Comscore Tracker

6 Keuntungan Kerja di Coworking Space yang Wajib Kamu Ketahui

#ANGPOIN Apa aja benefitnya bagi karirmu?

Sudah bukan zamannya lagi bagi millennials untuk bekerja di kantor konvensional atau secara remote baik di rumah maupun café yang nyaman. Sekarang para pekerja muda dapat melangsungkan pekerjaan di perpaduan sempurna antara keduanya, yaitu di coworking space.

Tren bekerja di coworking space belakangan ini berkembang pesat di Indonesia, khususnya di kalangan entrepreneur muda, start-ups ataupun freelancer. Sebelum memutuskan untuk mendaftar membership di coworking space atau bahkan berencana merintisnya sendiri, kamu wajib tahu apa saja sih keuntungannya?

1. Atmosfer yang mendukung kreativitas dan produktivitas

6 Keuntungan Kerja di Coworking Space yang Wajib Kamu Ketahuipixabay.com/rawpixel

Bekerja di coworking space membuat kita berkumpul dengan sesama pekerja yang menggunakan fasilitas yang sama. Selain dapat membangun relasi dengan orang-orang dari beragam bidang pekerjaan. Tidak hanya industri kreatif namun juga bidang lainnya.

Selain dapat bertukar pikiran, bekerja dikelilingi orang yang memiliki passion atau pemikiran yang sama akan menciptakan atmosfer kerja tanpa batas yang dapat meningkatkan bakat, keterampilan dan tentunya produktivitas.

2. Potensi ciptakan bisnis baru

6 Keuntungan Kerja di Coworking Space yang Wajib Kamu Ketahuipixabay.com/jarmoluk

Sebagai kantor bersama di mana banyak professional, pemula, freelancer, artist ataupun investor bertemu, coworking space dapat menjadi awal mula terciptanya inovasi bisnis baru. Mereka berbagi platform dan space bersama dalam keseharian, memiliki tujuan, ambisi dan tantangan yang sama dalam hidup.

Di coworking space, mereka dapat menyatukan kreativitas dan kecerdasan serta saling memotivasi untuk mewujudkan mimpi mereka.

3. Sistem yang fleksibel dalam bekerja

6 Keuntungan Kerja di Coworking Space yang Wajib Kamu Ketahuipixabay.com/startupstockphotos

Lingkungan kerja di coworking space sangat fleksibel dan tidak terpaku pada aturan layaknya kantor konvensional. Kita dapat menempati meja mana saja sesuai selera kita, kita juga dapat datang dan pergi sesuka hati. Tidak perlu menyesuaikan dengan jam atau durasi kerja pada umumnya.

Kita juga dapat menikmati camilan atau makan siang yang kita bawa dari rumah di pantry yang telah disediakan tanpa perlu menunggu jam istirahat atau jam makan siang. Selain itu, kita juga bebas menggunakan pakaian casual hingga sandal, sesuai kehendak dan kenyamanan kita.

Baca Juga: 10 Coworking Space di Jogja Ini Pasti Bikin Kamu Semangat Kerja!

4. Untuk finansial yang lebih baik

6 Keuntungan Kerja di Coworking Space yang Wajib Kamu Ketahuipixabay.com/rawpixel

Coworking space memberikan keuntungan dan kemudahan bagi entrepreneur muda dan startup baru dalam memulai bisnisnya tanpa rasa khawatir bagaimana mereka harus mengatur dan membangun kantor mereka. Sebagai tempat utama keberlangsungan aktivitas bisnis, kantor adalah kebutuhan vital bagi mereka.

Sedangkan bagi freelancer, menikmati wifi di coworking space tentu lebih murah ketimbang memasang untuk diri sendiri di rumah. Selain itu, apabila terdapat kerusakan pada fasilitas di sana maka pihak pengelola yang akan menyelesaikan, bukan kita.

5. Terhindar dari insomnia

6 Keuntungan Kerja di Coworking Space yang Wajib Kamu Ketahuipixabay.com/robinhiggins

Insomnia tidak jarang terjadi pada para pekerja yang memilih untuk bekerja remote dari rumah. Hal itu terjadi karena mereka tidak dapat memisahkan rumah dan bisnis, kapan jam tidur dan kapan waktu untuk bekerja.

Dengan berangkat ke coworking space tiap weekdays, kita akan terlepas dari kebiasaan mengisolasi diri di rumah untuk bekerja dengan bertemu banyak orang dan mulai menikmati keseimbangan kerja seperti pada umumnya. Tentu saja dengan tidur yang lebih baik di rumah seusai kerja dan menikmati weekend di sana. 

6. Lebih membahagiakan

6 Keuntungan Kerja di Coworking Space yang Wajib Kamu Ketahuipixabay.com/rawpixel

Penelitian menunjukkan bahwa kesendirian dapat mempengaruhi kesehatan kita. Berada di coworking space, kita dapat recharge energi baik fisik dan mental. Karena dengan melihat wajah ramah dan semangat yang akrab setiap hari dapat membuat kita merasa lebih baik.

Selain itu, support tak hanya kita dapatkan dari keluarga maupun teman dekat saja. Orang-orang yang kita temui di coworking space selain sangat menghargai privasi dan kenyamanan pribadi juga tetap bersikap ramah dan memberi dukungan di kala kita memerlukan.

Nah itulah beberapa keuntungan dari coworking space bagi karirmu, namun itu hanyalah sebuah awal. Untuk benar-benar mengalaminya dan membuktikannya kamu bisa mencobanya langsung dengan datangi coworking space di kotamu!

Baca Juga: Cozy Banget, 7 Coworking Space di Surabaya yang Bikin Betah

Rizka Ayu Kartini Photo Writer Rizka Ayu Kartini

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya