terbaik atas masalah yang dihadapi bawahan.

9. Memberikan Contoh Cara Bekerja Keras

Tips Meningkatkan Semangat Kerja Supaya Karyawanmu Kian ProduktifSumber Gambar: cdn.com

Percuma jika hanya bisa menyuruh tanpa bisa memberikan contoh. Seorang atasan yang baik adalah mereka yang memberikan contoh kepada bawahannya untuk bekerja keras. Dia lebih berinisiatif apabila ada masalah atau hal yang harus diselesaikan dengan cepat.

10. Menghargai Usaha yang Sudah Dilakukan Pegawai

Tips Meningkatkan Semangat Kerja Supaya Karyawanmu Kian ProduktifSumber Gambar: cdn.com

Seorang karyawan pastinya ingin dihargai setelah mereka berusaha. Jika karyawan kamu sudah berusaha namun tidak dihargai, ini akan membuat mereka memberontak dan tidak betah.

11. Tegas Tapi Simpatik

Tips Meningkatkan Semangat Kerja Supaya Karyawanmu Kian ProduktifSumber Gambar: blogdetik.com

Sosok pimpinan yang tegas juga sangat dikagumi. Atasan yang bertanggungjawab dan mampu bersikap tegas biasanya dapat memimpin karyawannya dengan baik.

Buatlah karyawanmu betah dan kamu akan melihat suksesmu sudah ada didepan mata. 

Topic:

Berita Terkini Lainnya